Comscore Tracker

Keren! GoFood Kini Adopsi Teknologi Robot Otomatis

Jadi yang pertama di layanan pesan-antar makanan Indonesia

Dari judulnya saja, pasti kamu sudah kebayang ya inovasinya seperti apa? Ya, akan ada sebuah robot otomatis yang tentunya bakal membantu para mitra driver, mitra UMKM, dan kamu sebagai konsumen di layanan andalan kita semua di saat lapar datang, GoFood.

Penasaran gak sih bagaimana inovasi ini bekerja? Dan kira-kira dalam hal apa robot ini bisa membantu meningkatkan pengalaman dan efisiensi semua aktor dalam ekosistem GoFood? Cek penjelasannya di bawah, ya!

1. Inovasi untuk layanan yang lebih efisien

Keren! GoFood Kini Adopsi Teknologi Robot OtomatisIlustrasi GoFood (Dok. Gojek)

Seperti diketahui, GoFood mempelopori teknologi otomasi di layanan pesan-antar makanan Indonesia berupa pemanfaatan robot otomatis. Inovasi ini dilakukan untuk mendukung proses operasional pemesanan makanan pada fitur Order Sekaligus. 

Pengadopsian teknologi ini telah masuk ke dalam fase uji coba untuk mengidentifikasi tingkat efisiensi operasional proses pemesanan makanan, termasuk meningkatkan kenyamanan mitra driver dalam menerima pesanan secara terpusat dari counter kasir. 

“Inovasi selalu menjadi denyut nadi kami di Gojek. Secara konsisten, kami terus mencari cara dengan memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan layanan dan solusi. Pemanfaatan teknologi robot otomatis ini akan berperan penting dalam menganalisa bagaimana sistem otomasi dapat membuat operasional GoFood lebih efisien dan mulus, termasuk mempermudah mitra driver karena dapat mengambil pesanan secara terpusat,” jelas Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo. 

Baca Juga: GoFood, Senjata Andalan Resto dan Kedai Kuliner Rumahan saat Pandemik

2. Gojek menggandeng Pudu Robotics melalui PT Pudu Robot Indonesia

Keren! GoFood Kini Adopsi Teknologi Robot OtomatisDeretan robot-robot pintar dari Pudu Robotics (Dok. Istimewa)

Catherine juga menjelaskan, Gojek pun menggandeng Pudu Robotics melalui PT Pudu Robot Indonesia, sebuah perusahaan teknologi terdepan yang salah satu fokusnya adalah teknologi robot layanan komersial, karena misi yang sama, yaitu menciptakan kemudahan dan efisiensi proses berbasis teknologi.

Robot Otomatis yang digunakan GoFood akan mengonsolidasi pesanan fitur GoFood Order Sekaligus dari berbagai mitra UMKM yang berada di area Food Temptation Mall Kelapa Gading (MKG) sebelum menyerahkannya kepada counter kasir sebagai titik pengumpulan untuk selanjutnya diambil oleh mitra driver untuk pengantaran.

3. Pertama kali dicoba di Mal Kelapa Gading

Keren! GoFood Kini Adopsi Teknologi Robot OtomatisMal Kelapa Gading (flokq.com)

FYI nih guys, Order Sekaligus sendiri merupakan salah satu fitur GoFood yang memungkinkan pelanggan memesan makanan/minuman dari banyak resto sekaligus di satu lokasi melalui satu pengiriman. Fitur Order Sekaligus kini bisa dimanfaatkan di 41 lokasi di 7 kota besar termasuk Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. Hingga pertengahan 2021, ekspansi lokasi untuk Order Sekaligus ini meningkat 8 kali sejak diperkenalkan pada September 2020.

Selain itu, pengadopsian teknologi robot otomatis ini merupakan kerja sama dengan Pudu Robotics melalui PT Pudu Robot Indonesia yang uji cobanya dilakukan di area Food Temptation Mall Kelapa Gading (MKG), Jakarta, hingga pertengahan Maret 2022 nanti.

4. Miliki beberapa kelebihan

Keren! GoFood Kini Adopsi Teknologi Robot OtomatisRobot Otomatis untuk Fitur Order Sekaligus di GoFood (Dok. Gojek)

Presiden Direktur PT Pudu Robot Indonesia, Calvin Lukmantara, mengungkapkan antusiasmenya bekerja sama dengan GoFood. Pasalnya, sebagai perusahaan yang sama-sama percaya akan manfaat teknologi untuk membuat hidup lebih mudah, tentu pihaknya sangat menantikan bagaimana produk Pudu Robotics dapat mendukung Gojek dan GoFood untuk terus jadi yang terdepan dan menjadi andalan pelanggan.

“Bellabot yang merupakan salah satu produk unggulan kami memiliki beberapa kelebihan, mulai dari sensor 3D dan kerangka modular sehingga aman apabila terhalang objek, pengoperasian robot dengan multi cara, seperti deteksi suara dan interaksi sentuhan, serta navigasi yang akurat dari titik satu ke titik lainnya, sesuai dengan area robot beroperasi. Kami tidak sabar melihat apa yang dapat GoFood capai melalui penggunaan BellaBot di salah satu fiturnya,” ungkap Calvin.

5. Kepemimpinan GoFood di industri layanan pesan-antar makanan di Indonesia

Keren! GoFood Kini Adopsi Teknologi Robot OtomatisIlustrasi mitra UMKM (IDN Times/Reza Iqbal)

Yang lebih kerennya lagi nih guys, inovasi teknologi robot otomatis ini kian menggarisbawahi kepemimpinan GoFood di industri layanan pesan-antar makanan di Indonesia. 

“Kami menyadari bahwa seluruh proses menjadi hal penting dalam memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan, mitra UMKM, serta mitra driver. Robot otomatis ini diharapkan dapat terus mendukung operasional menjadi lebih sederhana sehingga dapat bermanfaat bagi seluruh mitra yang melayani pesanan pelanggan,” jelas Catherine.

Memang gak perlu diragukan lagi deh soal kenyamanan dan inovasi yang diberikan GoFood buat kamu. Mulai sekarang, kamu bisa bebas pesan makanan atau minuman apa pun yang kamu suka dengan fitur Order Sekaligus. (WEB)

Baca Juga: Ada Promo Kulineran Bebas Ongkir dari GoFood, Begini Caranya

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya