Comscore Tracker

5 BUMN ini Tawarkan Gaji Fantastis bagi Fresh Graduate, Tertarik? 

Nominalnya bisa sampai 2 digit

Jakarta, IDN Times - Perusahaan negara atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi salah satu tempat bekerja impian bagi para fresh graduate. Gaji, tunjangan, hingga jenjang karir yang ditawarkan tentu sangat menggiurkan bagi para fresh graduate.

Apalagi, di beberapa BUMN dan di posisi tertentu, pendapatan yang ditawarkan tidak main-main. Bukan hanya untuk karyawan yang sudah lama bekerja, namun fresh graduate juga bisa mendapat gaji yang fantastis di BUMN tertentu.

Berikut daftar BUMN yang memberikan gaji tinggi bagi fresh graduate.

1. Telkom

5 BUMN ini Tawarkan Gaji Fantastis bagi Fresh Graduate, Tertarik? Ilustrasi teknisi Telkom. (Dok. Telkom)

BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi ini menawarkan gaji kisaran Rp8 juta - Rp10 juta. Selain itu, ada pula gaji Rp7 juta - Rp8 juta khusus untuk karyawan yang masuk melalui program management trainee (MT).

Sedangkan, gaji untuk seorang senior manager berada direntang Rp39 juta - Rp42 juta per bulan. Seorang product manager bahkan bisa mendapatkan gaji Rp88 juta - Rp94 juta per bulan. Adapun, estimasi gaji yang diberikan bagi para fresh graduate bisa mencapai Rp10 juta per bulan.

2. BTN

5 BUMN ini Tawarkan Gaji Fantastis bagi Fresh Graduate, Tertarik? Ilustrasi Bank BTN (Dok.Istimewa)

Beberapa perbankan, termasuk Bank Tabungan Negara (BTN) biasanya memiliki program officer development program (ODP) yang ditujukan kepada mahasiswa yang baru lulus atau fresh graduate. Gaji yang ditawarkan kira-kira Rp6 juta - Rp8 juta per bulan. 

3. Bank Mandiri

5 BUMN ini Tawarkan Gaji Fantastis bagi Fresh Graduate, Tertarik? Gedung Bank Mandiri (IDN Times/Besse Fadhilah)

Selain BTN, bank Mandiri juga menjadi salah satu bank yang biasanya membuka efficer development program (ODP) dengan gaji fantastis bagi para fresh graduate. Estimasi gaji yang diberikan yaitu berkisar diangka Rp6 juta per bulan. 

4. Bank Rakyat Indonesia

5 BUMN ini Tawarkan Gaji Fantastis bagi Fresh Graduate, Tertarik? Direktur Utama BRI Sunarso, Direktur Keuangan BRI Viviana Dyah Ayu RK, Direktur Digital & Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo, dan Direktur Manajemen Risiko BRI Agus Sudiarto menghadiri Public Expo Live 2021, Kamis (09/09/2021) . (Tangkapan layar Zoom/Ezri TS)

BRI berada di urutan kedua bank BUMN yang memberikan gaji besar kepada karyawannya. Gaji yang didapatkan bagi karyawan dengan level staff berada diangka Rp4 juta - Rp6 juta per bulan. Sedangkan untuk posisi service quality assurance sebesar Rp19,5 juta.

Kemudian, seorang branch manager bisa mendapatkan gaji sekitar Rp22,8 juta. Lalu, gaji seorang senior manager yakni diangka Rp32,5 juta. Sementara, jajaran direksi mempeoroleh gaji hingga Rp220 juta per bulan.

5. Pertamina

5 BUMN ini Tawarkan Gaji Fantastis bagi Fresh Graduate, Tertarik? Komisaris PT Pertamina (Persero) Condro Kirono dan Direktur Utama Pertamina Patra Niaga (Commercial & Trading) Mas’ud Khamid melakukan peninjauan layanan Pertamina dalam masa Satgas Natal dan Tahun Baru (Naru) di sepanjang Tol Trans Jawa pada Kamis-Jumat (24-25/12/2020). (Dok. Pertamina)

Staf Pertamina biasanya menerima gaji sekitar Rp4 juta - Rp7 juta per bulan. Karyawan di level administrasi sampai engineer, memperoleh gaji diangka Rp19 juta - Rp22 juta per bulan. Sementara, seorang site engineer bisa mendapat gaji Rp30 juta - Rp33 juta per bulan. Kemudian, gaji seorang drilling supervisor mencapai Rp55 juta per bulan.

Sementara itu, estimasi gaji bagi seorang fresh graduate berada dikisaran Rp4 juta - Rp 8 Juta. Namun perlu dicatat, besaran gaji di atas belum termasuk dana pensiun, kendaraan dinas, rumah dinas, tunjangan kesehatan, hingga bonus.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya