Comscore Tracker

Krisis Global, Kadin Dorong Indonesia Perkuat UMKM

Arsjad Rasjid jadi pembicara di IMGS 2022 by IDN Times

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Kamar Dagang Dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid menyebut kunci Indonesia bisa lolos dari krisis global saat ini adalah penguatan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Arsjid berpendapat, semangat gotong royong mesti dilakukan perusahaan-perusahaan besar untuk terus bekerjasama mendorong penguatan UMKM. 

"Disinilah (ada) nilai yang dipegang Indonesia, gotong royong. Yaitu, benar-benar bekerja sama untuk melakukan hal ini. Jika kita bisa melakukan hal ini--di tahun 1998, ketika semua (perusahaan) kolaps, apa yang terjadi? UMKM mampu bertahan dan naik," kata Arsjad di acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022, Jumat (30/9/2022).

Arsjad mengaku optimistis, dengan bekerjasama Indonesia takkan terjerumus dalam jurang resesi ekonomi seperti yang terjadi pada negara-negara lain.

"Anda tahu, tingkat inflasi di Turki lebih dari 60 persen. Kita bicara tingkat inflasi di AS, sekarang ini, sekitar 8 persen. Kita (Indonesia) tidak seburuk itu. Yang penting sekarang ini, bagaimana kita memperkuat ekonomi domestik kita," kata dia.

Arsjad yakin, jika bekerja sama dengan baik dipastikan ekonomi Indonesia akan terus berjalan. "Ekonomi domestik yang kuat, kita (Indonesia) bisa keluar dari resesi ini," kata dia.

Arsjad Rasjid dalam sesi bertajuk Innovation Driven Business: Stronger Beyond Pandemic di panggung Visionary Leaders IMGS 2022 dan memaparkan isu-isu soal demokrasi di Indonesia pada ratusan audiens yang hadir pada hari ini.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Arsjad Rasjid, dari Pengusaha hingga Aktif di Organisasi

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya