Comscore Tracker

Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja di Situs Prakerja.go.id

Ada tahapan tes motivasi dan kemampuan dasar

Jakarta, IDN Times - Pendaftaran Kartu Prakerja resmi dibuka oleh pemerintah pada Sabtu (11/4). Peserta dapat mendaftar secara online lewat laman resmi www.prakerja.go.id.

Calon peserta dapat menghubungi nomor layanan masyarakat Kartu Prakerja ke nomor 021-25541246 di jam operasional mulai Senin hingga Jumat setiap pukul 08.00-19.00 WIB. Berikut 3 langkah mudah untuk mendaftarkan diri agar memiliki akun Kartu Prakerja.

1. Buat akun prakerja

Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja di Situs Prakerja.go.idIlustrasi Kartu Pra Kerja. (IDN Times/Arief Rahmat)

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mendaftarkan diri agar memiliki Kartu Prakerja adalah dengan masuk ke laman www.prakerja.go.id dan memilih menu 'Daftar Sekarang'. Setelah memasuki laman tersebut, calon peserta diminta untuk memasukkan data diri seperti nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi.

Setelah itu perlu dilakukan konfirmasi lewat email sesuai dengan yang telah didaftarkan. Begitu konfirmasi berhasil dilakukan lewat email, calon peserta dapat kembali ke laman Kartu Prakerja dan mengikuti tahapan selanjutnya.

Baca Juga: Ratusan Buruh di Depok Kena PHK, Disnaker Tawarkan Kartu Pra Kerja

2. Isi data diri

Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja di Situs Prakerja.go.idBCA X IDN times

Pengisian data diri menjadi tahapan lanjutan. Peserta dapat masuk ke akun Prakerja masing-masing dengan menggunakan alamat email dan kata sandi yang telah didaftarkan. Kemudia, peserta memasukkan nomor KTP dan tanggal lahir untuk dapat melanjutkan tahapan.

Data diri perlu diisi secara lengkap. Mulai dari nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan juga foto selfie dengan KTP. Setelahnya, peserta harus memasukkan nomor telepon dan kode OTP yang akan dikirimkan melalui SMS.

3. Mengikuti tes

Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja di Situs Prakerja.go.idIlustrasi Pekerja BNI (Dok. Istimewa)

Setelah pengisian data diri, tahapan selanjutnya adalah tes motivasi dan kemampuan dasar. Tes ini disebut akan berlangsung selama 15 menit. Peserta dipersilakan mempersiapkan alat tulis dan kertas jika dirasa perlu.

Setelah menyelesaikan tes, peserta akan diminta menunggu hingga ada email baru pemberitahuan dari Kartu Prakerja. Begitu pemberitahuan diterima via email, peserta dapat kembali ke laman dan bergabung ke gelombang pendaftaran.

Setelah melewati tahapan ini, peserta dipastikan sudah memiliki akun Kartu Prakerja.

Baca Juga: Pendaftaran Program Kartu Pra Kerja Resmi Dibuka, Simak Ketentuannya!

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya