Comscore Tracker

Medali Emas Bikin Bangga Tapi Investasi Emas Bikin Kaya, Ini 5 Tipsnya

Investasi emas masih jadi pilihan yang populer lho!

Bagi para atlet yang sedang mengikuti suatu kejuaraan, pasti meraih medali emas menjadi salah satu tujuan dan tentunya sebuah prestasi yang patut dibanggakan. Nah, gak perlu harus medali emas, kamu pun bisa membuat orang lain atau minimal diri sendiri bangga dengan pencapaian yang kamu raih, salah satunya dengan berinvestasi emas lho.

Pasalnya, dari semua jenis investasi yang ada sampai saat ini, investasi emas masih jadi salah satu pilihan yang populer guys. Harganya yang cenderung naik dengan stabil, mampu melindungi nilai uang, dan mudah diperjualbelikan menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang memilih investasi ini. Supaya investasi emas bikin kamu jadi kaya, yuk simak tipsnya!

1. Investasinya bisa santai, mulai dari nominal yang kecil dulu

Medali Emas Bikin Bangga Tapi Investasi Emas Bikin Kaya, Ini 5 TipsnyaIlustrasi emas, logam mulia (IDN Times/Sunariyah)

Perlu kamu ingat nih, setiap jenis investasi pada dasarnya memiliki risiko masing-masing. Tapi, untuk investasi emas bisa dibilang investasi yang aman karena memiliki risiko yang tidak tinggi. Kalau kamu pemula, gak perlu buru-buru investasi emas dalam jumlah yang banyak dengan harapan bisa langsung cepat cuan.

Sebagai awal, kamu bisa mulai membeli emas dengan nominal yang kecil terlebih dahulu. Bisa juga disesuaikan dengan kemampuan finansialmu. Jangan sampai mempertaruhkan semua uang yang kamu punya untuk investasi emas karena harga emas pun bisa naik turun dengan tajam. FYI nih guys, investasi emas juga termasuk investasi jangka menengah-panjang yang biasanya baru bisa memberikan untung dalam kurun waktu beberapa tahun.

Baca Juga: Saatnya Investasi, Harga Emas Turun Lagi Jadi Rp941 Ribu per Gram

2. Bentuk emas bisa dipilih sesuai keinginan

Medali Emas Bikin Bangga Tapi Investasi Emas Bikin Kaya, Ini 5 TipsnyaIlustrasi emas batik truntum (Dok. LM Antam)

Investasi emas juga rupanya bisa dipilih sesuai keinginan kamu lho. Ada banyak ragam pilihannya, dari bentuk logam mulia asli, tabungan emas lewat aplikasi, emas dinar, perhiasan emas hingga kepemilikan surat berharga atau saham dari perusahaan produsen emas.

Semua bentuk pilihan emas juga mempunyai kelebihannya masing-masing guys. Contohnya, investasi emas lewat aplikasi. Kamu bisa membelinya dengan nominal rupiah kecil, mulai dari Rp5.000,- dan bisa dijual kapan saja lho. Kamu juga bisa mencetaknya dalam bentuk batangan dengan biaya tertentu. Tentunya bikin praktis kan kalau beli emas online lewat aplikasi.

3. Tempat beli emasnya yang terjamin dan terpercaya

Medali Emas Bikin Bangga Tapi Investasi Emas Bikin Kaya, Ini 5 TipsnyaIlustrasi emas batangan. (Dok. Pegadaian)

Perusahaan yang menawarkan kemudahan dalam pembelian emas memang saat ini sudah banyak, baik dalam bentuk logam mulia maupun membeli emas secara online. Meskipun sudah banyak, tetap saja kamu harus hati-hati pilih tempat membeli emas agar rencana investasi tetap berjalan sesuai rencana. 

Pastikan juga membeli emas dari lembaga maupun brand yang diakui secara resmi oleh pemerintah dan memberikan sertifikat asli jika membeli dalam bentuk logam mulia. Jauhi website ataupun lembaga yang menawarkan iming-iming keuntungan besar dalam waktu singkat atau menjual emas di bawah harga pasar. Jangan sampai kamu jadi korban investasi bodong yang sampai saat ini masih saja terjadi.

Medali Emas Bikin Bangga Tapi Investasi Emas Bikin Kaya, Ini 5 TipsnyaWebinar Inspirasi Emas dari Pegadaian (Dok. Pegadaian)

Nah, salah satu tempat membeli emas yang terpercaya dan diakui secara resmi oleh pemerintah adalah Pegadaian guys. Apalagi, Pegadaian bakal menggelar Webinar Inspirasi Emas yang dijadwalkan berlangsung dari Agustus 2021 hingga Februari 2022 dengan menggandeng KASKUS sebagai organizer

Acara tersebut akan digelar secara daring dengan para peserta dapat bergabung melalui aplikasi Zoom. Untuk di bulan ini, Webinar Inspirasi Emas akan diselenggarakan pada 12 Agustus 2021 mendatang untuk 12 Kantor Wilayah secara online. 

Webinar Inspirasi Emas dari Pegadaian ini menjadi peluang emas bagi millennial untuk mengetahui bagaimana ‘Punya Rencana Merdeka Finansial dengan Emas’ lewat materi yang disampaikan para pengisi acara. 

Selain pengisi acara dari perwakilan Kantor Wilayah, dalam webinar yang akan terbagi dalam dua sesi, yakni siang dan sore, juga menghadirkan beberapa anak muda yang bakal berbagi pengalaman dan cerita, dari Melvin Mumpuni (Founder & CEO Finansialku.com), Prita Hapsari Ghozie (CEO & Principal Consultant ZAP Finance), Ken Handersen (Founder of Gatheric & Qualified Wealth Planner), Putri Madarina (Shariah Financial Planner), Ferdie Darmawan (Financial Entrepreneur), dan masih banyak lagi nama-nama lain sebagai pengisi acara. 

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa lakukan registrasi dan dapatkan informasi mengenai Webinar Inspirasi Emas selengkapnya di sini. Yuk, jangan sampai lewatkan kesempatan ‘emas’ ini!

4. Jangan lupa tetapkan target atau tujuannya

Medali Emas Bikin Bangga Tapi Investasi Emas Bikin Kaya, Ini 5 TipsnyaIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Sebagaimana yang disebutkan di poin 1, investasi emas bisa dimulai dengan nominal yang kecil dan yang paling penting juga ialah tetapkan terlebih dahulu tujuan kamu investasi emas untuk apa, seperti untuk modal menikah, pendidikan anak, pergi haji, dana pensiun, atau yang lainnya. 

D'Gold Father & CEO gudangemas.com Herru Wijayadie juga pernah membagikan tips untuk investasi emas, salah satunya perlu menetapkan target atau tujuannya. Nah, biasanya tujuan orang memilih investasi emas yaitu untuk jangka panjang. Setelah menentukan tujuan, cari tahu biaya yang dibutuhkan untuk tujuan tersebut. 

"Misal naik haji biayanya Rp50 juta, kalau dikonversi berarti 50 atau 60 gram. Kalau sudah tahu targetnya 60 gram, berarti butuh waktu 5 tahun atau 60 bulan. Berarti 60 gram bagi 60 bulan, per bulan targetnya satu gram," jelas Herru.

5. Pantau juga harga emas secara berkala

Medali Emas Bikin Bangga Tapi Investasi Emas Bikin Kaya, Ini 5 TipsnyaIlustrasi pergerakan harga emas (koinworks.com)

Salah satu alasan kenapa kamu perlu mengecek harga emas secara berkala adalah harga emas yang cenderung fluktuatif. Jadi, kamu perlu mengetahui pergerakan harga emas setiap harinya. Saat ini juga banyak kok website yang menyediakan informasi harga logam mulia terbaru secara otomatis.

Kamu pun bisa memantau harga emas secara real time. Jika harga emas sudah terkoreksi sesuai dengan nilai yang jadi batas kamu tentukan setelah melakukan analisis dan pengamatan, kamu bisa pilih opsi beli deh.

Satu lagi, untuk mengantisipasi harga emas yang fluktuatif, ada baiknya kamu membeli emas secara rutin setiap bulan sampai batas waktu investasi yang kamu tentukan (misalnya 5 tahun), baik saat harga naik maupun turun. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga rata-rata dari semua dana yang sudah diinvestasikan. 

Menarik bukan investasi emas? Asal dilakukan dengan rencana yang matang, investasi emas pun bisa bikin kamu kaya dan bisa mewujudkan apa yang jadi tujuan kamu deh. (WEB)

Baca Juga: 5 Langkah Awal buat Kamu yang Pengin Investasi

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya