Comscore Tracker

5 Jenis Dividen yang Wajib Diketahui Investor Pemula

Dividen merupakan laba atau keuntungan

Jakarta, IDN Times – Dividen merupakan istilah yang erat kaitannya dengan saham dan investasi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dividen diartikan sebagai bagian laba atau pendapatan perusahaan untuk dibagikan kepada para pemegang saham.

Umumnya, dividen dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk uang tunai. Namun, ada juga perusahaan yang membagikan dividen dalam bentuk lainnya.

Dikutip dari Idxchanel, berikut beberapa jenis dividen yang perlu kamu ketahui sebelum mulai berinvestasi.

Baca Juga: 4 Tips Investasi Aset Kripto, Pemula Wajib Simak!  

1. Dividen Tunai/cash divinded

5 Jenis Dividen yang Wajib Diketahui Investor PemulaIlustrasi investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Jenis dividen yang pertama adalah dividen tunai. Dividen tunai merupakan dividen atau keuntungan yang dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk uang tunai. Jenis dividen ini menjadi jenis yang paling banyak digunakan perusahaan.

Kelebihan dari dividen tunai adalah para investor dapat langsung merasakan manfaatnya secara langsung lantaran berbentuk uang tunai.

2. Dividen Saham/stock divinded

5 Jenis Dividen yang Wajib Diketahui Investor Pemula(IDN Times/Arief Rahmat)

Jenis dividen lainnya adalah dividen saham. Dividen jenis ini dibagikan perusahaan kepada para investor dalam bentuk saham sehingga investor dapat menambah jumlah atau nilai sahamnya.

3. Dividen Properti/ property divinded

5 Jenis Dividen yang Wajib Diketahui Investor PemulaUnsplash.com/Tierra Mallorca

Selanjutnya adalah dividen properti. Dividen ini dibagikan dalam bentuk barang atau properti oleh perusahaan kepada para investor atau pemegang saham. Hal ini biasanya dilakukan ketika perusahaan membeli dan menginvestasikan uangnya pada barang atau benda fisik.

Baca Juga: Tips Investasi Reksadana Saham ala Ternak Uang

4. Dividen Likuidasi/ liquidating divinded

5 Jenis Dividen yang Wajib Diketahui Investor Pemulaidntimes.com

Dividen likuidasi adalah keuntungan yang diberikan perusahaan ketika mengalami masa sulit. Dividen likuidasi tidak berasal dari laba perusahaan. Namun, dividen ini dibagikan dengan mengurangi modal dari suatu perusahaan.

Pada umumnya, perusahaan yang membagikan dividen jenis ini adalah perusahaan yang akan menutup perusahaannya atau mengalami kebangkrutan.

5. Dividen Skrip/ skrip divinded

5 Jenis Dividen yang Wajib Diketahui Investor PemulaIlustrasi Obligasi/Surat Berharga. (IDN Times/Aditya Pratama)

Jenis dividen terakhir adalah dividen skrip. Dividen skrip dibagikan kepada investor dalam bentuk surat utang atau surat perjanjian utang. Artinya, perusahaan memiliki utang yang disertai bunga kepada pemilik saham yang seharusnya berhak mendapatkan dividen.

Baca Juga: Tertarik Berinvestasi? Yuk, Kenali Dulu Apa Itu Dividen Menurut Ahli

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya