Comscore Tracker

Uji Coba Kebijakan Travel Bubble RI-Singapura Dimulai Besok

Skema safe travel bubble tourism telah disiapkan sejak lama

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, memastikan travel bubble antara Indonesia dan Singapura akan diujicobakan pada Senin, 24 Januari 2022.

"Setelah kami menyimpulkan, maka pada 24 Januari skema travel bubble untuk Batam-Bintan akan dioperasikan," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang dikutip Minggu (23/1/2022).

Baca Juga: 10 Fakta Unik Air Travel Bubble, Memudahkan Traveling saat Pandemik

1. Sandiaga incar wisatawan Singapura

Uji Coba Kebijakan Travel Bubble RI-Singapura Dimulai BesokIlustrasi turis asing (IDN Times/Denisa)

Menurut Sandiaga, wisatawan mancanegara asal Singapura memiliki prospek yang sangat strategis dalam upaya membangkitkan ekonomi dan pariwisata nasional, khususnya di Kepulauan Riau (Kepri). Ia mengatakan safe travel bubble tourism Kepri sudah disiapkan satu tahun lebih bersama Gubernur Kepri.

"Dan pada saat ini dapat kami sampaikan bahwa Lagoi dan Nongsa sangat siap sebagai bubble zone untuk wisatawan Singapura. Harapannya ini adalah tentunya kebangkitan dari ekonomi kita, terbukanya lapangan kerja, dan memberikan sinyal positif bahwa kita menangani pandemi dengan baik dan terkendali," ungkap Sandiaga.

Baca Juga: Sambut Wisatawan Asing, RI Sepakati Travel Bubble dengan 4 Negara

2. Keputusan travel bubble dengan Singapura

Uji Coba Kebijakan Travel Bubble RI-Singapura Dimulai BesokIlustrasi travel bubble (freepik.com)

Keputusan travel bubble ini diambil setelah Sandiaga meninjau dua zona travel bubble di Kepri, yaitu Nongsa, Batam dan Lagoi, Bintan. Nantinya, skema perjalanan travel bubble ini akan dicantumkan di dalam Surat Edaran yang akan dikeluarkan oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

"Jadi kita mohon dukungan masyarakat dan industri pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mematuhi protokol kesehatan. Termasuk integrasi dengan PeduliLindungi," katanya.

3. Travel bubble dari Singapura ke Lombok

Uji Coba Kebijakan Travel Bubble RI-Singapura Dimulai BesokPresiden Jokowi Luncurkan Injourney Holding Pariwisata dan Pendukung di Lombok Tengah pada Kamis (13/1/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain itu Presiden Joko "Jokowi" Widodo di dalam pertemuan pemimpin redaksi di Istana Negara pada hari ini, mengatakan masih akan memonitor perkembangan kasus Omicron. Saat ini, ia baru memberikan lampu hijau agar kapasitas penonton di Sirkuit Mandalika diisi separuhnya yakni sekitar 96.500 orang.

"Lalu, kami akan buat aturan travel bubble (dari Singapura langsung ke Lombok), sehingga para pebalap tidak perlu menjalani karantina. Tapi, harus negatif COVID-19 melalui tes PCR dan telah menerima vaksinasi dua kali," ungkap Jokowi.

"Pihak Dorna Sports pun sudah tahu (syarat itu)," katanya lagi.

Ia menambahkan pembicaraan mengenai kesepakatan travel bubble dengan Negeri Singa akan dilakukan pada akhir Januari. Rencananya Presiden Jokowi akan berdialog dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong membahas kesepakatan tersebut.

Baca Juga: Angka Kemiskinan di Bali Bertambah, Akibat Anjloknya Pariwisata?

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya