Comscore Tracker

Ada Kopiko di Hometown Cha-Cha-Cha, Lanjut Strategi Iklan lewat Drakor

Kopiko muncul di dua drakor, pakai kemasan versi Korea

Jakarta, IDN Times – Merek permen buatan Indonesia, Kopiko, belakangan makin menarik perhatian setelah muncul di Drama Korea yang sedang naik daun, Hometown Cha-Cha-Cha.

Namun, ini bukan pertama kalinya permen Kopiko muncul di drama Korea. Sebelumnya, permen kopi ini sempat viral karena tampil di drama Korea yang tak kalah populer, Vincenzo.

Ternyata, ini merupakan salah satu strategi produk yang telah dipasarkan ke lebih dari 100 negara ini untuk menjadi fenomenal.

Baca Juga: 10 Reaksi Lucu Warganet Lihat Karakter di Vincenzo Makan Permen Kopiko

1. Persiapan sebelum memasang iklan

Ada Kopiko di Hometown Cha-Cha-Cha, Lanjut Strategi Iklan lewat DrakorAdegan Hometown Cha-Cha-Cha (dok. tvN/Hometown Cha-Cha-Cha)

Ricky Afrianto selaku Global Marketing Director Mayora Group, yang memproduksi Kopiko, mengatakan bahwa kampanye tersebut memang sengaja dilakukan. Ia menyebut mereka telah melakukan riset sebelum melakukan hal tersebut.

“Sebagai pengusaha ketika bicara soal intuisi, kita tahu campaign ini akan menghasilkan sesuatu yang bagus. Kombinasi dari riset yang kami lakukan, dengan superstar di drama Korea, dan intuisi kami sebagai pengusaha jadi kombinasi yang baik, lantas kita putuskan untuk lakukan campaign-nya”, ujarnya pada ASEAN Marketing Summit 2021, Kamis (4/11/2021).

2. Bertujuan membuat masyarakat Indonesia bangga dengan produk dalam negeri

Ada Kopiko di Hometown Cha-Cha-Cha, Lanjut Strategi Iklan lewat DrakorSong Joong Ki di Vincenzo (Dok. tvN/Vincenzo)

Ricky lebih lanjut menyatakan bahwa Drama Korea menjadi kendaraan bagi perusahaan untuk memasarkan produk di ranah global.

“Ini menjadi kesempatan yang bagus tak hanya untuk Kopiko, tapi juga untuk masyarakat Indonesia agar bangga produknya menjadi merek global,” katanya dalam acara MarkPlus tersebut.

Ricky mengungkap awalnya Kopiko hanya muncul pada susunan credit di pembuka drama saja. Namun pihaknya menilai apabila Kopiko bisa masuk ke episode 14 dan setelahnya, maka penempatannya akan optimal. Hal ini kemudian dieksekusi pada drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha.

“Awalnya tidak mudah, pemilik seri dan produsernya sangat ingin tahu apa itu Kopiko, mereka mau tahu apa produk yang tampil di acaranya. Kita beruntung Kopiko telah memasuki pasar Korea sehingga mereka sudah familiar,” ujar Ricky menjelaskan tantangan yang dilaluinya.

“Ketika kami diskusi, kita mau Kopiko memiliki peran pada drama tersebut dengan menjadi pengganti kopi. Saat superstar di film tersebut menyatakan dia tidak mau pergi ke cafe, dia bilang kita hanya perlu makan permen ini (Kopiko),” tambahnya.

Baca Juga: Wow! Kopiko Sudah Sampai Luar Angkasa, Netizen Salah Fokus

3. Harapan untuk bersinergi dengan Generasi Y dan Generasi Z di Indonesia

Ada Kopiko di Hometown Cha-Cha-Cha, Lanjut Strategi Iklan lewat Drakorinstagram.com/kopiko.id

Bagi Ricky, skenario tersebut bisa menjadi fokus penting yang patut diperdalam oleh para pemasar agar mampu menyuntikkan pesan dari brand dengan pintar dan cermat. Kedepannya Ricky berharap Mayora Group bisa terus berjiwa muda dan terus bersinergi dengan Generasi Y dan Generasi Z di Indonesia.

Ricky kemudian menyatakan saat ini Kopiko telah meluncurkan packaging dengan bahasa Korea yang telah beredar.

“Hal ini merupakan upaya integrasi marketing yang menunjukkan keseriusan Kopiko untuk menarik peminat K-Pop di Indonesia,” katanya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya