Comscore Tracker

Bahas Isu Global, KTT G20 Kampanye Cegah Plastik 

Tidak ada botol plastik dan sedotan selama acara

Jepang, IDN Times - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 baru saja digelar pada 28-29 Juni. Jepang menjadi tuan rumah KTT G20, yang dihadiri oleh ke-20 anggota dan 17 tamu undangan. Diadakan di Osaka, kota terbesar kedua Jepang, ini adalah pertama kalinya bagi Jepang untuk menjadi tuan rumah KTT G20, setelah sebelumnya menjadi tuan rumah KTT G7 2016 di Ise-Shima.

Pada KTT tahun ini, para pemimpin membahas topik-topik penting dalam agenda global. Salah satu masalah menonjol adalah sampah plastik laut, masalah yang diakui mempengaruhi ekosistem laut pada skala global.

1. Tidak ada botol plastik dan sedotan selama acara

Bahas Isu Global, KTT G20 Kampanye Cegah Plastik (Para pemimpin KTT G20 termasuk Presiden Jokowi berfoto di Osaka, Jepang) www.twitter.com/@jokowi

Dikutip dari Antara, KTT G20 Osaka mempromosikan Kampanye Cerdas Plastik dari Kementerian Lingkungan dengan konsep "3 R (Reduce, Reuse, Recycle) dan Terbarukan". Tindakan yang dilakukan seperti tidak menggunakan botol plastik dan sedotan dan memperkenalkan materi terbarukan di tempat. 

Selama KTT ini, tidak ada produk plastik sekali pakai, termasuk botol, gelas, sedotan, dan piring yang tersedia. Sebagai gantinya, para peserta diberikan produk dan layanan alternatif yang dapat digunakan kembali.

Hal-hal lain dalam agenda KTT termasuk ekonomi, perdagangan dan investasi, inovasi, pekerjaan, pemberdayaan perempuan, pembangunan, dan kesehatan, semuanya merupakan fokus untuk diskusi produktif.

Baca Juga: Sedang Berlangsung Saat Ini, Intip Sejarah Perjalanan KTT G20 yuk! 

2. Peserta KTT G20 menikmati budaya Jepang

Bahas Isu Global, KTT G20 Kampanye Cegah Plastik cnbcindonesia.com

Di luar ruang rapat, peserta menikmati budaya dan keramahtamahan Jepang. Pada hari pertama, mereka disambut ke venue dengan pajangan danjiriwooden mengambang, dan kuil portabel mikoshi, semuanya digunakan di salah satu festival terkenal di daerah tersebut.

Interior venue memamerkan aset unik wilayah Osaka dan Kansai kepada pengunjung, termasuk informasi terbaru tentang Expo 2025. Para pemimpin dan mitra mereka juga disuguhi pertunjukan budaya, contoh warisan Jepang, dan masakan washoku.

3. Jepang memperkenalkan berbagai teknologi terkini

Bahas Isu Global, KTT G20 Kampanye Cegah Plastik dnaindia.com

Inovasi terdepan negara ini di bidang-bidang termasuk robotika, medis, dan ruang angkasa juga memukau pengunjung. Ruang Pameran yang luas memperkenalkan teknologi dan produk Jepang yang terkait dengan setiap kategori yang mewakili agenda KTT: "Masyarakat & Inovasi," "Kesehatan & Inovasi," "Sampah & Inovasi Plastik Kelautan," "Energi & Inovasi," dan "Kerjasama & Inovasi Ekonomi".

Ruang ini juga mencakup pameran tentang tema-tema seperti "Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020," "Pemulihan Bencana," "Sumber Daya Pariwisata Jepang," dan "Tradisi." Total sekitar 50 layar menampilkan berbagai konten yang menghibur dan informatif, mulai dari panel dan model hingga video, serta aktivitas langsung.

KTT G20 beranggotakan Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Tiongkok, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Republik Korea, Republik Afrika Selatan, Rusia, Arab Saudi, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Baca Juga: Di G20 Osaka, Jokowi Bawa Isu Kesiapan Indonesia di Ekonomi Digital

4. Indonesia mengusulkan kerja sama global terkait pendidikan dan pemberdayaan perempuan

Bahas Isu Global, KTT G20 Kampanye Cegah Plastik Dok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Bahasan utama dam KTT G20 mencakup bidang ekonomi, inovasi, tenaga kerja, pembangunan, perdagangan dan investasi, lingkungan dan energi, pemberdayaan perempuan, dan kesehatan.

Indonesia mengusulkan kerja sama global dalam penyesuaian sistem pendidikan yang sat ini masih mengikuti pola pendidikan lama. Diharapkan dapat mengikuti perkembangan teknologi digital dan kecerdasan buatan (AI). Selain itu, kerja sama global dalam pemberdayaan perempuan, terutama untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam perkembangan digital ekonomi dan e-commerce

Baca Juga: Pemimpin Dunia Ramai-Ramai Ucapkan Selamat ke Jokowi di KTT G20

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya