Comscore Tracker

7 Kebiasaan Buruk Millennials yang Bikin Gaji Gak Cukup Sampai Sebulan

Hati-hati terlibat hutang!

Uang memang bukan segalanya, tapi zaman sekarang ini segalanya membutuhkan uang. Oleh karena itu kamu harus pandai dalam mengatur uang, apalagi kalau sumber penghasilanmu hanya berasal dari satu pekerjaan saja. Kalau salah mengelola uang, bisa-bisa gajimu gak cukup sampai akhir bulan dan kamu terpaksa harus berutang.

Faktanya hal ini ternyata banyak sekali terjadi di kehidupan nyata. Apalagi kalau melihat gaya hidup Millennials  masa kini, mereka sangat konsumtif dan banyak menghabiskan uang karena tuntutan gaya hidup. Akibatnya banyak sekali Millennials  yang terpaksa harus hidup gali lubang tutup lubang, berutang di sana sini.

Nah kalau kamu tidak ingin menjalani hidup seperti itu, lebih baik kamu hindari 7 kebiasaan buruk Millennials  ini karena kebiasaan-kebiasaan ini bisa membuat gaji kamu gak cukup sampai akhir bulan.

1. Menggunakan kartu kredit tanpa perhitungan

7 Kebiasaan Buruk Millennials yang Bikin Gaji Gak Cukup Sampai Sebulanunsplash.com/square

Memiliki kartu kredit memang rasanya enak sekali karena kamu bisa menggunakannya untuk membeli apapun yang kamu inginkan. Bahkan ketika kamu sedang tidak memiliki uang tunai di tangan. Padahal tanpa disadari ketika kamu memakai kartu kredit, itu berarti kamu sedang berutang. 

Tapi karena memakai kartu kredit terasa sangat enak, maka banyak sekali orang yang pada akhirnya terlena kingga tidak terasa limit yang ada di kartu kredit akhirnya habis. Dan di bulan selanjutnya, mereka terpaksa menghabiskan gajinya hanya untuk membayar tagihan kartu kredit.

2. Sering traveling bersama teman-teman

7 Kebiasaan Buruk Millennials yang Bikin Gaji Gak Cukup Sampai Sebulanpexels.com/bruce mars

Kemajuan teknologi sekarang ini membawa banyak sekali kemudahan dalam hidup termasuk kemudahan dalam membeli tiket pesawat, kereta api, hingga memesan kamar hotel. Apalagi sekarang ada fasilitas pay later, pesan sekarang bayarnya nanti. Karena kemudahan-kemudahan inilah pada akhirnya traveling menjadi salah satu kegiatan yang sangat disukai oleh anak-anak Millennials.

Traveling memang wajib dilakukan untuk refreshing dan melepaskan diri sejenak dari rutinitas kehidupan sehari-hari. Tapi jangan dilakukan terlalu sering karena bisa membuat keuanganmu kacau karena traveling membutuhkan uang yang tidak sedikit, bahkan walau kamu memakai fasilitas pay later sekalipun. Tagihannya tetap harus kamu bayar bulan depan.

3. Menghabiskan waktu di cafe atau coffee shop

7 Kebiasaan Buruk Millennials yang Bikin Gaji Gak Cukup Sampai Sebulanpixabay.com/rawpixel

Berkumpul bersama teman-teman adalah kegiatan yang sangat disukai oleh anak-anak Millennials masa kini. Dan biasanya mereka berkumpul di cafe, mall, atau coffee shop. Ada yang melakukan kegiatan ini hanya pada saat weekend saja, namun ada juga yang suka melakukan hal ini setiap hari.

Tentu saja tidak ada larangan untuk kumpul dengan teman-teman di cafe atau coffee shop, tapi perhatikan juga kondisi keuanganmu. Harga makanan dan minuman di tempat-tempat tersebut tidak bisa dibilang murah lho. Sesekali menghabiskan waktu di cafe atau coffee shop boleh saja, tapi jangan dilakukan setiap hari. 

Baca Juga: Selamatkan Gaji Kamu dari Keborosan, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini

4. Belanja barang-barang branded

7 Kebiasaan Buruk Millennials yang Bikin Gaji Gak Cukup Sampai Sebulanunsplash.com/freestock.org

Kamu pasti pernah lihat video di media sosial yang menampilkan harga barang-barang yang dipakai seorang Millennials mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Harganya fantastis banget, bisa melebihi dari gaji yang diterima setiap bulan. Memang kebanyakan generasi Millennials menganggap penampilan merupakan satu hal yang penting.

Karena ingin terlihat bergaya dan keren seperti orang-orang yang ada di video tersebut, banyak Millennials yang pada akhirnya jadi suka memakai barang-barang branded. Padahal kamu tahu kan kalau harganya tidak murah. Bahkan sampai ada yang sampai rela terlibat utang demi membeli barang-barang itu.

5. Sering gonta ganti gadget

7 Kebiasaan Buruk Millennials yang Bikin Gaji Gak Cukup Sampai Sebulanpexels.com/anastasiya gepp

Di era digital seperti sekarang ini, gadget sudah menjadi salah satu kebutuhan. Apalagi untuk anak-anak generasi Millennials karena mereka termasuk generasi yang paham teknologi. Perkembangan gadget bisa dibilang termasuk cepat. Setiap bulannya selalu saja ada gadget baru yang diluncurkan.

Karena ingin selalu up to date dan tidak mau dibilang ketinggalan zaman, banyak sekali orang yang pada akhirnya selalu gonta ganti gadget mengikuti perkembangan teknologi. Padahal harga gadget bisa dibilang tidak murah dan gaji sebulan belum tentu cukup untuk membelinya.

Ingin punya gadget kekinian boleh saja, tapi sesuaikan juga dengan kondisi keuangan.

6. Suka mentraktir teman

7 Kebiasaan Buruk Millennials yang Bikin Gaji Gak Cukup Sampai Sebulanunsplash.com/priscilla du preez

Seperti yang sudah disebutkan di atas, generasi Millennials termasuk generasi yang suka berkumpul dengan teman-temannya. Namun ketika berkumpul ini, terkadang ada orang-orang yang royal dan suka mentraktir teman-temannya karena gengsi. Tetapi ada juga orang yang suka mentraktir supaya tidak ditinggalkan oleh teman-temannya.

Bergaul, berkumpul dengan teman, memang penting banget untuk bersosialisasi dan membangun networking. Mentraktir teman juga boleh saja kamu lakukan, tapi jangan terlalu sering. Atur keuanganmu dengan baik, jangan sampai gajimu habis hanya untuk mentraktir teman-temanmu saja.

7. Gemar mencicil barang

7 Kebiasaan Buruk Millennials yang Bikin Gaji Gak Cukup Sampai Sebulanunsplash.com/square

Di masa sekarang ini, semua barang bisa dibeli dengan mudah mulai dari motor, mobil, gadget, baju, tas, sepatu, hingga tiket liburan. Walau tidak punya uang tunai yang cukup, itu bukan masalah karena sekarang ini banyak sekali fasilitas cicilan mulai dari cicilan kartu kredit, cicilan online di aplikasi, hingga pay later.

Dan ternyata banyak anak-anak Millennials yang suka banget mencicil. Mulai dari mencicil barang, mencicil tiket liburan, hingga tagihan kartu kredit pun ikut dicicil dengan membayar minimum payment-nya saja. Tidak heran pada akhirnya, kalau gaji yang mereka miliki sebagian besar habis hanya untuk membayar cicilan saja setiap bulannya.

Nah, itulah kebiasaan-kebiasaan buruk generasi Millennials yang membuat gaji yang mereka miliki tidak pernah cukup hingga akhir bulan. Kalau saat ini kamu termasuk orang yang seperti itu, maka mulailah belajar untuk mengelola keuanganmu dengan baik.

Jangan sampai kamu malah terlibat utang dan harus hidup dengan cara gali lubang tutup lubang karena kesalahanmu sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Kelola Uang yang Harus Diterapkan, Hemat Bukan Wacana Lagi

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You