Comscore Tracker

5 Hal Baik yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mulai Punya Penghasilan Sendiri

Harus pintar mengelola

Gaji pertama adalah hal yang paling dinantikan bagian setiap orang yang sudah melewati masa satu bulan dengan penuh perjuangan dalam bekerja. Tak ayal bahwa beberapa orang pasti akan langsung ingin menikmati hasil jerih payahnya mereka.

Tapi, tunggu dulu, jangan terlalu mengikuti hawa nafsu ya. Inilah beberapa hal baik yang bisa kamu lakukan saat mulai mendapatkan penghasilan sendiri:

1. Sisihkan penghasilanmu untuk bersedekah

5 Hal Baik yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mulai Punya Penghasilan Sendiripixabay.com

Ketika pertama kali mendapatkan gaji pada awal bulan, jangan langsung dihabiskan ya. Kamu bisa menyisihkan beberapa persen dari penghasilanmu untuk disedekahkan kepada yang membutuhkan. Bisa melalui pengelola maupun dengan langsung memberikannya kepada orang di sekitarmu yang membutuhkan uluran tangan. Dengan sedekah, kamu akan memaknai indahnya berbagi.

2. Ajak keluargamu makan bersama

5 Hal Baik yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mulai Punya Penghasilan Sendiripixabay.com

Setelah bersedekah, sekarang saatnya untuk berbagi dengan keluarga. Kamu bisa agendakan jadwal makan bersama dengan keluarga mu tentunya sesuai dengan kemampuanmu ya. Walaupun hanya sebulan sekali ataupun hanya sekadar membawakan ayah dan ibu sekotak jajanan bisa membuat hatimu dan orang tuamu terasa bahagia loh.

3. Ambilah beberapa tanggungan orang tuamu

5 Hal Baik yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mulai Punya Penghasilan Sendiripixabay.com

Nah, siapa yang di sini mulai merasa bahwa orang tuamu beranjak tua dan sudah saatnya untuk beristirahat dan tidak lagi bekerja?

Tak ada salahnya untuk membantu orang tua dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Misalnya, kamu bisa saja mengambil alih tagihan listrik dan air atau yang paling simple yaitu mengambil tagihan air minum galon di rumahmu. Pastikan kamu komunikasikan terlebih dahulu dengan orang tuamu. Walau sedikit yang bisa kamu bantu namun sangat besar artinya bagi mereka.

Baca Juga: Hai Millennial, Gaji Pertama Kamu Pasti Habis Untuk 7 Hal Ini ‘Kan?

4. Jangan lupa menabung

5 Hal Baik yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mulai Punya Penghasilan Sendiripixabay.com

Saat menerima gaji yang muncul di benak kita pasti bayangan barang-barang impian dan makanan yang ingin kita dicoba. Namun, jangan sampai boros bahkan melebihi budget belanja yang sudah kamu atur ya. Jangan lupakan masa depanmu dengan cara menabung. Tak hanya dengan menabung di bank, kamu juga bisa menginvestasikan penghasilanmu dalam bentuk asuransi kesehatan, perhiasan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tipsnya adalah kamu bisa membuat dua rekening. Satu dengan menggunakan ATM dan satunya lagi tanpa menggunakan ATM. Nomor rekening yang menggunakan ATM bisa kamu gunakan untuk membeli keperluanmu dan satunya lagi akan membuatmu berfikir dua kali untuk mengambil uang tabungan karena harus antre di bank dan masih banyak lagi urusan lainnya.

5. Berbagi rezeki kepada orang yang juga berpengaruh dalam hidupmu

5 Hal Baik yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mulai Punya Penghasilan Sendiripixabay.com

Sejalan dengan konsep sedekah, berbagi rezeki kali ini bisa kamu berikan kepada seseorang yang juga berpengaruh dalam hidupmu. Tentu selain orang tua dan keluarga, kamu pasti punya seseorang yang mungkin dulu sangat berjasa dan takkan terlupakan dalam hidupmu. Bisa saja, guru maupun teman seperjuangan dulu yang selalu ada di saat senang dan sedihmu. Dengan merasakan sedikit hasil jerih payahmu akan membuat mereka merasa bangga akan pencapaianmu saat ini.

Itu tadi adalah beberapa hal baik yang bisa kamu lakukan saat mulai mendapatkan penghasilan sendiri. Namun kamu juga harus pintar-pintar dalam membagi penghasilanmu ya. Jangan sampai kamu sendiri tidak bisa merasakan hasil jerih payahmu.

Baca Juga: Supaya Gak Habis Begitu Saja, Manfaatkan Gaji Pertamamu Untuk 9 Hal Ini

Nur Maulidiyah Agustin S Photo Community Writer Nur Maulidiyah Agustin S

A Mickey Mouse lovers | Singing | Photography | ♌ |

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You