Comscore Tracker

Bursa Sekuritas: Pengertian, Tips dan Pengawasnya

Apa itu bursa sekuritas?

Apakah kamu ingin berinvestasi melalui jual beli saham? Jika tertarik, mungkin kamu akan mencari bagaimana cara mengakses bursa saham yang mudah dan aman. 

Jawabannya adalah bursa sekuritas. Bursa sekuritas sendiri ialah kegiatan jual beli yang dilakukan melalui perusahaan sekuritas. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam lamannya menerangkan bahwa perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang telah mendapat izin untuk dapat melakukan aktivitas sebagai pihak perantara pedagang efek. Kegiatannya sebagai penjamin emisi efek harus sesuai dengan ketentuan dan peraturan pengawas pasar modal.

Baca Juga: 5 Perusahaan Sekuritas yang Bisa Menjadi Pilihan Investasi 

1. Jenis dan pelaku perusahaan sekuritas

Bursa Sekuritas: Pengertian, Tips dan Pengawasnyailustrasi Bursa Efek Indonesia (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Kini, terdapat dua jenis perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia, yaitu lokal dan asing. Perusahaan sekuritas lokal adalah perusahaan yang dimiliki oleh warga negara Indonesia, sedangkan perusahaan asing lebih didominasi oleh modal asing. 

Kondisi saat ini menunjukkan bahwa masyarakat cenderung memilih bertransaksi di perusahaan sekuritas asing. Mengapa? Argumentasi yang muncul ialah besaran nilai investasi yang lebih bagus dan berbagai fasilitas lain yang lebih baik dibanding perusahaan lokal. 

Investasi pada bursa sekuritas mengutamakan keamanan dan tersedianya fasilitas analisis yang mendalam mengenai objek pasar modal. Investor tidak dengan mudah mengeluarkan dananya ketika masa depan objek investasi tidak teranalisis dengan baik. 

Selain itu perusahaan konvensional, juga terdapat sekuritas syariah. Perusahaan sekuritas berbasis syariah hadir tengah berkembang mengikuti trend minat pasar masyarakat muslim yang lebih mengedepankan konsep islami sesuai syariah.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Perusahaan Sekuritas yang Baik untuk Investasi

2. Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan investasi sekuritas

Bursa Sekuritas: Pengertian, Tips dan Pengawasnyahttps://unsplash.com/@f7photo

Selain jenis perusahaan sekuritas pada bursa, terdapat beberapa pihak yang juga terlibat dalam kegiatan investasi sekuritas. 

Pialang
Merupakan organisasi yang membeli dan menjual portofolio investasi melalui transaksi efek pada investor. 

Dealer
Merupakan perantara yang beraktivitas membeli dan menjual efek miliknya sendiri dengan harapan akan menarik minat investor potensial. 

Broker 
Merupakan organisasi yang menggabungkan pialang dan dealer. Broker adalah perantara layanan sekuritas yang menyediakan fasilitas analisis dan rekomendasi transaksi saham baik pada individu maupun perusahaan. 

Baca Juga: Daftar 10 Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia, Mana Pilihanmu?

3. Jenis-jenis perdagangan pada sekuritas

Bursa Sekuritas: Pengertian, Tips dan Pengawasnyahttps://unsplash.com/@sctgrhm

Ekuitas
Yaitu bukti dan bentuk kepemilikan yang dimiliki oleh pemilik saham pada entitas tertentu. Wujud saham yang diperdagangkan dapat berupa saham preferen maupun saham biasa. 

Utang
Sekuritas utang merupakan bentuk kepemilikan atas surat berharga berupa surat utang yang berjangka waktu tertentu. Jual beli ini memiliki tempo pembayaran yang disebutkan di dalamnya. 

4. Kegiatan usaha perusahaan sekuritas

Bursa Sekuritas: Pengertian, Tips dan Pengawasnyahttps://pixabay.com/id/users/geralt-9301/

Secara umum terdapat dua aktivitas usaha perusahaan sekuritas dalam keberlangsungan pasar modal. Aktivitas tersebut adalah sebagai penjamin emisi efek dan perantara perdagangan efek. 

Penjamin Emisi Efek
Sebagai penjamin efek, perusahaan sekuritas bertanggung jawab penuh untuk membantu klien atau calon emiten dalam aktivitas penawaran umum saham. Penawaran ini dikenal dengan istilah Initial Public Offering (IPO). Kewajiban lain yang dilakukan sesuai kesepakatan ialah pembelian sisa efek yang tidak terjual di bursa efek. 

Perantara Perdagangan Efek
Sebagai perantara, perusahaan sekuritas berperan layaknya broker dealer. Peran tersebut mewajibkan perusahaan melakukan aktivitas jual beli surat berharga atau saham baik untuk kepentingan sendiri maupun klien. Aktivitas ini dapat dilakukan di bursa efek Indonesia (BEI) atau diluar BEI. 

5. Pengawas sekuritas

Bursa Sekuritas: Pengertian, Tips dan Pengawasnyahttps://pixabay.com/id/users/firmbee-663163/

Sebagai perantara dalam proses jual beli di pasar modal, aktivitas perusahaan sekuritas pada bursa sekuritas diawasi oleh Badan Pengawas. Di Indonesia terdapat Badan Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (disingkat Bapepam-LK) yang didirikan dalam naungan kementerian keuangan Republik Indonesia. 

Pada 2011, setelah berlakunnya Undang-Undang No. 21, maka Bapepam-LK bertransformasi menjadi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tugas utama badan pengawas ialah mengikuti, mengawasi,  dan melakukan pembinaan pada para pelaku sekuritas. Selain itu juga melakukan standarisasi teknis pada lembaga keuangan. 

Negara dengan perputaran nilai saham besar seperti Amerika juga memiliki badan pengawas tersendiri, yaitu United States Securities and Exchange Commission (disingkat SEC) atau komisi sekuritas dan bursa Amerika Serikat. Kewajiban utamanya yaitu mengawasi berjalannya pasar modal di Amerika sesuai peraturan yang berlaku dan pasar bursa efek.

6. Tips memilih sekuritas

Bursa Sekuritas: Pengertian, Tips dan PengawasnyaIlustrasi investasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Memilih berinvestasi di bursa saham dengan nilai tertentu membuat kita harus cerdas. Berikut beberapa tips yang dapat kamu cermati. 

Terdaftar di OJK
Agar kita tenang dalam bertransaksi, pastikan sekuritas yang ada akan pilih terdaftar pada OJK. Dengan begitu akan mengikuti aturan-aturan yang ada dan dijamin oleh pemerintah. 

Kemudahan Transaksi
Dengan perkembangan dunia teknologi saat ini, maka sudah menjadi kewajiban bahwa kita dapat bertransaksi dengan mudah. Oleh karena itu kebanyakan telah melakukan jual beli secara online dan tersistem. 

Fasilitas Yang Diberikan
Fasilitas utama yaitu riset analis saham yang dibutuhkan untuk memutuskan kemana kita akan berinvestasi dan menguntungkan. 

Fee
Faktor bonus dan potongan dalam menggunakan jasa sekuritas juga penting untuk memaksimalkan margin profit yang bisa diperoleh

Customer Service
Bagi pemula, untuk mempelajari investasi lebih lengkap perlu untuk mengetahui bagaimana layanan customer service yang diberikan

Itulah pengertian dari bursa sekuritas dan lainnya yang termasuk di dalam bursa sekuritas. Sebelum kamu melakukan investasi ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal di atas agar tidak mengalami kerugian besar.

Topic:

  • Kiki Amalia
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya