Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Jokowi Klaim 3 SDA Strategis Sudah Dikuasai, Faktanya?

Freeport, Blok Mahakam, dan Blok Rokan sudah dikuasai

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo menyatakan pemerintah telah menguasai sumber daya alam (SDA) strategis. Di antaranya Blok Mahakam, Blok Rokan dan Freeport. Pada periode selanjutnya, kata dia, pihaknya akan berkomitmen terus memperjuangkan kemandirian ekonomi Indonesia.

"Oleh karena itu SDA yang sebelumnya dikuasai asing, (kini) dikuasai negara, seperti Blok Nahakam, Rokan dan Freeport. Kemandirian ini sangat penting sekali karena kemandirian ini ekonomi yang adil dan kesejahteraan masyarakat akan dilakukan," kata Jokowi.

Bagaimana faktanya?

Berdasarkan riset tim IDN Times, pemerintah telah resmi menguasai 51 persen saham PT Freeport Indonesia per 21 Desember 2018. Kementerian ESDM juga memutuskan pengelolaan Blok Rokan pada 2021 jatuh kepada Pertamina. Kemudian, Blok Mahakam resmi diambil alih Pertamina per 1 Januari 2018.

Saat penyampaian visi misi di debat kelima tersebut, Jokowi mengungkapkan pemerintahannya sudah berjuang keras mengembalikan watak asli pembangunan Indonesia. Menurut Jokowi, pembangunan tersebut tidak hamya bertumpu pada ekonomi saja, melainkan pada pemerataan juga.

"Karena pertumbuhan ekonomi tanpa kemerataan adalah ketimpangan," ujar Jokowi.

Oleh karena itu, lanjut Jokowi, selama masa pemerintahannya, dirinya telah membangun infrastruktur tidak hanya di Jawa, melainkan di luar Jawa juga. "Dengan infrastruktur itu kami ingin ada titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa," terangnya.

Baca Juga: Kebijakan Energi Jokowi, Blok Rokan Kembali ke Ibu Pertiwi

[CEK FAKTA] Jokowi Klaim 3 SDA Strategis Sudah Dikuasai, Faktanya?IDN Times/Sukma Shakti

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You