Comscore Tracker

Begini Rahasia BCA Bangun Loyalitas Karyawan dan Nasabah 

Bahagiakan tim, maka customer akan bahagia!

Jakarta, IDN Times - Membangun loyalitas karyawan sebuah perusahaan rupa-rupanya tidak mudah. Apalagi menghadapi karyawan millennial yang konon hobi berpindah tempat. Hal itu diungkapkan oleh SVP Marketing Communication BCA, Norisa Saifuddin dalam Open House IDN Media HQ di Jakarta Selatan, Selasa (29/11).

"Kami punya slogan 'always by your side'. Kami gunakan untuk komunikasi dengan nasabah. Sederhananya, bukan selalu ada di samping, tapi juga as a leader. Maknanya konsisten. Semua personel adalah pemimpin," kata Norisa.

1. Bahagia jadi kunci dalam bekerja

Begini Rahasia BCA Bangun Loyalitas Karyawan dan Nasabah mediaperbankan.com

Menurut Norisa, bahagia jadi kunci dalam bekerja. Hal pertama yang dilakukan adalah memastikan tim bahagia, barulah menularkannya pada nasabah.

"Happy team! Tim harus bahagia karena customer akan bahagia. Dampaknya, produktivitas dan kepercayaan pada BCA meningkat. Semangat itu yang kami bangun, bahagiakan tim maka customer akan bahagia," tuturnya.

Baca Juga: Usung Konsep One Stop Shopping, BCA Expo 2019 Resmi Digelar

2. BCA beradaptasi dengan perubahan perilaku nasabah

Begini Rahasia BCA Bangun Loyalitas Karyawan dan Nasabah Bank BCA Vector logo

Norisa mengatakan customer zaman now berbeda dengan customer zaman dulu. BCA harus mampu beradaptasi dengan perubahan perilaku nasabah yang serba cepat.

"Customer now are now mode. Mereka suka memanfaatkan teknologi terkini. Jadi BCA konsisten memperbaiki produk dan layanan perbankan seusia kebutuhan nasabah. Buat manajemen, manusia itu terpenting. Jadi invest dulu ke manusianya, bikin tim happy," ujarnya.

3. Perlu kolaborasi antara millennial dan kolonial

Begini Rahasia BCA Bangun Loyalitas Karyawan dan Nasabah IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Norisa menggambarkan millennial sebagai anak muda berusia di bawah 40 tahun, sementara kolonial sebagai orang berusia di atas 40 tahun. Keduanya memiliki beberapa ciri mencolok. Misalnya, millennial selalu siap siaga, kreatif, dan out of the box. Sementara, kolonial lebih punya pengalaman, menghadapi asam garam perbankan, dan punya banyak cerita sehingga bisa sharing.

"Perlu keseimbangan agar saling mengisi. Dengan wisdom yang berbeda, karakter yang beda, apa yg harus didalami dari 2 perbedaan ini? Ada 3 tips buat diketahui kalau masuk lingkungan kerja, yaitu lebih banyak mendengar, kolaborasi, dan punya horizontal relationship," kata Norisa.

PT Bank Central Asia Tbk mencatatkan laba bersih perseroan naik 13 persen menjadi Rp20,9 triliun hingga September 2019 dari tahun lalu sebesar Rp18,5 triliun. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh pendapatan operasional BCA yang solid. Hal itu tercermin dari peningkatan pendapatan bunga bersih sebesar 12,2 persen menjadi Rp37,4 triliun.

Baca Juga: Bos BCA Ungkap Harapan Pelaku Usaha untuk Kabinet Jokowi

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You