Comscore Tracker

Tips Biar Hidup Gak Konsumtif ala Komisaris BEI Pandu Patria Sjahrir  

Jangan melulu ngikutin tren kekinian

Jakarta, IDN Times - Keinginan sering kali memang ada habisnya. Apalagi kalau ngikutin tren dan gaya hidup 'kekinian'. Bisa-bisa tabunganmu habis cuma untuk mengikuti tren tersebut. Tapi gak semua keinginan harus dipenuhi dan gak semua gaya kekinian harus diikuti. 

"Jadi gini, kalau mikirin gaya hidup, ya secukupnya ajalah," kata Komisaris PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Pandu Patria Sjahrir, kepada IDN Times dalam acara IDN Ngobrol Seru yang digelar Kamis (6/8/2020).

Pandu mengatakan hidup secara sederhana sebenarnya jauh lebih aman secara finansial ketimbang mengikuti tren. Ia mencontohkan dirinya yang hanya memakai hp android, bukan iPhone.

Baginya, dari pada digunakan untuk membeli barang-barang konsumtif, lebih baik uangnya diinvestasikan. Tapi bagaimana cara biar gak konsumtif dan tetap punya modal buat investasi?

1. Live better itu bukan gengsi tapi sama keluarga

Tips Biar Hidup Gak Konsumtif ala Komisaris BEI Pandu Patria Sjahrir  Ilustrasi Keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Pandu mengatakan tren media sosial bisa jadi satu sebab gaya hidup konsumtif. Banyak anak muda yang meng-upgrade hidupnya demi gengsi. Mereka merasa lebih bahagia dengan hal itu. Padahal arti kebahagiaan itu bukan gengsi tapi bersama keluarga.

"Karena kalau mereka happy kita juga happy. Kalau punya ya misalnya mobil baru, jam baru, itukan happy-nya sesaat doang, baju baru sesaat doang, sehari happy abis itu sudah," kata Pandu.

2. Hidup sederhana dan banyak bersyukur

Tips Biar Hidup Gak Konsumtif ala Komisaris BEI Pandu Patria Sjahrir  Komisaris PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Pandu Patria Sjahrir (Dok. Pribadi/Pandu Patria Sjahrir)

Dengan latar belakang keluarga pengajar dan militer, Pandu diajarkan untuk hidup sederhana sejak kecil. Ia juga menyarankan kamu banyak bersyukur atas apa yang kamu punya, supaya nanti uang yang tersisa bisa kamu sisihkan untuk berinvestasi.

"Jadi menurut saya lagi nih kalau buat adek-adek yang ngikutin, ya hidup secukupnya, yang lainnya diinvestasikan saja, apakah anda mau beli tanah, membangun sesuatu, membangun usaha, berinvestasi di saham, itu saja. Oh ya dan selalu siap untuk yang terburuk dan berharap yang terbaik," ucapnya.

3. Pastikan investasi untuk jangka panjang

Tips Biar Hidup Gak Konsumtif ala Komisaris BEI Pandu Patria Sjahrir  Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Tips terakhir adalah jangan berinvestasi untuk jangka pendek. Pandu menolak berbicara kemungkinan saham apa yang akan naik dalam sebulan kemudian, tapi dia yakin dalam 5-10 tahun ke depan, saham suatu perusahaan semakin baik jika dikelola dengan benar.

"Anda bisa liat dari book value-nya, book value itu equity naik apa tidak? Akhirnya kan market yang memutuskan. Kalau dibilang dalam lima tahun, 10 tahun saham nya bagaimana ya insya Allah-lah mungkin perusahaannya semakin baik, fundamentalnya baik, seharusnya harga perusahaan atau nilai perusahaan itu akan naik," kata Pandu.

Baca Juga: Mau Investasi Saat Pandemik? Ini Tips dari Komisaris BEI Pandu Patria

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya