Comscore Tracker

6 Bansos yang Cair Sebelum Lebaran, Ada BLT Minyak Goreng!

Ada bansos yang totalnya hingga Rp3,5 juta

Jakarta, IDN Times - Pemerintah memutuskan untuk mempercepat pemberian beberapa jenis bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat menjadi sebelum lebaran Idul Fitri. Hal ini dilakukan agar golongan masyarakat penerima bisa membeli dan mempersiapkan kebutuhan hari raya.

Beberapa target golongan penerima bansos yaitu karyawan atau pekerja, pelaku usaha atau usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pelajar (SD-SMA), pedagang kaki lima (PKL) hingga nelayan.

Program bansos ini merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2022 di tengah pandemi COVID-19 dan kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat. Ada beberapa bentuk bantuan yang ditambahkan pemerintah sejak April 2022 seperti BLT minyak goreng hingga BLT untuk pelaku UMKM.

Berikut ini merupakan enam jenis bantuan yang akan diberikan pemerintah menjelang Lebaran Idul Fitri 1443 H.

Baca Juga: BLT Minyak Goreng Rp300 Ribu Boleh Dipakai untuk Kebutuhan Lain

1. Kartu Prakerja

6 Bansos yang Cair Sebelum Lebaran, Ada BLT Minyak Goreng!Ilustrasi Kartu Prakerja (IDN Times/Arief Rahmat)

Program Kartu Prakerja sudah memasuki gelombang 26. Proses pengumuman akan diumumkan dalam waktu dekat untuk mendapatkan bantuan bulan ini. Peserta yang lolos akan mendapat pesan SMS dan email beserta login akun prakerja.go.id.

Penerima Kartu Prakerja nantinya akan mendapatkan mendapatkan total bantuan senilai Rp3,55 juta yang terdiri atas bantuan pelatihan Rp1 juta, insentif setelah pelatihan Rp2,4 juta, dan insentif survei Rp150 ribu.

Terdapat beberapa golongan yang bisa memenuhi syarat penerima Kartu Prakerja di antaranya orang yang sedang mencari pekerjaan (pengangguran), orang yang terkena pemutusan hubungan Kerja (PHK), karyawan, pelaku UMKM, hingga pekerja yang dirumahkan atau tidak menerima gaji.

2. Program keluarga harapan (PKH)

6 Bansos yang Cair Sebelum Lebaran, Ada BLT Minyak Goreng!indonesia.go.id

PKH merupakan program bantuan reguler yang diberikan Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) untuk masyarakat rentan dan kurang mampu. Ada tujuh golongan rentan seperti ibu hamil, anak usia dini, pelajar (SD--SMA), kaum difabel, hingga lansia.

Besaran nominal yang akian diterima ketujuh golongan tersebut berbeda-beda. Program bantuan ini akan cair tiap 3 bulan sekali. Saat ini, penyaluran PKH tahap II dalam proses pencairan untuk jadwal April, Mei, dan Juni.

Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, bisa mengunjungi link cekbansos.kemensos.go.id

Baca Juga: Distribusi BLT Minyak Goreng Ditarget Kelar Sepekan Sebelum Lebaran

3. Bantuan pangan non-tunai (BPNT)

6 Bansos yang Cair Sebelum Lebaran, Ada BLT Minyak Goreng!Ilustrasi pemberian bantuan (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau yang biasa dikenal sebagai bansos sembako, diberikan setiap bulan dengan nominal Rp200 ribu. Menjelang Lebaran, pemerintah akan memberikan sekaligus BPNT untuk April, Mei, dan Juni dengan total Rp600 ribu untuk tiap penerima.

Para KPM BPNT bisa mengecek daftar penerima dengan mengakses link cekbansos.kemensos.go.id. Penerima dapat mencairkan dana BPNT di kantor pos terdekat.

Masyarakat yang bisa menerima BPNT harus memenuhi beberapa syarat seperti Warga Negara Indonesia (WNI), masyarakat rentan dan kurang mampu, bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pejabat negara, bukan TNI atau Polri, dan telah terdaftar sebagai penerima BPNT bansos.

4. BLT minyak goreng

6 Bansos yang Cair Sebelum Lebaran, Ada BLT Minyak Goreng!Warga membeli minyak goreng saat operasi di Pasar Sentral Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (16/3/2022). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Bantuan ini baru diumumkan pemerintah mulai April 2022 dengan besaran Rp100 ribu tiap bulan. Namun, BLT minyak goreng yang akan cair sebelum Lebaran bernilai Rp300 ribu untuk tiga bulan berturut-turut, yaitu April, Mei, dan Juni.

Ada tiga syarat penerima BLT minyak goreng yang ditentukan Presiden Jokowi, yaitu para penerima BPNT, penerima PKH, dan Pedagang Kaki Lima (PKL) khususnya pedagang gorengan.

Baca Juga: Bansos BPNT Desember Cair, Begini Cara Cek Penerimanya

5. Bantuan tunai pedagang kaki lima, warung, dan nelayan (BPTKLWN)

6 Bansos yang Cair Sebelum Lebaran, Ada BLT Minyak Goreng!Warung Pecel Ayam dan Lele. (IDN Times/Sunariyah)

Bantuan ini menyasar PKL, UMKM berbentuk warung kecil, dan nelayan sebagai targetnya. Besaran nominal yang akan diberikan yaitu Rp600 ribu. Nantinya bantuan ini akan diberikan dalam bentuk tunai oleh TNI dan Polri.

6. BLT dana desa

6 Bansos yang Cair Sebelum Lebaran, Ada BLT Minyak Goreng!(Ilustrasi desa) ANTARA FOTO/Jojon

Bantuan Dana Desa merupakan bantuan dibawah naungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. BLT Dana Desa yang akan cair sebesar RP300 ribu per bulan.

Sekitar 40 persen dari BLT ini akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan sisa 60 persennya dianggarkan untuk pemberdayaan desa tersebut.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya