Comscore Tracker

Paypal Akan Meluncurkan Dompet Lokal di Tiongkok

Dompet itu akan berfokus pada pembayaran lintas batas

Jakarta, IDN Times – CEO PayPal Tiongkok Hannah Qiu mengatakan perusahaan fintech asal Amerika Serikat (AS) itu akan meluncurkan dompet domestik di Negeri Tirai Bambu.

Namun demikian, tujuan dari peluncuran dompet domestik bukan untuk bersaing dengan pemain dominan seperti Alipay dan WeChat Pay dalam bisnis pembayaran domestik. PayPal akan fokus pada pembayaran lintas batas, katanya.

“Bisnis masa depan kami terutama pada transaksi lintas batas. Nilai kami lebih dari luar negeri. Di pasar luar negeri kami, ada lebih dari 377 juta pengguna individu dan lebih dari 20 juta pengguna korporat,” kata Qiu dalam sambutan di sesi panel yang diselenggarakan oleh CNBC di Boao Forum for Asia di provinsi Hainan, Senin (19/4/2021).

“Kami memiliki jaringan pengguna yang besar. Jadi, yang perlu kami lakukan adalah membangun jembatan, membawa produk China yang bagus ke luar negeri dan membawa produk luar negeri yang bagus kembali ke China,” tambahnya.

Baca Juga: Mengenal PayPal, Sarana Pembayaran Level Internasional

1. Kehadiran PayPal di pasar Tiongkok

Paypal Akan Meluncurkan Dompet Lokal di TiongkokPeningkatan pembayaran elektronik melalui Paypal. wptravelengine.com/

Pada bulan Januari, PayPal menjadi perusahaan asing pertama dengan 100 persen kepemilikan platform pembayaran di Tiongkok. Namun hingga saat ini, PayPal masih bungkam dengan rencananya itu.

Di Tiongkok sendiri, pasar domestiknya didominasi oleh WeChat dari Tencent dan Alipay yang dimiliki oleh afiliasi Alibaba, Ant Group. Qiu mengatakan PayPal tidak akan bersaing dengan dua layanan ini.

“Kami tidak memiliki persaingan langsung dengan perusahaan pembayaran lokal. Sebaliknya, kami memiliki banyak kerja sama dengan mereka. Saya tidak mencantumkan nama perusahaan, tapi kami memiliki kerja sama yang sangat dalam dengan beberapa perusahaan lokal,” kata Qiu.

2. Operator asing pertama dengan kontrol platform 100 persen

Paypal Akan Meluncurkan Dompet Lokal di TiongkokPayPal di smartphone. newsroom.paypal-corp.com

PayPal Holding Inc telah menjadi operator asing pertama dengan kontrol 100 persen atas platform pembayarannya di Tiongkok, menurut data pemerintah.

PayPal telah mengakuisisi 30 persen saham yang belum dimilikinya di GoPay Tiongkok, yang secara resmi dikenal sebagai Guofubao Information Technology Co., pada 31 Desember 2020, menurut data pemegang saham dari Sistem Publisitas Informasi Kredit Perusahaan Nasional.

Pembelian saham tersebut terjadi setahun setelah PayPal membeli 70 persen saham di GoPay dengan jumlah transaksi yang tidak diungkapkan. Setelah itu, PayPal menjadi perusahaan asing pertama yang diberi lisensi untuk menyediakan layanan pembayaran online di Tiongkok, menurut Economic Times.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Menggunakan PayPal 

3. Peluang besar PayPal di pasar Tiongkok

Paypal Akan Meluncurkan Dompet Lokal di TiongkokInstagram.com/paypal

Memasuki pasar keuangan Tiongkok jelas merupakan langkah ekspansi besar-besaran untuk PayPal dan akan membuka banyak peluang besar, terutama mengingat betapa pesatnya pertumbuhan pasarnya.

Pasar pembayaran Tiongkok diperkirakan akan tumbuh lebih dari 96 triliun dolar AS pada 2023, menurut Forbes. PayPal sekarang memiliki peluang untuk memanfaatkan peluang emas ini dan mengamankan bagiannya. Di sisi lain, meningkatnya permintaan akan e-commerce, yang memainkan peran penting di pasar keuangan Tiongkok juga akan menjadi pendorong bisnis PayPal.

Jumlah pengguna aktif pembayaran seluler diperkirakan akan meningkat pesat hingga mencapai 956 juta pada tahun 2023.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Top Up atau Isi Saldo PayPal 

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya