Comscore Tracker

Miliarder AS Sebut Cryptocurrency Bakal Tidak Ada Nilainya

Hedge fund AS ini tak rekomendasikan kripto untuk inveatasi

Jakarta, IDN Times – Manajer pengelola investasi (hedge fund) dan juga miliarder Amerika Serikat (AS) John Paulson, mengatakan bahwa cryptocurrency adalah gelembung (bubble) yang akan tidak berharga pada akhirnya. Dia menggambarkan mata uang atau aset kripto sebagai persediaan terbatas dari ketiadaan.

"Jadi jika ada lebih banyak permintaan daripada pasokan yang terbatas, harganya akan naik. Tapi sejauh permintaan turun, maka harga akan turun. Tidak ada nilai intrinsik untuk salah satu cryptocurrency kecuali ada jumlah yang terbatas,” ujarnya, menurut News Bitcoin, Jumat (3/9/2021).

Baca Juga: Tertarik Forex dan Cryptocurrency? Kenali Dulu Perbedaannya

1. Tidak merekomendasikan orang untuk berinvestasi di cryptocurrency

Miliarder AS Sebut Cryptocurrency Bakal Tidak Ada NilainyaIlustrasi Bitcoin (Twitter.com/bitcoin)

Saat ditanya apakah dia percaya pada cryptocurrency, Paulson menegaskan bahwa dirinya tidak percaya.

“Tidak, saya tidak percaya,” katanya. Ia juga mengatakan tidak merekomendasikan orang untuk berinvestasi di cryptocurrency.

Cryptocurrency, di mana pun mereka diperdagangkan hari ini, pada akhirnya akan terbukti tidak berharga. Setelah kegembiraan habis, atau likuiditas mengering, mereka akan menjadi nol. Saya tidak akan merekomendasikan siapa pun untuk berinvestasi dalam cryptocurrency.”

2. Harga crypto terlalu cepat berubah

Miliarder AS Sebut Cryptocurrency Bakal Tidak Ada NilainyaIlustrasi Mata Uang Kripto/Cryptocurrency. (IDN Times/Aditya Pratama)

Paulson juga memperingatkan soal pergerakan harga cryptocurrency yang terlalu cepat berubah. Selain itu tidak jelas juga batas penurunan harganya. Oleh karenanya ia menyebut crypto juga kurang cocok untuk investasi short.

Menurut Investopedia, posisi short mengacu pada teknik perdagangan di mana investor menjual aset dengan rencana untuk membelinya lagi nanti.

“Di crypto, ada kerugian tak terbatas. Jadi meskipun saya bisa benar dalam jangka panjang, dalam jangka pendek, saya akan musnah. Dalam kasus Bitcoin, harganya berubah dari 5.000 ribu dolar AS menjadi 45 ribu dolar AS. Itu terlalu mudah berubah untuk short,” jelasnya.

Baca Juga: Bukan Cuma Elon Musk, 9 Selebritas Ini Juga Main Cryptocurrency

3. Tentang Paulson

Miliarder AS Sebut Cryptocurrency Bakal Tidak Ada NilainyaIlustrasi Bitcoin (Twitter.com/bitcoin)

John Paulson merupakan presiden dan manajer portofolio perusahaan investasi AS Paulson & Co. Manajer dana lindung nilai ini menjadi terkenal di dunia pada tahun 2007 karena pernah menghasilkan puluhan miliar dolar AS dengan memprediksi kejatuhan pasar perumahan AS.

Paulson meramalkan krisis subprime mortgage dan bertaruh melawan sekuritas berbasis mortgage dengan berinvestasi dalam credit default swaps.

Baca Juga: Bukan Nyaingin Cryptocurrency, BI Bakal Terbitkan Mata Uang Digital

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya