Comscore Tracker

Pengalaman Pelanggan Penting untuk Kembangkan Bisnis

Pelaku bisnis sering hanya fokus ke pemasaran

Jakarta, IDN Times – Pelaku bisnis sering kali menghabiskan begitu banyak dana untuk pemasaran, namun tidak banyak dana dan tenaga yang dihabiskan untuk pengalaman personal pelanggan. Padahal, menurut Viktor Iwan Kristanda, CEO dan Founder Doxadigital Creative Digital Agency, pengalaman personal pelanggan merupakan hal yang sangat penting dalam suatu bisnis.

Ia juga mengatakan bahwa terkadang pemasar menyalahkan performa sebuah platform pemasaran tertentu, padahal pengalaman pelangganlah yang menjadi masalah utamanya. Untuk alasan itu, ia menyebut Doxadigital hadir untuk mengedukasi pebisnis dan pemasar tentang pentingnya kampanye pemasaran berbasis digital yang berfokus pada pengalaman pelanggan.

Doxadigital Creative Digital Agency merupakan satu dari lima pakar produk Google Ads di Indonesia, menurut rilis dari Google pada tahun 2021.

Baca Juga: 7 Tips Pemasaran untuk Startup, Manfaatkan Teknologi dan Media Sosial

1. Masalah yang dihadapi pelanggan

Pengalaman Pelanggan Penting untuk Kembangkan BisnisPexels.com/Kaboompics.com

Dalam rilis yang diterima IDN Times, Selasa (18/1/2022), Viktor mengatakan bahwa Doxadigital melihat masalah yang terjadi dalam banyak bisnis dalam pemasaran berbasis digital saat ini adalah fokus untuk terus menambahkan pelanggan baru. Padahal, data menunjukkan biaya penjualan kepada pelanggan baru lima kali lebih mahal dibandingkan dengan menjual kepada pelanggan yang sudah ada.

Ia juga menyebut bahwa pelanggan acap kali mengalami pengalaman yang kurang baik terkait laman yang lambat diakses, customer service yang lama dalam memberikan respons dan juga gagal memberikan respons yang tepat.

Baca Juga: 7 Tips Pemasaran untuk Startup, Manfaatkan Teknologi dan Media Sosial

2. Freshworks jadi solusi masalah layanan komunikasi pelanggan

Pengalaman Pelanggan Penting untuk Kembangkan BisnisInisiatif Doxadigital dan Freshworks Bantu Bisnis Berfokus pada Pengalaman Pelanggan - (Doxadigital/Freshworks)

Menanggapi kondisi ini, Viktor mengatakan bahwa Doxadigital bersama mitra ingin mengedukasi pasar sekaligus memperkenalkan Freshworks sebagai salah satu solusi yang berfokus pada layanan komunikasi dengan pelanggan melalui beragam kanal pemasaran.

“Dengan persaingan pemasaran berbasis digital yang bergantung pada Machine Learning, saatnya bisnis berfokus pada layanan pelanggan terintegrasi agar tercipta sebuah pengalaman unik yang menjadi sebuah pembeda yang signifikan,” kata Viktor.

Baca Juga: 6 Aplikasi Pendukung Pemasaran Produk bagi Pelaku UMKM

3. Tentang Freshworks

Pengalaman Pelanggan Penting untuk Kembangkan Bisnispexels

Freshworks merupakan perusahaan aplikasi untuk layanan pelanggan yang saat ini memiliki lebih dari 3.400 cabang di seluruh dunia dan memiliki produk unggulan seperti freshdesk, freshservice, freshsales, dan freshmarketing.

Adapun kehadiran Freshworks, menurut Viktor, dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan pemasaran seperti optimasi kampanye digital yang dianggap boros karena hanya bergantung pada platform iklan dan media sosial. Selain itu, Freshwork juga bisa meningkatkan layanan pelanggan terintegrasi.

“Juga membangun media komunikasi pelanggan melalui beragam media komunikasi, live chat, WhatsApp, e-mail, hingga telepon,” menurut pernyataan tersebut.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya