Comscore Tracker

Hyun Bin dan 6 Aktor Korea yang Sukses Bangun Bisnis Agensi Sendiri

Tidak hanya jago akting, mereka juga andal berbisnis

Jakarta, IDN Times – Aktor Korea telah berhasil memukau orang-orang dari segala penjuru dunia karena kemampuan mereka dalam berakting. Namun ternyata, dalam hal berbisnis, banyak di antara mereka yang juga patut diacungi jempol.

Sebagaimana dilansir dari South China Morning Post (SCMP) pada Rabu (26/5/2021), ternyata ada banyak sekali aktor Korea yang menekuni berbagai bidang bisnis selain berakting.

Bisnis-bisnis itu membentang mulai dari membuka restoran dan kafe, berinvestasi di real estat hingga mendirikan perusahaan rintisan (startup) sendiri. Bahkan, ada juga yang sampai mendirikan agensi hiburan sendiri.

Berikut adalah tujuh artis Korea populer yang telah mendirikan agensi hiburan mereka sendiri.

Baca Juga: 5 Drama Tiongkok dengan Rating Tinggi, Tak Kalah Seru dari Drakor 

1. Daniel Kang

Hyun Bin dan 6 Aktor Korea yang Sukses Bangun Bisnis Agensi Sendiriinstagram.com/konnect_kangdaniel

Mantan anggota Wanna One Daniel Kang, yang pernah terlibat perselisihan hukum dengan agensi hiburannya, telah mendirikan agensinya sendiri dengan bantuan beberapa ahli hukum, dan kini menjadi CEO termuda di industri hiburan Korea.

Daniel membangun Konnect Entertainment pada 2019 dengan tujuan menghubungkan Korea ke dunia melalui dirinya. Idol K-Pop ini kemudian memulai debutnya sebagai solois dengan merilis EP Color on Me di bawah perusahaannya sendiri. Ia juga kemudian merilis seri “trilogi warna”: Cyan, Magenta dan Yellow.

Pada 2020, ia membuka Cafe de Konnect di lantai pertama gedung perusahaannya di Gangnam, dan berkolaborasi dengan Kakao Friends untuk merilis menu makanan penutup dan minuman edisi terbatas untuk dua kafe lainnya.

Pada 2021, Konnect Entertainment meluncurkan aplikasi seluler untuk kafe penggemar resmi Kang, menjadikannya idola pertama di Korea yang merilis aplikasinya sendiri. Berkat kesuksesan perusahaannya, Kang dan stafnya berjanji untuk membalas komunitasnya dengan mengambil bagian dalam penggalangan donasi dan kampanye amal.

2. Bae Yong-joon

Hyun Bin dan 6 Aktor Korea yang Sukses Bangun Bisnis Agensi Sendirikoreaboo.com

Aktor Bae Yong-joon selalu berpikiran bisnis, bahkan di tahun-tahun awal karirnya. Bintang Winter Sonata ini mendirikan beberapa restoran dan kafe, dan meluncurkan bisnis kotak makan siang Gosire-nya di toko swalayan Jepang. Menu makanan tersebut mirip dengan kotak bento, tetapi diisi dengan makanan Korea.

Sebagai salah satu pelopor gelombang hallyu, ia telah mendirikan KeyEast Entertainment, yang menaungi aktor-aktor populer seperti Yoo Hae-jin, Moon Ga-young, Woo Do-hwan, Jo Bo-ah, Hwang In-yeop dan Kang Han-na. Pada 2018, AllKpop melaporkan bahwa Bae telah menjual KeyEast ke SM Entertainment.

Baca Juga: Belajar Membangun Bisnis dari Drama Korea 'Start-Up', Coba Yuk!

3. Rain

Hyun Bin dan 6 Aktor Korea yang Sukses Bangun Bisnis Agensi Sendiriwww.instagram.com/rain_oppa/

Di puncak karirnya di tahun 2007, Rain meninggalkan JYP Entertainment untuk membangun perusahaannya sendiri, J. Tune Entertainment. Karena ia memiliki hubungan yang baik dengan co-CEO JYP Park Jin-young, perusahaan itu dinamai anak perusahaan JYP. Namun, perusahaan itu pada akhirnya sepenuhnya bergabung dengan JYP pada 2010 setelah Rain menjual sahamnya ke Park.

Pada 2015, setelah memiliki pengalaman bertahun-tahun tampil di atas panggung dan berurusan dengan industri di belakang panggung, ia mendirikan R.A.I.N Company. Kini agensi ini telah tumbuh menjadi perusahaan besar, yang sekarang menjadi rumah bagi boyband beranggotakan tujuh orang pertamanya, Ciipher, dan aktris Oh Yeju.

4. Hyun Bin

Hyun Bin dan 6 Aktor Korea yang Sukses Bangun Bisnis Agensi SendiriBerbagai sumber

Bintang Crash Landing on You ini memutuskan untuk mandiri bersama dengan teman aktrisnya, Shin Min-ah, setelah agensi mereka bergabung dengan SM Entertainment. Mereka memulai debutnya di O& Entertainment, yang menangani sebagian besar kesepakatan iklan dan akting Hyun Bin setelah dia keluar dari militer.

Ketika kontraknya dengan O& berakhir, Hyun Bin mendirikan Vast Entertainment pada 2016 dengan mentor CEO Kang Kun-taek, yang menangani sebagian besar pekerjaan agensi serta mencari calon trainee. Pada 2019, Vast menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Kakao M. Perusahaan tersebut adalah rumah bagi berbagai aktris seperti Lee Yeon-hee dari My Way dan Kin Ji-in dari Memorist.

Baca Juga: 6 Alasan Drakor Beyond Evil Layak Borong Penghargaan Baeksang Art 2021

5. Jay Park

Hyun Bin dan 6 Aktor Korea yang Sukses Bangun Bisnis Agensi SendiriInstagram

Selain terlahir sebagai entertainer, Jay Park juga terlahir sebagai pengusaha. Mantan anggota 2PM ini mendirikan perusahaan pertamanya, label hip-hop dan R&B Korea, Above Ordinary Music Group (AOMG) pada 2013. Perusahaan tersebut mengadakan acara audisi hip-hop Signhere pada 2019, menjadi label rekaman hip-hop dan R&B pertama yang memiliki program audisi sendiri. Audisi itu ditayangkan di jaringan siaran MBN. AOMG menampung berbagai artis, mulai dari Jay B dan Yugyeom dari GOT7, dan solois perempuan Lee Hi.

Pada 2017, Park mendirikan H1ghr Music dengan penulis lagu dan komposer Cha Cha Malone dengan tujuan untuk membawa bakat dari Seattle dan Korea Selatan ke garis depan industri hip-hop. Saat ini, label mereka menaungi artis dari kedua negara termasuk GroovyRoom, Ph-1, Golden, Sik-K dan Woogie.

6. Psy

Hyun Bin dan 6 Aktor Korea yang Sukses Bangun Bisnis Agensi Sendirisoompi.com

P Nation adalah nama agensi yang didirikan penyanyi Psy pada 2019. Ia mendirikan agensi itu setelah secara resmi meninggalkan YG Entertainment pada 2018, setelah bergabung selama delapan tahun. Rapper Korea-Amerika Jessi menjadi artis pertama yang menandatangani kontrak di bawah agensinya.

Selain itu, beberapa artis lain yang berada di bawah agensinya termasuk Hyuna, Dawn, Heize dan Crush.

7. Lee Seung Gi

Hyun Bin dan 6 Aktor Korea yang Sukses Bangun Bisnis Agensi SendiriLee Seung Gi (Dok. tvN "Mouse")

Hook Entertainment, agensi yang telah menaungi aktor Lee Seung Gi selama 17 tahun, mengumumkan kontrak eksklusifnya dengan sang aktor akan berakhir pada 31 Mei. Setelahnya Lee Seung Gi disebutnya akan mendirikan agensi sendiri dan mempromosikan dirinya secara mandiri.

Namun, pada hari yang sama, outlet media Korea Sports Chosun mengatakan aktor yang diisukan memiliki hubungan dengan aktris Lee Da-in itu akan mendirikan agensi tersebut bersama ayahnya. Belum ada konfirmasi dari Lee sendiri hingga saat ini.

Baca Juga: [QUIZ] Jangan Ngaku Pencinta Drakor kalau Gak Tahu Nama Wisata Ini!

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya