Comscore Tracker

Pendapatan Bunga: Pengertian, Karakteristik, dan Sumbernya

Makin rajin menabung, pendapatan bunga makin besar juga

Dalam kegiatan bisnis tentu tidak terlepas dari yang namanya peranan bank dalam pengaturan keuangannya. Ketika perusahaan menyimpan uangnya di bank, maka bank akan mendapatkan keuntungan yang disebut dengan pendapatan bunga.

Sebagai pebisnis perlu memahami mengenai pendapatan bunga dan apa saja pengaruhnya terhadap keuangan bisnisnya. Salah satu pengaruhnya adalah pengendalian arus kas perusahaan. Yuk, simak rangkumannya berikut ini.

1. Pengertian pendapatan bunga

Pendapatan Bunga: Pengertian, Karakteristik, dan SumbernyaPexels.com/rawpixel.com

Melansir Accounting Coach, pendapatan bunga atau interest earned adalah jumlah dana yang diperoleh oleh perusahaan dari rekening bank berbunga atau investasi lainnya. Jika diperoleh dari kegiatan investasi, maka pendapatan bunga modal menjadi suatu timbal balik kepada perusahaan (investor) dalam kontribusinya pada pengelolaan investasi yang dilakukannya.

Dengan kata lain, pendapatan bunga merupakan pendapatan yang diperoleh dari suatu lembaga keuangan atau bank di mana pendapatan tersebut diperoleh dari hasil jasa penyimpanan yang dikenal sebagai bunga.

Dana tersebut harus dilaporkan sebagai pendapatan bunga atau pendapatan investasi dalam periode akuntansi di mana bunga diperoleh.

Bagi bank, bunga juga sudah menjadi keuntungan yang perlu dibayarkan sebagai uang jasa dari nasabah yang meminjam uang di bank. Bunga tersebut biasanya akan dikenakan pajak sesuai tarif pajak biasa.

Baca Juga: 7 Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli, Beserta Fungsinya

2. Karakteristik pendapatan bunga

Pendapatan Bunga: Pengertian, Karakteristik, dan Sumbernyailustrasi rekening koran (freepik.com/katemangostar)

Dalam pengendalian arus kas perusahaan, pendapatan bunga memiliki beberapa karakteristik yaitu

  • bersifat jangka pendek dan fluktuatif;
  • memiliki biaya dana yang terbilang murah;
  • hanya bisa dipakai untuk jangka pendek; dan
  • memiliki proses administrasi yang rumit.

Di zaman sekarang, kegiatan penyimpanan atau peminjaman uang di bank memang sudah tidak asing lagi dalam dunia bisnis. 

Perusahaan yang meminjam uang di bank biasanya membutuhkan uang tersebut sebagai utang jangka panjang yang dipakai untuk mengembangkan bisnis. Dari sinilah bank memperoleh keuntungan dari beban yang wajib dibayar oleh para nasabahnya.

3. Sumber pendapatan bunga

Pendapatan Bunga: Pengertian, Karakteristik, dan Sumbernyaunsplash.com/Helloquence

Adanya pendapatan bunga ini diperoleh dari beberapa sumber. Adapun sumber pendapatan bunga, yaitu:

  • Apabila entitas mencatat bunga yang didapat memakai basis kas akuntasi, maka jumlah pendapatan bunga yang didapat akan disesuaikan pada jumlah uang tunai yang diterima;
  • Apabila didasarkan pada akuntasi akrual, maka jumlah pendapatan bunga yang tercatat tidak disesuaikan dengan uang yang diterima;
  • Sumber pendapatan bunga dapat didasarkan pada pencatatan bunga yang didapat selama penerimaan sesuai dengan jumlah uang tunai yang terkait tersebut guna memperkirakan jumlah pembayaran yang wajar.

4. Pendapatan bunga dari bank

Pendapatan Bunga: Pengertian, Karakteristik, dan Sumbernyailustrasi pinjaman (usnews.com)

Contoh yang sederhana mengenai pendapatan bunga dari bank yaitu, ketika nasabah atau seseorang menyetorkan sejumlah uang ke rekening tabungan dan tidak melakukan transaksi pada uang tersebut selama beberapa bulan atau tahun. Uang yang ditabung tersebut akan digunakan oleh bank untuk meminjamkan uang kepada peminjam.

Dengan demikian, bank akan memperoleh bunga dari peminjam, namun juga akan membayar bunga kepada pemegang rekening simpanan.

Di setiap akhir bulan, laporan rekening akan memperlihatkan bunga yang dibayarkan bank untuk meminjam uang nasabah atau pemegang rekening. Perlu diketahui jika bank memakai sistem perbankan fraksional, maka hanya sebagian dari rekening simpanan nasabah yang bisa dipakai oleh bank dan dijadikan sebagai dana pinjaman.

Oleh karena itu, bank wajib mempertahankan pada tingkat tertentu cadangan dana rekening simpanan. Cadangan tersebut tidak bisa secara legal untuk meminjamkan semua dana atau uang yang sudah disimpan oleh nasabah lainnya.

Demikian rangkuman tentang pendapatan bunga yang diperoleh dari bank. Pendapatan bunga bisa menjadi modal atau pemasukan tambahan untuk menjalankan bisnis.

Baca Juga: Pendapatan Bersih: Pengertian, Fungsi, dan Cara Hitungnya

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya