Comscore Tracker

Genjot Pertumbuhan Ritel, PT Sarinah Akan Gelar Bazar 

Akan digelar di lima tempat mulai Juli

Jakarta, IDN Times - PT Sarinah (Persero) akan menggelar bazar pada bulan Juli dan Agustus ini untuk mendorong pertumbuhan ritel. Bisnis ritel Sarinah merosot akibat virus corona dan renovasi yang mereka lakukan hingga tahun depan.

"Kita tetap ingin memperkenalkan bahwa Sarinah tetap melayani costumer yang butuh fashion ethnic, itu kita akan tampil. Kita akan buat seperti pasar-pasar di beberapa tempat di kementerian, BUMN, atau di mal akan kita buka bazar," kata Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa kepada IDN Times, Rabu (24/6).

1. Melibatkan UKM dan digelar di 5 tempat

Genjot Pertumbuhan Ritel, PT Sarinah Akan Gelar Bazar Produk UMKM di Jawa Tengah. IDN Times/Dhana Kencana

Bazar yang terbuka untuk umum ini akan melibatkan pelaku usaha kecil menengah (UKM) dan bekerja sama dengan pemilik gedung dan bank BUMN untuk pelaksanaannya. Ngurah mengatakan, dari lima lokasi, salah satu tempat yang akan menggelar bazar adalah di Plaza Bapindo.

"Kalau pemilik gedung yang sudah mau deal sama Mandiri di Plaza Bapindo. Salah satunya di sana dan ada beberapa bank BUMN kita lagi penjajakan kerja sama untuk buka mini bazar," ujarnya.

"Nanti protokol COVID-19 tetap kita terapkan," kata Ngurah menambahkan.

Baca Juga: Siap-siap Bakal Banyak Diskon Produk Ritel di Masa New Normal

2. Terdampak virus corona

Genjot Pertumbuhan Ritel, PT Sarinah Akan Gelar Bazar IDN Times/Denisa

Meski operasional mereka memang sedang berkurang karena tengah melakukan renovasi, PT Sarinah mengaku tetap terimbas dengan dampak wabah virus corona. Ngurah mengatakan pendapatan untuk ritel pakaian turun hingga 90 persen.

"Gak ada omzet. Omzet kita dari online sama cabang di luar. Untuk ritel pakaian sedikit banget. Paling 10 persen sudah luar biasa kiat dapat," kata Ngurah.

Penjualan online Sarinah pun masih belum besar kontribusinya. Ngurah menyebut porsi penjualan secara online hanya 10 persen.

3. Asosiasi peritel juga siap gelar diskon

Genjot Pertumbuhan Ritel, PT Sarinah Akan Gelar Bazar Diskon pakaian rupanya tak melulu jadi incaran utama para pengunjung mal. (IDN Times/Zulkifli Nurdin)

Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey mengatakan pihaknya mengambil langkah dengan menyiapkan sejumlah 'pesta diskon' di masa new normal atau normal baru ini untuk mendorong daya tarik penjualan.

"Pasti yang berkaitan dengan upaya internal, kita pasti lakukan berbagai langkah seperti diskon, promosi, midnight sale, dengan segala yang sudah pernah dilakukan akan kita tingkatkan," kata Roy kepada IDN Times beberapa waktu lalu.

Rencananya, pesta diskon ini akan digelar mulai bulan depan. "Lalu ada program dalam rangka 17 Agustus, ada Indonesia Great Sale," ujarnya lagi melanjutkan

Aprindo akan menyiapkan sejumlah diskon untuk produk yang dicari konsumen seperti gaya hidup/lifestyle dengan bekerja sama dengan klien dan pabrikan untuk membuat harga semakin terjangkau.

"Akan ada kolaborasi aktif antara mal, ritel modern dengan bank. Untuk bank yang berikan subsidi atau promosi supaya kita bisa berikan tambahan diskon untuk konsumen. Itu semua kita lakukan untuk peningkatan daya tarik," ujar Roy.

Baca Juga: Meski Mal Dibuka, Omzet Ritel Tidak Bisa Langsung Kembali 100 Persen

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya