Comscore Tracker

4 Cara Mengatur Keuangan Buat Suami Istri yang Bekerja

Simak agar rumah ganggu tidak terganggu isu ekonomi!

Jakarta, IDN Times - Persoalan ekonomi bisa jadi satu problem yang kerap menganggu keharmonisan rumah tangga. Hal tersebut tak terkecuali tentang bagaimana cara mengatur keuangan keluarga jika suami dan istri bekerja.

Bagi pasangan yang tidak pandai dalam hal itu maka pengaturan keuangan akan jadi masalah bagi kehidupan rumah tangga.

Nah, berikut ini empat cara mengatur keuangan keluarga jika suami dan istri bekerja sehingga tidak menimbulkan gejolak rumah tangga di masa mendatang.

1. Saling terbuka dan percaya

4 Cara Mengatur Keuangan Buat Suami Istri yang BekerjaIlustrasi suami istri (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Cara pertama mengatur keuangan keluarga jika suami dan istri bekerja adalah dengan saling terbuka serta saling percaya.

Sikap saling terbuka sangat diperlukan antara suami dan istri agar bisa mengetahui kebiasaan masing-masing dalam menggunakan uang.

Tidak hanya itu, dengan mulai terbuka kepada pasangan maka akan memudahkan kamu dan pasangan dalam merancang tujuan keluarga kecilmu.

Baca Juga: 3 Tips Keuangan Biar Kamu Gak Belanja Impulsif, Yuk Simak! 

2. Tentukan bendahara keluarga

4 Cara Mengatur Keuangan Buat Suami Istri yang BekerjaIlustrasi pasangan suami istri dengan kondisi istri sedang hamil. (Unsplash.com/johnlooy)

Setelah kamu dan pasangan mulai terbuka soal keuangan maka hal berikutnya yang mesti dilakukan adalah menentukan siapa bendahara keluarga.

Artinya, kamu dan pasangan menentukan siapa yang memegang uang bersama dan juga segala pelaporannya. Hal itu dilakukan agar kamu dan pasangan bisa semkain mudah dalam mengontrol keuangan secara bersama.

3. Membuat rencana keuangan bersama

4 Cara Mengatur Keuangan Buat Suami Istri yang Bekerjailustrasi rencana keuangan (pexels.com/Bich Tran)

Cara berikutnya mengatur keuangan keluarga jika suami dan istri bekerja adalah dengan membuat rencana keuangan bersama.

Ketika kamu dan pasangan membuat rencana keuangan bersama maka kamu akan merasa ada satu hal yang dinanti untuk mencapai tujuan tersebut.

Bukan hanya itu, dengan membuat rencana keuangan bersama, kamu dan pasangan bakal menjadi lebih terarah sekaligus memiliki motivasi untuk selalu memperbaiki diri dalam mencapai tujuan keuangan bersama.

4. Hindari persaingan ekonomi

4 Cara Mengatur Keuangan Buat Suami Istri yang BekerjaIlustrasi menikah (IDN Times/Mardya Shakti)

Kamu dan pasangan hendaknya menghindari persaingan ekonomi kendati sama-sama bekerja. Hal tersebut tidak akan ada habis-habisnya jika kamu dan pasangan justru sibuk membanding-bandingkan dan bukannya malah fokus mencapai tujuan keuangan bersama.

Patut kamu ingat bahwa rezeki pada dasarnya bukan hanya ekonomi. Rezeki juga bisa berupa pasangan yang mengertimu dan tidak menuntut banyak hal ke kamu.

Maka dari itu, jika kamu tidak bersaing secara ekonomi dan lebih fokus dengan apa yang kamu dan pasangan miliki saat ini tentu itu akan mempermudah dalam mencapai tujuan keuangan bersama.

Nah itu dia empat cara mengatur keuangan keluarga jika suami dan istri bekerja. Semoga membantu ya!

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Keuangan Bagi Kamu Orangtua Baru

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya