Comscore Tracker

100 Hari Jadi Mendag, Zulhas Pamer Turunkan Harga Minyak Goreng

Zulhas juga klaim sukses turunkan harga kebutuhan pokok

Jakarta, IDN Times - Zulkifli Hasan alias Zulhas pamer kinerjanya selama 100 hari menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) RI. Dalam 100 hari tersebut, Zulhas mengklaim berhasil mengerjakan apa yang diperintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo ketika pertama kali menunjuknya sebagai orang nomor satu di Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Sebagai informasi, Zulhas menjabat sebagai Mendag pertama kali pada 15 Juni 2022. Salah satu hal yang diperintahkan Jokowi kepada Zulhas kala itu adalah menurunkan harga minyak goreng.

"Waktu duduk pertama kali sebagai menteri, harga minyak goreng gak terkendali. Perintah Presiden dalam dua bulan harus turun jadi Rp14 ribu. Hari pertama saya agak gugup waktu itu," ujar Zulhas dalam acara Kinerja 100 Hari Kerja Menteri Perdagangan di Kantor Kemendag, Jakarta, Minggu (25/9/2022).

Baca Juga: Zulhas ke Pedagang: Tak Ada Penghapusan Listrik 450 VA

1. Harga minyak goreng berhasil diturunkan

100 Hari Jadi Mendag, Zulhas Pamer Turunkan Harga Minyak GorengMinyak goreng satu harga (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Kendati sempat gugup pada hari pertama, Zulhas mengaku berhasil menemukan benang merah yang menyebabkan naiknya harga minyak goreng.

Setelah itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut bertekad menurunkan harga minyak goreng di Jawa-Bali dalam kurun waktu dua minggu dan tiga minggu untuk wilayah Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Harga minyak goreng curah pun kemudian berangsur turun menjadi Rp13.800 per liter yang juga ada di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) pada 21 September 2022. Angka tersebut turun 15,24 persen dibandingkan 15 Juni 2022 yang mencapai Rp16.400 per liter.

"Sekarang rata-rata Rp13.800. Papua dan Maluki sudah Rp14 ribu, tapi di perkotaan kalau yang di gunung beda lagi karena mengangkutnya pakai pesawat," kata Zulhas.

Zulhas menambahkan, pihaknya juga berhasil mendistribusikan minyak goreng rakyat ke seluruh Indonesia yang diberi nama MINYAKITA sesuai HET.

Baca Juga: Rayu Bos Pabrik Nike Buka Cabang di Lampung, Zulhas: Itu Kampung Saya

2. Harga bahan pokok juga alami penurunan

100 Hari Jadi Mendag, Zulhas Pamer Turunkan Harga Minyak GorengIlustrasi daging sapi di pasar (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Di sisi lain, Zulhas juga mengklaim berhasil menurunkan harga sejumlah bahan pokok (bapok). Hal tersebut juga menjadi tugas yang diberikan oleh Jokowi kepada dirinya sebagai Mendag.

Mantan Ketua MPR RI itu mengatakan, harga daging sapi kini ada di rentang Rp120 ribu hingga Rp150 ribu per kilogram. Lalu harga cabai rata-rata Rp50 ribu sampai Rp60 ribu per kilogram. Kemudian harga bawang stabil pada level Rp30 ribu per kilogram.

Sementara itu, harga telur ayam ada pada kisaran Rp27 ribu hingga Rp28 ribu per kilogram.

"Kalau daging ayam itu harus paling murah Rp35 ribu karena modalnya itu Rp24 ribu. Kalau di bawah itu rugi peternak ayam," ucap Zulhas.

3. Harga beras alami kenaikan

100 Hari Jadi Mendag, Zulhas Pamer Turunkan Harga Minyak GorengIlustrasi beras. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Meski begitu, Zulhas mengakui masih ada harga bapok yang mengalami kenaikan. Bapok tersebut adalah beras yang disebabkan mahalnya harga gabah.

"Jadi harga-harga bapok sampai hari ini stabil, tapi beras masih naik karena gabahnya lagi mahal. Kalau (harga) gabahnya ditekan lagi jadi susah para petani," katanya.

Baca Juga: Bos BI Heran, Stok Beras Melimpah Tapi Harga Naik 

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya