Comscore Tracker

Seksi V Ruas Tol Pandaan-Malang Masih Terkendala Pembebasan Lahan

Ruas tersebut ditarget rampung awal tahun depan

Malang, IDN Times – Ruas Tol Pandaan-Malang Seksi V dari Pakis hingga Malang sepanjang 3,1 Km ditargetkan rampung pada awal tahun depan. Berdasarkan data yang didapatkan IDN Times, progres ruas tol ini mencapai 77 persen per 6 Oktober.

“PR kita tinggal seksi V sepanjang 3,1 kilometer, progres udah 77 persen. Secara keseluruhan Ruas Tol Pandaan-Malang sudah 97 persen,” kata Pemimpin Proyek PT Jasa Marga Pandaan-Malang (JPM) Yuliana kepada IDN Times di Plaza Tol Singosari, Malang, Jawa Timur, Jumat (11/10).

1. Masih ada pengerjaan di dekat Situs Sekaran Malang

Seksi V Ruas Tol Pandaan-Malang Masih Terkendala Pembebasan LahanIDN Times/ Helmi Shemi

Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi pembangunan tol tersebut, masih terdapat alat berat yang mengerjakan konstruksi jalan. Salah satunya, di dekat Situs Sekaran, Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

General Manager Teknik Jasamarga Pandaan-Malang (JPM) M Jajuli mengatakan pihaknya telah mengevaluasi proyek tersebut dan menggeser pengerjaan konstruksi sebesar 30 meter.

“Kami melakukan penguatan tanah dengan memasang second pile ada 264 titik, untuk penahan tanah untuk pekerjaan timbunan kondisi badan jalannya pekerjaan. Dinas Kebudayaan minta dilestarikan dan kami mengalah, jadi dibuat trase karena di sana ada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT), istilahnya untuk menahan tanah,” jelas Jajuli kepada IDN Times.

Baca Juga: Resmi Bertarif, Tol Malang-Pandaan Balik Modal 23 Tahun

2. Terkendala pembebasan lahan

Seksi V Ruas Tol Pandaan-Malang Masih Terkendala Pembebasan LahanIDN Times/ Helmi Shemi

Selain itu, Ruas Tol Pandaan-Malang Seksi V ini juga terkendala pembebasan lahan pada ujung zona IV. Lokasi yang akan dibangun jembatan menuju arah Malang itu masih belum bebas karena masih ada tiga warga yang keberatan untuk dipindahkan.

Menurut informasi yang diterima IDN Times, banyak warga yang selama dua tahun bertahan dan meminta penggantian lahan dengan nilai hingga 200 persen.

“Sekarang sepakat warga kita bantu untuk pindahnya saja. Cuma sekarang mereka baru setuju akhir September. Masih ada tiga warga yang bertahan dan keberatan,” kata Jajuli.

3. Diharapkan sudah selesai awal tahun depan

Seksi V Ruas Tol Pandaan-Malang Masih Terkendala Pembebasan LahanIDN Times/ Helmi Shemi

Dengan berbagai kondisi di atas, Jajuli mengatakan proses konstruksi akan memakan waktu maksimal 3 bulan. Ia berharap awal tahun 2020, keseluruhan Ruas Tol Pandaan-Malang bisa rampung.

“Untuk seksi V kalau pekerjaan tanah selesai, maksimal 3 bulan. Awal tahun sudah selesai,” ujarnya.

4. Progres seksi lain dari Ruas Tol Pandaan-Malang

Seksi V Ruas Tol Pandaan-Malang Masih Terkendala Pembebasan LahanIDN Times/ Helmi Shemi

Ruas Tol Pandaan-Malang Seksi I-III (Pandaan-Singosari) sepanjang 30,625 Km telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada Senin (13/5). Peresmian itu juga dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Malang Sutiaji, Plt Bupati Malang HM. Sanusi, Bupati Pasuruan HM. Irsyad Yusuf dan Direktur PT. Jasamarga Desi Arryani.

Sementara untuk seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,7 Km akan siap beroperasi dalam waktu dekat ini. Data per 6 Oktober, proses pengerjaan ruas tol tersebut sudah mencapai 97 persen.

“Belum 100 persen karena adanya pekerjaan Ramp-4 IC Pakis. Namun hal ini tidak berpengaruh pada operasional Seksi I sampai IV," kata Pemimpin Proyek PT Jasamarga Pandaan-Malang (JPM) Yuliana.

Baca Juga: Ruas Tol Pandaan-Malang Seksi IV Siap Beroperasi Dalam Waktu Dekat

Topic:

  • Helmi Shemi
  • Anata Siregar

Just For You