Comscore Tracker

Permudah Transaksi, TapCash Kini Dapat Diisi Ulang Melalui GoPay

Pastikan smartphone memiliki fitur Near-Field Communication

Jakarta, IDN Times - Pengguna kartu TapCash kini dapat mengisi ulang deposit melalui GoPay. Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan, BNI ingin mempermudah pengguna TapCash dalam melakukan isi ulang.

"Pengguna hanya perlu membuka aplikasi Gojek, pilih fitur GoBills, kemudian pilih menu isi ulang uang elektronik, lalu pilih TapCash. Setelah isi ulang berhasil, pengguna dapat langsung melakukan update balance pada aplikasi Gojek. Pastikan smartphone-nya memiliki fitur Near-Field Communication (NFC),” ujar Corina dalam konferensi pers virtual, Senin (29/6).

1. Kerja sama GoPay dan BNI dalam rangka penerapan new normal

Permudah Transaksi, TapCash Kini Dapat Diisi Ulang Melalui GoPayBNI gandeng Gopay untuk isi ulang TapCash (Dok. Gopay)

Corina menjelaskan, kerja sama PT GoPay dan PT BNI dalam rangka menghadapi era new normal atau normal baru. Pemerintah pun telah menganjurkan masyarakat untuk menerapkan transaksi nontunai.

"Kalau kami lihat masyarakat kini mulai aktif, mobilitas juga meningkat. Sesuai protokol kesehatan, transaksi nontunai lebih diutamakan. Perluasan akses isi ulang ini tentu akan memberikan kemudahan," kata dia.

Masyarakat dapat melakukan isi ulang saldo TapCash dimulai dari Rp20 ribu hingga Rp500 ribu. Sesuai ketentuan regulator, batas maksimum saldo uang elektronik berbasis kartu, salah satunya TapCash adalah Rp2 juta.

Baca Juga: Tes Swab Gratis BNI Diikuti Ratusan Tenaga Medis di Jakarta

2. Transaksi GoPay meningkat selama pandemik COVID-19

Permudah Transaksi, TapCash Kini Dapat Diisi Ulang Melalui GoPayIlustrasi Gopay (IDN Times/Arief Rahmat)

Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata mengungkapkan, selama pandemik COVID-19 transaksi melalui GoPay meningkat hingga empat kali lipat. Khususnya saat Ramadan dan Lebaran, fitur transfer saldo jadi andalan masyarakat untuk memberikan 'salam tempel'. Hal yang sama juga terjadi pada tren donasi digital.

"Sekarang masyarakat banyak beralih ke ranah digital. Terkait kerja sama GoPay dan BNI ini kami gak ada target spesifik, namun kami ingin memberikan kemudahan bagi konsumen. Salah satunya mendukung gerakan nontunai melalui transaksi cashless," kata Budi.

Budi menambahkan, ke depan GoPay akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk perbankan. Hal itu untuk memberikan kemudahan dan kebebasan kepada masyarakat Indonesia dalam bertransaksi nontunai, terutama tanpa kontak.

3. Sebanyak 7 juta kartu TapCash tersebar di seluruh daerah

Permudah Transaksi, TapCash Kini Dapat Diisi Ulang Melalui GoPayBNI gandeng Gopay untuk isi ulang TapCash (Dok. Gopay)

Sebagai informasi, TapCash merupakan kartu uang elektronik yang diterbitkan BNI. Kartu TapCash dapat digunakan untuk pembayaran transportasi umum seperti Commuterline, TransJakarta, MRT, LRT, Railink, dan kapal penyeberangan, pembayaran tol dan parkir, hingga transaksi di berbagai toko retail BNI seperti restoran, bioskop, dan mini market.

Hingga Mei 2020, sudah terdapat lebih dari 7 Juta kartu TapCash yang tersebar di seluruh daerah.

Sebelumnya, kartu TapCash dapat diisi ulang melalui channel BNI seperti BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, ATM BNI, Agen46, hingga e-commerce dan toko retail seperti minimarket.

Baca Juga: Dengan GoPay, ‘eBadah’ Saat di Rumah Aja Tetap Lancar 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya