Comscore Tracker

Southland Darling, Daging Sapi Premium Australia Kini Ada di Indonesia

Daging sapi muda bebas pengawet dan tambahan hormon

Jakarta, IDN Times - PT Global Pratama Wijaya (GPW) ini meluncurkan produk barunya yang merupakan daging sapi premium bernama "Southland Darling" di Aurum Room, Pullman Hotel, Thamrin, Jakarta, Kamis (17/10) siang dalam acara "Southland Darling, Australia's Quality Sustainable Beef Produce" .

GPW memperkenalkan varian produk daging barunya sebagai daging sapi premium jenis Holstein yang bebas antibiotik, bebas pengawet, bebas tambahan hormon pertumbuhan, dan bebas modifikasi genetika. Produk ini diklaim tidak hanya mengedepankan kualitas rasa tapi juga menjadi pilihan daging sapi premium yang aman dan sehat untuk masyarakat Indonesia.

Dalam acara peluncuran produk daging Southland Darling, turut hadir beberapa narasumber antara lain tim Agrigate Australia, yang merupakan pengelola peternakan di mana hewan ternak tersebut dikelola. Ada pula Master Butcher dari Meat livestock Australia, David Carew yang memberikan demo pemotongan daging komersial dari produk unggulan mereka.

Di penghujung acara, para tamu juga diberikan kesempatan untuk mencicipi kenikmatan daging premium berlabel Southland Darling.

1. Daging sapi Holstein yang digunakan dari umur yang masih muda

Southland Darling, Daging Sapi Premium Australia Kini Ada di IndonesiaIDN Times/Lazuardi Putra

Direktur pengelola PT Global Pratama Wijaya, Johana Koswara, menyampaikan varian daging yang akan segera diluncurkan ini berbeda pada daging pada umumnya. Pertama, daging ini diperoleh dari bangsa sapi Holstein yang merupakan jenis sapi perah. Namun, peternak Southland Darling ini membuat sapi Holstein menjadi ternak sapi potong dengan keunggulan memiliki kualitas yearling grade, daging sapi muda yang terjamin mutu dan keempukannya. 

Daging sapi Holstein sendiri sudah populer di benua Amerika dan Eropa sebagai sapi berkualitas tinggi yang cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil serta menyusui, dan masyarakat umum. Daging jenis ini bagus untuk menghindari malnutrisi dan anemia.

"Kita hanya menggunakan sapi Holstein yang masih muda, sekitar 6 bulanan. Tentunya setelah masa sapih dari indukan sudah selesai. Masalahnya, di Indonesia pada umumnya bangsa sapi ini kan baru diproses menjadi pedaging saat masa laktasi sudah berakhir, jadi ya sudah keras," jelas Johana kepada awak media.

2. Praktik Ternak yang sustainable, lebih ramah lingkungan

Southland Darling, Daging Sapi Premium Australia Kini Ada di IndonesiaIDN Times/Lazuardi Putra

Selain aspek kesehatan dan keamanan pangan, keunggulan lain yang dihadirkan daging sapi premium Holstein Southland Darling adalah semangat lingkungan dan sosial. GPW menciptakan sebuah produk yang berkelanjutan pada lingkungan sekitar.

Direktur marketing GPW, Dian pramita, menambahkan bahwa produk Southland Darling ini memiliki emisi karbon yang lebih rendah dibandingkan jenis sapi lainnya. Karena umurnya yang relatif muda, sapi jenis Holstein memiliki jangka waktu pemberian pakan yang lebih singkat dibanding jenis sapi Wagyu atau Angus.

"Daging sapi Holstein Southland Darling mengusung semangat for the planet, for Farmers, and for you. Jadi selain amat dan sehat untuk anda, kami juga menerapkan praktik peternakan yang sustainable, efisien, dan ekonomis," jelasnya.

Baca Juga: Pertumbuhan Pesat, Mentan Sebut Indonesia Akan Kuasai Pasar Sapi Asia

3. Pertama di Indonesia, melebarkan sayap market daging premium

Southland Darling, Daging Sapi Premium Australia Kini Ada di IndonesiaIDN Times/Lazuardi Putra

Johana menyampaikan bahwa GPW sudah mengimpor daging premium beberapa tahun belakangan ini. Namun, untuk jenis daging sapi premium Holstein Southland Darling merupakan yang pertama bagi GPW. Dia menyampaikan target pasar yang dibidik tetap pada pasar premium, mulai dari toko ritel premium hingga hotel dan restoran berbintang.

"Konsumen di Indonesia mungkin kerap lebih tau daging premium berasal dari Amerika, sekarang adanya produk baru dari Australia. Saya menyebutnya ini adalah tantangan bagi kami yang memiliki produk baru untuk memperkenalkan produk kami dan mampu bersaing pada daging premium yang sudah ada di pasaran sebelumnya," ujar Johana.

4. Varian produk daging sapi premium Holstein Southland Darling

Southland Darling, Daging Sapi Premium Australia Kini Ada di IndonesiaIDN Times/Lazuardi Putra

Daging sapi ini akan hadir dengan beberapa varian atau produk komersial di Indonesia. Salah satunya adalah beef mince balance mix, yang merupakan daging cincang yang bisa disesuaikan komposisi antara lean meat dan lemaknya (custom). Sehingga, cocok untuk konsumen yang sedang berdiet ataupun yang sedang menambah massa otot.

Daging potongan premium ini juga dapat ditemukan di beberapa toko ritel seperti supermarket rekanan, restoran, kafe, dan hotel di beberapa kota besar di Indonesia.

5. Mulai dari demo pengolahan daging hingga food tasting olahan daging

Southland Darling, Daging Sapi Premium Australia Kini Ada di IndonesiaIDN Times/Lazuardi Putra

Dalam acara peluncuran daging premium Holstein Southland Darling ini, hadir pula ahli pengolahan daging sapi dari Agrigate Australia, Manu Sridhar. Ia menjelaskan pengelolaan hewan ternak di Australia. Selain itu, Master Butcher dari Meat Livestock Australia, David Carew juga ambil bagian dalam memperkenalkan jenis daging holstein. Ia juga menjelaskan masing-masing bagian dari daging dan cara pengolahan yang benar sehingga diperoleh rasa dan tekstur yang optimal bagi konsumen.

Para tamu undangan yang hadir saat itu juga dapat langsung mencicipi rasa khas steak daging premium yang sangat empuk dan juicy. Beberapa sajian olahan dari daging premium karya Chef Ivan pun tak terlewatkan untuk dicicipi. Terdapat 4 sajian yang berbeda dengan kandungan nutrisi yang berbeda pula. 

Baca Juga: 5 Cara Membedakan Daging Sapi, Babi, dan Ayam biar Gak Salah Pilih

Topic:

  • Lazuardi Putra
  • Anata Siregar
  • Sunariyah

Just For You