Comscore Tracker

Jangan Tergiur Dulu, Perhatikan 5 Hal Sebelum Lakukan Pinjaman Online!

Pikirkan matang-matang!

Era teknologi yang makin canggih menuntut kita untuk melakukan transaksi serba online termasuk dengan melakukan pinjaman online. Meski begitu sebelum memutuskan meminjam secara online pastikan lima hal berikut ini kamu pikirkan dan pertimbangkan agar proses pembayaran pun tidak terlalu memberatkan!

1. Sesuaikan dengan kebutuhanmu

Jangan Tergiur Dulu, Perhatikan 5 Hal Sebelum Lakukan Pinjaman Online!Pexels.com/Pixabay.com

Jangan meminjam pinjaman online terlalu banyak dan sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Hal ini bertujuan supaya kamu mampu membayarnya karena jika terlalu banyak meminjam maka kamu harus bersiap dililit hutang. Belum lagi kamu mesti membayar bunganya yang tinggi. Oleh sebab itu jika memang tidak terlalu membutuhkan jangan melakukan pinjaman online.

2. Pertimbangkan soal bunga

Jangan Tergiur Dulu, Perhatikan 5 Hal Sebelum Lakukan Pinjaman Online!Pexels.com/Pixabay.com

Yang namanya meminjam di sebuah lembaga pastinya kamu mesti siap dengan konsekuensinya yaitu perlu membayar dengan bunga. Kalau memang kamu gak siap membayar bunganya sudah saja jangan meminjam di situs online. Hal ini karena pada dasarnya pinjaman online memiliki tempo waktu yang sedikit. Jika kamu bingung di mana harus membayar bunganya tentu kamu bisa kelabakan sendiri.

Baca Juga: Penting! Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Ajukan Pinjaman Dana

3. Pastikan sudah terdaftar OJK

Jangan Tergiur Dulu, Perhatikan 5 Hal Sebelum Lakukan Pinjaman Online!Pexels.com/Pixabay.com

Jangan dulu setuju dengan meminjam di situs tersebut sebelum kamu tahu jika lembaga tersebut sudah terdaftar OJK atau otoritas jasa keuangan. Biasanya lembaga yang tidak memiliki sertifikat OJK merupakan lembaga tipu-tipu dan kamu jangan mempercayainya. Situs pinjaman online dipenuhi dengan penipuan oleh sebab itu kamu harus pintar-pintar dalam memilihnya.

4. Pikirkan cara membayarnya

Jangan Tergiur Dulu, Perhatikan 5 Hal Sebelum Lakukan Pinjaman Online!Pexels.com/EVG Photos

Biasanya pinjaman online sering memiliki waktu tempo yang pendek dan kamu harus membayar pinjaman sekaligus bunganya. Karena waktunya yang sedikit kamu harus memiliki cara bagaimana untuk membayarnya. Apakah dengan gajimu atau kamu harus mencari pekerjaan sampingan pikirkan semuanya dengan matang.

5. Cari pinjaman yang bunganya ringan

Jangan Tergiur Dulu, Perhatikan 5 Hal Sebelum Lakukan Pinjaman Online!Pexels.com/Pixabay.com

Meski kamu sangat membutuhkan pinjaman pastikan bunganya ringan dan tidak memberatkan. Jangan sampai kamu harus membayar bunga seharga pinjaman dan jika hal ini terjadi baiknya cari saja pinjaman lain yang miliki bunga lebih rendah. Jangan memberatkan dirimu apalagi jika akhirnya kamu hanya mencari pinjaman lain lagi untuk membayar hutang. Kalau sudah begini apa bedanya dengan gali lobang tutup lobang.

Nah pertimbangkan semuanya dengan matang supaya tak ada kesulitan saat kamu membayarnya nanti!

Baca Juga: Fintech Nakal ada Ratusan, Ini Tips agar Aman Pilih Pinjaman Online

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You