Comscore Tracker

Shopee 9.9 Bukukan 5,8 Juta Transaksi dalam Waktu 24 Jam

Server Shopee sempat down

Jakarta, IDN Times - Shopee 9.9 Super Shopping Day yang sudah berlangsung selama 14 hari resmi berakhir pada 9 September lalu. Kampanye yang berlangsung di 7 negara tersebut tahun ini mencatat rekor penjualan terbaik di bandingkan tahun-tahun sebelumnya, yaitu lebih dari 5,8 juta transaksi dalam waktu 24 jam dan terjadi peningkatan total transaksi sampai 300 persen dibandingkan hari biasa. 

Menariknya, hampir separuh dari performa penjualan tersebut dikontribusi oleh Indonesia. 

"Kita mencatat lebih dari 40 persen pencapaian dikontribusi oleh Indonesia, tentu saja dikontribusi oleh partner, seller dan buyer kita," ujar Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja. Wow! 

1. Produk kecantikan jadi kategori terfavorit

Shopee 9.9 Bukukan 5,8 Juta Transaksi dalam Waktu 24 JamUnsplash/Antonin FELS

Dari berbagai kategori produk yang tersedia, pembeli lebih banyak berbelanja produk kecantikan. Disusul dengan perlengkapan rumah, handphone dan aksesoris. 

Salah satu produk kecantikan yang digemari adalah masker. "Masker wajah yang terjual jumlahnya bisa untuk melembabkan wajah selama 500 tahun, sebanyak itu," ujar Handhika. 

2. Saking banyak penggunanya, server Shopee sempat down

Shopee 9.9 Bukukan 5,8 Juta Transaksi dalam Waktu 24 JamIDN Times/Lucia Vania

Dalam festival kali ini, pengunjung tak hanya ditawarkan diskon besar-besaran dalam Super Flash Sale, tetapi juga ada Super Goyang Shopee dan Super Brand Festival. 

Handhika menuturkan, antusiasme pengguna ternyata melebihi ekspektasi, bahkan sempat membikin server Shopee 'menyerah'. 

"Secara teori kita udah persiapin sistem-sistemnya, tapi secara practical ini pertama kalinya kita lakuin 7 negara berbarengan sekaligus dengan volume seperti ini. Ditambah ada fitur goyang, memastikan orang menggoyang bersamaan, ada juga flash sale, semua orang belinya bersamaan, di akhir hari kita ada puncaknya di acara TV, goyang tiap 30 menit, di situ jadinya ada sedikit gangguan dan kita usahakan untuk langsung selesaikan itu," paparnya. 

 

Baca Juga: Banjir Promo Belasan E-Commerce di Festival 9.9 Super Shopping Day

3. Kejutan berlanjut sampai akhir tahun

Shopee 9.9 Bukukan 5,8 Juta Transaksi dalam Waktu 24 JamIDN Times/Lucia Vania

Meski festival belanja online ini sudah berakhir, ternyata masih ada kejutan yang akan dipersiapkan Shopee, yaitu promosi besar-besaran dari bulan ini sampai akhir tahun. 

"Kalau bisa dibilang waktu bernapasnya akan sedikit karena kita akan push banyak sekali setiap bulannya, bisa merupakan gabungan dengan e-commerce lain atau kita push sendiri," pungkas Handhika.

Baca Juga: Shopee Gandeng Banyak Artis Indonesia untuk 9.9 Super Shopping Day!

Line IDN Times

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You