Comscore Tracker

Tak Banyak Orang Tahu, Begini Millennials Melihat Uang

Mana yang kamu banget?

Jakarta, IDN Times - Banyak orang, terutama pegiat keuangan, sangat penasaran dan berusaha mengetahui seperti apa sih generasi zaman now atau millennials itu. Jika dilihat dari segi usia, generasi millennial yang lahir tahun 1984-2000 termasuk ke dalam rentang umur yang produktif, bisa bekerja dan mandiri secara finansial.

Di sisi lain, millennial juga dikenal memiliki gaya hidup yang konsumtif, apalagi untuk travelling dan nongkrong di kafe. Namun, ada anggapan salah kaprah di masyarakat yang menyebut generasi ini tidak peduli dengan masalah uang.

Ya, anggapan itu tak sepenuhnya benar karena sebenarnya mereka peduli terhadap masalah keuangan, lho.

Berikut ini lima cara yang dilakukan millennial untuk mengelola keuangannya, menurut berbagai studi, dan dikutip dari situs Pocketsense.com:

1. Punya tabungan darurat

Tak Banyak Orang Tahu, Begini Millennials Melihat UangPixabay/stevepb

Hasil studi yang dilakukan oleh perusahaan jasa keuangan Fidelity menemukan bahwa rata-rata millennial memiliki akun tabungan darurat yang lebih baik dari generasi X dan Baby Boomers. Meski secara persentase jumlah millennial yang memiliki tabungan darurat lebih sedikit (59 persen) dari generasi X (76 persen) dan Baby Boomers  (68 persen), namun tabungan millennial punya nilai yang lebih besar dan mampu menutup pengeluaran hingga enam setengah bulan ke depan.

2. Berinvestasi, meski bukan investor

Tak Banyak Orang Tahu, Begini Millennials Melihat UangIlustrasi investasi (Pixabay)

Fidelity juga mendapati fakta, sebanyak 63 persen millennial memiliki akun investasi dalam beberapa jenis, tetapi hanya 9 persen di antaranya yang benar-benar menjadi investor aktif. Sementara 44 persen tergolong sebagai pembelanja, dan 46 persen sebagai penabung. Jadi, investasi tidak dilihat sebagai sumber penghasilan, melainkan hanya sebagai tabungan.

3. Praktis dengan mengandalkan aplikasi

Tak Banyak Orang Tahu, Begini Millennials Melihat Uangpexels.com/MOHISYED

Generasi millennial sangat lekat dengan teknologi, salah satunya adalah smartphone. Smartphone menawarkan kemudahan melalui aplikasi-aplikasi yang disediakan. Aplikasi keuangan juga termasuk di dalamnya. Masih menurut studi yang sama, generasi millennial banyak menggunakan aplikasi untuk memeriksa rekening bank dan kartu kredit, membayar tagihan, sampai akun tabungan pensiun.

4. Menerapkan konsep 'sharing'

Tak Banyak Orang Tahu, Begini Millennials Melihat UangIlustrasi investasi rumah (Pixabay/Free-Photos)

Goldman Sachs mengatakan, generasi millennial saat ini tidak terlalu mengutamakan untuk membeli properti atau kendaraan sendiri, melainkan lebih tertarik untuk memiliki tanpa mempunyai.

Itulah mengapa, saat ini bermunculan perusahaan dengan konsep 'sharing' tersebut, misalnya untuk transportasi dan bisnis penginapan.

Baca Juga: Puluhan Millennials dari Asia Tenggara Observasi Kali Ciliwung

5. Mencicil dengan kartu kredit

Tak Banyak Orang Tahu, Begini Millennials Melihat Uangpexels.com/Negative Space

Survei yang dilakukan oleh perusahaan multinasional PricewaterhouseCoopers (PwC) menemukan bahwa 41 persen millennial merasa sulit untuk memenuhi pengeluaran rumah tangga bulanan mereka karena upah yang rendah dan pertumbuhan ekonomi yang lambat. Oleh karena itu, 45 persen dari mereka terpaksa menggunakan kartu kredit untuk melakukan beberapa pembelian apabila nominalnya cukup besar.

Baca Juga: Ingin Kaya Saat Muda, Nih Tips Investasi untuk Millennials

Line IDN Times

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You