Comscore Tracker

Pakai Ion Plasmacluster, Naik DAMRI Diklaim Lebih Aman

Ion Plasmacluster bikin udara dalam bus bersih

Jakarta, IDN Times – DAMRI mengklaim penumpang mereka kini makin aman di tengah pandemik virus corona karena armada bus mereka dipasangi alat Ion Plasmacluster. Direktur Utama DAMRI, Setia N Milatia Moemin, mengatakan langkah guna menghadirkan bus yang sehat, aman, dan nyaman.

"Langkah ini sudah dilakukan perdana pada satu unit bus. Ke depannya, DAMRI akan terus menghadirkan Ion Plasmacluster pada seluruh armada di seluruh Indonesia," kata Setia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/9/2020).

1. Apa sih Ion Plasmacluster?

Pakai Ion Plasmacluster, Naik DAMRI Diklaim Lebih AmanBus DAMRI kini dilengkapi dengan Ion Plasmacluster (Dok. DAMRI)

Ion Plasmacluster adalah alat untuk membersihkan udara. Pelepasan plasma digunakan untuk membuat dan melepaskan ke udara ion positif dan negatif yang sama seperti yang terjadi di alam. Ketika ion-ion tersebut bersentuhan dengan permukaan spora jamur, bakteri atau virus barulah mereka berubah menjadi radikal OH dengan sifat oksidasi yang sangat kuat.

Radikal OH langsung mencuri hidrogen dari protein pada permukaan bakteri, menghancurkan protein. Penggabungan radikal OH dengan hidrogen menghasilkan air (H2O), yang kembali ke udara. Sehingga Kualitas udara segar bisa tersedia di bis DAMRI.

"Hal ini merupakan bagian dari kesungguhan DAMRI dalam memastikan kesehatan karyawan serta penumpang, dan aspek keselamatan dan keamanan perjalanan," ujar Setia.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Fakta Silver-Ion Si Pembasmi Virus!

2. DAMRI juga sosialisasi protokol kesehatan

Pakai Ion Plasmacluster, Naik DAMRI Diklaim Lebih AmanBus DAMRI kini dilengkapi dengan Ion Plasmacluster (Dok. DAMRI)

Selain itu, DAMRI juga sudah melakukan edukasi dan sosialisasi pencegahan dan penanganan COVID-19 ke seluruh pelanggan, petugas lapangan, serta seluruh karyawan di lingkungan kantor pusat maupun kantor cabang di seluruh Indonesia.

"DAMRI juga terus menggerakkan pola hidup bersih yang sesuai dengan protokol kesehatan untuk bis sehat," ujar Setia. Di antaranya yakni penyediaan hand sanitizer, penyemprotan disinfektan di dalam armada bus, serta pembersihan area yang sering disentuh oleh pelanggan seperti pegangan bus, gagang pintu dan kursi.

3. Masyarakat juga perlu tetap disiplin

Pakai Ion Plasmacluster, Naik DAMRI Diklaim Lebih AmanBus DAMRI yang melayani trayek Terminal Palbapang-Bandara YIA. IDN Times/Daruwaskita

Setia tetap mengimbau agar pengguna bis DAMRI untuk menjaga kebersihan dan kesehatan agar tidak mudah terpapar virus.

"DAMRI berkomitmen tidak akan berhenti untuk membantu Pemerintah dalam penanganan pencegahan COVID-19 ini, serta terus mengembangkan dan memberikan layanan yang mengutamakan aspek keamanan, keselamatan, kesehatan dan kebersihan," kata Setia.

Baca Juga: BUMN Damri Buka 6 Lowongan Kerja, Cek Lengkapnya di Sini

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya