Comscore Tracker

Mark Zuckerberg Disidang, Saham Facebook Justru Meroket Jauh

Investor terkesan dengan jawaban Facebook

CEO Facebook Mark Zuckerberg menjalani sidang bersama 40 Senator Amerika Serikat pada Selasa lalu. Hal ini merupakan imbas yang harus ditanggung pendiri Facebook tersebut, terkait kebocoran data sekitar 87 juta pengguna Facebook oleh firma riset politik Cambridge Analytica.

1. Skandal kebocoran data Facebook user bikin saham anjlok

Mark Zuckerberg Disidang, Saham Facebook Justru Meroket Jauhcnet.com

Di samping itu, pada September lalu, Facebook mengungkapkan Rusia menggunakan akun palsu di jejaring sosial untuk mempengaruhi pemilu Amerika Serikat 2016, baik sebelum mau pun sesudah pemilihan. 

Dalam sidang tersebut, Zuckerberg diserang dengan beragam pertanyaan kritis dari para anggota parlemen kongres. Mulai dari skandal kebocoran data hingga kelalaian Facebook dalam menyaring ujaran kebencian yang memicu kekerasan di Myanmar.

2. Jawaban cerdas Zuckerberg justru menarik para investor

Mark Zuckerberg Disidang, Saham Facebook Justru Meroket Jauhndtv.com

Skandal tersebut diketahui sempat membuat jumlah saham Facebook anjlok hingga 13 miliar dollar AS akibat menurunnya kepercayaan dari para pengguna, investor, pemilik iklan, bahkan karyawannya. Sehingga, sidang ini dianggap banyak pihak sebagai momen krusial bagi kelangsungan Facebook mau pun karier Zuckerberg.

Namun tak disangka, para investor justru terkesan dengan cara Zuckerberg menanggapi pertanyaan. Hal ini dijelaskan oleh Direktur Pelaksana Jefferies, Brent Thill, yang mengatakan Zuckerberg berhasil melampaui pertanyaan-pertanyaan sulit secara cerdas.

Ia berani meminta maaf dan mengakui jika Facebook "lambat" menanggapi laporan soal intervensi Rusia dalam pilpres Amerika Serikat pada 2016 lalu.

Baca juga: 15 Potret Kece Kantor Unilever di Indonesia, Impian Banget Nih! 

3. Kekayaan Zuckerberg naik hingga 2,8 miliar dollar 

Mark Zuckerberg Disidang, Saham Facebook Justru Meroket Jauhpolitico.com

Karena hal tersebut, saham Facebook melonjak drastis di tengah proses sidang dan hantaman pertanyaan kepada Zuckerberg. Kenaikannya bahkan termasuk yang terbesar sejak 28 April 2016, yaitu 4,5 persen pada 165,04 dollar AS per saham.

Dilansir Forbes, lonjakan tersebut menyebabkan kekayaan Zuckerberg naik hingga 2,8 miliar dollar AS menjadi 66 miliar dollar AS. Saat ini, ia adalah orang paling kaya ke tujuh di dunia dengan kepemilikan saham Facebook sekitar lebih dari 16 persen.

Selanjutnya pada Rabu, 11 April 2018, Zuckerberg kembali ke Capitol Hill untuk melakukan rapat dengar pendapat bersama anggota Komite Energi dan Perdagangan DPR.

Baca juga: 10 Rahasia Bisnis yang Gak Pernah Dibocorkan Orang-orang Sukses

Line IDN Times

Topic:

Just For You