Comscore Tracker

5 Alasan Bisnismu Perlu Memiliki Seorang Copywriter, Bukan Asal Nulis!

Pemilik bisnis harus tahu ini

Kehadiran seorang penulis wara atau copywriter di dalam bisnis memiliki peran penting. Sayangnya, masih banyak pelaku bisnis yang merasa tidak membutuhkan copywriter. 

Padahal, ada begitu banyak hal yang bisa copywriter lakukan untuk membantu meningkatkan omzet. Bukan sekadar menulis biasa, ini dia alasan bisnismu butuh copywriter!

1. Mampu memperkenalkan produkmu dengan bahasa yang tepat 

5 Alasan Bisnismu Perlu Memiliki Seorang Copywriter, Bukan Asal Nulis!ilustrasi presentasi (unsplash.com/Jason Goodman)

Sebelum menulis, copywriter melakukan riset terlebih dahulu. Ia akan menyesuaikan gaya bahasanya dengan target market yang disasar oleh perusahaan.

Setelah melakukan rangkaian penyesuaian, barulah copywriter mulai mengenalkan produk yang perusahaanmu jual dengan bahasa yang tepat. Tulisannya disebar ke media-media yang memungkinkan untuk melakukan promosi.

2. Merancang konten yang menarik 

5 Alasan Bisnismu Perlu Memiliki Seorang Copywriter, Bukan Asal Nulis!ilustrasi menyusun plan konten (unsplash.com/Firmbee.com)

Membuat konten bukan hanya perkara tentang desain yang ciamik atau video yang estetik. Tulisan atau copy juga merupakan salah satu elemen penting dalam desain konten.

Begitu pula dengan konten video, diperlukan skrip yang mampu menyentuh dan menarik perhatian agar video lebih hidup. Sebelum konten dibuat, copywriter akan terlebih dahulu merancang konten tersebut.

Baca Juga: IWF 2021: Berminat Jadi Copywriter? Inilah 5 Ilmu Dasar Copywriting

3. Membuat brand-mu punya karakteristik dalam berkomunikasi dengan audiens  

5 Alasan Bisnismu Perlu Memiliki Seorang Copywriter, Bukan Asal Nulis!ilustrasi menulis (unsplash.com/Marek Levak)

Di tengah persaingan yang semakin ketat, bisnismu harus membangun brand yang kuat. Di masa yang serba berada di dalam layar ini kamu juga perlu memerhatikan penggunaan bahasamu di media sosial.

Copywriter akan membantumu dalam urusan komunikasi brand melalui konten yang ditulisnya. Ciri khas brand dalam berkomunikasi akan menanamkan image tersendiri di dalam benak audiens.

4. Copywriter akan memengaruhi audiens untuk bertindak melalui tulisan 

5 Alasan Bisnismu Perlu Memiliki Seorang Copywriter, Bukan Asal Nulis!ilustrasi menulis (unsplash.com/Icons8 Team)

Seorang copywriter memiliki kemampuan persuasif melalui tulisannya. Tentunya dengan teknik dan struktur kepenulisan yang tepat, copywriter bisa memberi pengaruh kepada pembacanya untuk melakukan sesuatu.

Di dalam copywriting ada yang disebut sebagai call to action (CTA). Bagian CTA inilah yang akan memberi perintah kepada audiens untuk bertindak. Misalnya memengaruhi untuk melakukan pembelian, mengisi formulir, atau mem-follow akun Instagram.

5. Meningkatkan nilai penjualan perusahaan 

5 Alasan Bisnismu Perlu Memiliki Seorang Copywriter, Bukan Asal Nulis!ilustrasi grafik (unsplash.com/Isaac Smith)

Pada akhirnya produk yang dipromosikan dengan menggunakan teknik copywriting akan meningkatkan jumlah penjualan. Namun, perlu digaris bawahi bahwa copywriter  juga membutuhkan bantuan dari tim lain. Baik itu designer maupun creative director agar konten dan campaign berjalan dengan baik.

Setelah mengetahui deretan kemampuan copywriter di atas, apakah kamu tergerak untuk merekrut seorang copywriter di dalam tim bisnismu? Pastikan copywriter yang kamu hire memiliki portfolio yang mumpuni.

Baca Juga: Profesinya Milenial, Ini 5 Skill Dasar Berkarier Jadi Copywriter

Zam Zam Photo Verified Writer Zam Zam

Masa depan tidak akan seburuk itu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya