Comscore Tracker

Daftar Pengusaha Muslim Terkaya di Dunia, Peringkat 4 dari Indonesia!

Bisa menginspirasi pengusaha muslim lainnya nih

Jakarta, IDN Times – Di antara banyaknya jajaran nama pengusaha yang masuk ke dalam daftar orang terkaya dunia versi Forbes, ternyata terselip beberapa nama pengusaha muslim paling kaya. Forbes mencatat setidaknya ada 22 miliarder asal timur tengah yang masuk ke dalam daftar pengusaha muslim paling kaya.

Penasaran siapa saja nama-nama yang masuk dalam daftar tersebut? Simak daftarnya di bawah ini.

Baca Juga: 10 Orang Terkaya di Dunia dan Sumber Kekayaannya!

1. Aliko Dangote

Daftar Pengusaha Muslim Terkaya di Dunia, Peringkat 4 dari Indonesia!Aliko Dangote (Dok.Forbes)

Aliko Dangote menjadi pengusaha muslim terkaya di dunia. Pria berkebangsaan Nigeria ini merupakan CEO dari Dangote Group, perusahaan yang bergerak di bidang industri semen, pemrosesan makanan, pupuk, bahkan kilang minyak.

Salah satu sumber kekayaan terbesarnya, berasal dari Dangote Cement yang menjadi perusahaan semen terbesar di Afrika. Bisnis ini berhasil menguasai pasar hingga mencapai 85 persen dengan total produksi 48,6 juta ton semen per tahun.

Mengutip Forbes Real-Time Billionaires, kekayaan Aliko per Rabu (21/9/2022) sebesar 12,2 miliar dolar AS atau setara Rp183 triliun (kurs Rp15.010). Ia juga berada di peringkat 146 orang terkaya dunia.

Baca Juga: Mengenal Mansa Musa, Orang Terkaya Sepanjang Sejarah Umat Manusia

2. Shahid Khan

Daftar Pengusaha Muslim Terkaya di Dunia, Peringkat 4 dari Indonesia!Shahid Khan (Dok.Forbes)

Shahid Khan merupakan pengusaha muslim yang memiliki kekayaan sebesar 11,3 miliar dolar AS atau setara Rp169 triliun. Peringkatnya sebagai orang terkaya dunia bahkan naik dari 313 ke 163 per Rabu (21/9).

Pengusaha keturunan Amerika-Pakistan ini merupakan insinyur yang kini memiliki pabrik bumper truk dengan total pekerja sebanyak 26 ribu orang. Ia juga memiliki klub American Football, Jacksonville Jaguars NFL yang dibeli pada 2012 lalu. Setahun setelahnya, ia kembali kembali sebuah klub Liga Inggris, Fulham F.C.

3. Azim Premji

Daftar Pengusaha Muslim Terkaya di Dunia, Peringkat 4 dari Indonesia!Azim Premji (Dok.Forbes)

Pengusaha muslim asal Gujarat, India ini merupakan pendiri perusahaan software Wipro. Perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan software terbesar di India bahkan memiliki innovation centre di Silicon Valley dan fokus pada pengembangan teknologi baru.

Kekayaan pria yang pernah menjadi mahasiswa drop out dari Stanford University ini ditaksir mencapai 9,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp138 triliun. Ia juga berhasil menduduki peringkat orang terkaya ke 207 dunia.

Baca Juga: 10 Anak Muda Terkaya di Dunia, Ada yang Masih 19 Tahun lho!

4. Chairul Tanjung

Daftar Pengusaha Muslim Terkaya di Dunia, Peringkat 4 dari Indonesia!Chairul Tanjung (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Pria yang akrab dengan julukan “Anak Singkong” ini menjadi salah satu pengusaha muslim terkaya dunia. Kekayaan yang dimilikinya diperkirakan hingga 5,6 miliar dolar AS atau sebesar Rp84 triliun. Saat ini, ia menjadi orang terkaya ke-447 di dunia. Peringkatnya turun cukup jauh dari yang sebelumnya di posisi ke-263.

Sumber kekayaannya berasal dari holding company yang dipimpinnya, yakni CT Corp. Perusahaan induk tersebut menaungi berbagai macam jenis usaha mulai dari keuangan, media, ritel, perhotelan, properti, makanan dan minuman, hingga fesyen.

5. Abdulsamad Rabiu

Daftar Pengusaha Muslim Terkaya di Dunia, Peringkat 4 dari Indonesia!Abdulsamad Rabiu (Dok.Forbes)

Kekayaan yang dimiliki muslim Nigeria ini menyentuh angka 5 miliar dolar AS atau sekitar Rp75 triliun. Abdulsamad Rabiu merupakan pendiri BUA Group Abdulsamad Rabiu, bisnis yang bergerak di bidang pemurnian gula, produksi, semen, hingga real estate.

Pria yang kini berada di peringkat 505 orang terkaya dunia, pada Januari 2022 lalu menguasai perusahaan semen Cement Co of Northern Nigeria setelah dileburkan dengan perusahaan semen miliknya yakni Obu Cement Company.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya