Comscore Tracker

PPKM Diklaim Pengaruhi Rendahnya Capaian Investasi di Kabupaten Madiun

Selama satu semester hanya penuhi 21 persen

Madiun, IDN Times - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Madiun mencatat realisasi investasi hingga triwulan kedua tahun ini masih rendah. Nilainya sekitar Rp63 miliar atau 21 persen dari target selama enam bulan pertama tahun 2021 sebanyak Rp296,8 miliar.

Capaian itu masih jauh atau hanya sekitar 10 persen dari target selama setahun dengan nominal Rp550 miliar. Kabid Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal DPMPTSP setempat Agung Wahyudi mengatakan rendahnya realisasi investasi salah satunya dipengaruhi pandemik COVID-19.

1.Sebagian pelaku usaha belum laporkan kegiatannya

PPKM Diklaim Pengaruhi Rendahnya Capaian Investasi di Kabupaten MadiunIlustrasi industri di Kabupaten Madiun. Nofika Dian

Menurut dia, mayoritas pelaku usaha belum melakukan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM). Ini dampak dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). "Upaya penyampaian informasi secara daring agar LKPM dilakukan belum banyak berdampak,"kata Agung, Kamis (5/8/2021).

Meski demikian, pihak DPMPTSP tetap optimistis para pelaku usaha akan memenuhi LKPM dalam waktu dekat. Ini seiring dengan semakin menurunnya angka kasus COVID-19 dan rencana pemerintah melonggarkan kegiatan ekonomi masyarakat.

2. Iklim investasi secara umum dinyatakan semakin membaik

PPKM Diklaim Pengaruhi Rendahnya Capaian Investasi di Kabupaten Madiunkeberadaan dinilai mampu meningkatkan investasi di Madiun

Apalagi, Agung melanjutkan, pihaknya juga telah berupaya meningkatkan invesstasi. Salah satu cara yang dilakukan dengan melakukan promosi daerah secata virtual sejak beberapa waktu lalu. Adapun keunggulan penanaman modal di Kabupaten Madiun, seperti masih terjangkaunya UMK dan adanya dua pintu tol.

Hal itu dinilai mampu menarik investor selama beberapa waktu terakhir. Kalangan pelaku usaha bidang konstruksi, pengolahan tanaman pangan, dan industri pun semakin banyak yang menanamkan modal untuk bisnisnya.

Baca Juga: Penipuan Investasi Properti, Kerugian Korban Hingga Rp1,25 Miliar

3. Produk dari UMKM juga dipromosikan

PPKM Diklaim Pengaruhi Rendahnya Capaian Investasi di Kabupaten MadiunLukisan berbahan cangkang telur. Dok.IDN Times/Istimewa

Agung lantas mencontohkan beberapa industri yang baru-baru ini melakukan kegiatan di Kabupaten Madiun. Ini seperti pabrik pengolahan porang, pabrik sepatu, dan industri ondernil pelengkap usaha dari PT INKA di Kota Madiun.

"Kami juga memfasilitasi UMKM-UMKM untuk lebih mendapatkan pangsa pasar secara lokal maupun nasional. Kalau untuk investasi dengan nilai besar, kami lakukan pendampingan," ia menjelaskan.

Baca Juga: Pengamanan Lapas Madiun Diperketat Setelah Ada Napi Kabur

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya