Comscore Tracker

Bank Artos Diakusisi Jerry Ng, Begini Reaksi Bos BCA

BCA menyuntikkan modal ke Bank Royal sebesar Rp700 miliar

Jakarta, IDN Times - Persaingan perbankan digital kian sengit. Dua bank yang kini menjadi sorotan adalah Bank BCA dan Bank Artos. Bankir senior Jerry Ng dan Patrick Walujo mengakuisisi Bank Artos, sementara BCA mengakuisisi Bank Royal Indonesia. Keduanya tengah bertransformasi sebagai bank digital.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyambut baik persaingan itu. "Bisnis itu selalu harus punya persaingan supaya lebih menarik. Saya pikir Artos akan berkembang, kita akan berkembang," kata Jahja di Jakarta, Selasa (3/12).

1. Banyaknya pelaku pasar justru menguntungkan masyarakat

Bank Artos Diakusisi Jerry Ng, Begini Reaksi Bos BCAPresiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Jahja mengatakan, arena bisnis Indonesia luas dan besar. Menurut dia, market bersifat dinamis dan luas sehingga pelaku pasar pasti banyak.

"Jadi kita gak perlu saling khawatir, seperti buktinya ada Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Traveloka, dan lain-lain. Kita harus siap bersaing. Ini untuk masyarakat malah bagus, banyak (pelaku bisnis) yang hadir, jadi bisa menikmati hasil persaingan dari pelaku pasar," katanya.

Baca Juga: Ingin Punya Kartu Kredit BCA? Begini Caranya

2. Bank Royal akan difokuskan ke segmen digital

Bank Artos Diakusisi Jerry Ng, Begini Reaksi Bos BCAIdn times / Shemi

Jahja menjelaskan, ke depan Bank Royal akan difokuskan ke segmen digital, terutama dari sisi penyaluran kredit. Bahkan, BCA akan menyuntikkan modal ke Bank Royal sebesar Rp 700 miliar awal tahun depan.

"Prosesnya sudah mau selesai dan kami siapkan RBB (rencana bisnis bank) untuk Bank Royal, dan saya kira tahun depan sudah mulai beroperasi," ujar Jahja.

Jahja menambahkan, pihaknya menyasar pangsa pasar millennial yang menyukai kepraktisan. Cukup dengan gadget, millennial sudah bisa melakukan transaksi perbankan.

"Kami coba biayai nice market, serap dana dari sana. Kaum millennial sebenarnya ingin menabung, tapi bukan kayak senior millennial dulu. Kalau kami dulu menabung untuk hari depan, kalau millennial untuk jalan-jalan biasanya," katanya.

3. BCA akan merebranding Bank Royal

Bank Artos Diakusisi Jerry Ng, Begini Reaksi Bos BCAPresiden Direktur Bank BCA, Jahja Setiaatmadja. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Selain itu, kata Jahja, BCA juga melakukan rebranding terhadap Bank Royal. Namun, nama baru itu masih dalam kajian. Yang jelas, pihaknya siap bersaing dengan pelaku pasar nama pun.

"Ya kami belum tahu juga Artos arahnya seperti apa. Bank Royal saya kira database-nya dari BCA, kami harapkan kami berkembang dengan memanfaatkan supply chain BCA, jadi lebih ke internal. Kalau Artos mungkin lebih ke open market. Kita lihat nanti," ungkapnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: BCA Mulai Lirik untuk Terapkan Teknologi Blockchain

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya