Comscore Tracker

Ada Kereta Cepat, Pemerintah Mau Argo Parahyangan Jadi Kereta Logistik

Untuk memudahkan pergerakan logistik Jakarta-Bandung

Jakarta, IDN Times - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II, Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan, kemungkinan KA Argo Parahyangan Jakarta-Bandung bakal diubah menjadi kereta logistik.

Hal itu untuk mengakomodasi kehadiran Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada tahun depan.

"Kita sedang diskusi, ini belum final. Kita sedang diskusikan bahwa Argo Parahyangan ini kita akan dorong untuk logistik karena pemerintah juga nantinya ingin barang ini benar-benar dari Bandung ke Jakarta pakai kereta," kata pria yang karib disapa Tiko tersebut kepada IDN Times, Senin (5/12/2022).

Pemerintah, kata Tiko, tengah mengkaji kemungkinan untuk memindahkan penumpang ke KCJB. Sementara Argo Parahyangan fokus mengangkut barang-barang.

Baca Juga: Biaya Proyek Kereta Cepat Jkt-Bdg Bengkak, Luhut: Sudah Selesai

1. Kereta logistik di Indonesia masih belum banyak

Ada Kereta Cepat, Pemerintah Mau Argo Parahyangan Jadi Kereta LogistikIlustrasi Kereta (KA Argo Parahyangan) (Dok. Kereta Api Indonesia)

Tiko pun menambahkan, keinginan pemerintah tersebut tidak terlepas dari fakta bahwa masih minimnya kereta logistik di Indonesia.

"Kita ini kan negara yang sebenarnya agak tertinggal dari sisi logistik kereta. Kalau kita lihat di Amerika mungkin 70-80 persen movement of logistics itu pakai kereta dan kalau di kita kan kereta hanya penumpang," ucap mantan Direktur Utama Bank Mandiri tersebut.

2. KAI bakal patuh kepada pemerintah

Ada Kereta Cepat, Pemerintah Mau Argo Parahyangan Jadi Kereta LogistikIlustrasi kereta api. (IDN Times/Galih Persiana)

Sebelumnya diberitakan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan mematuhi semua keputusan pemerintah pada masa mendatang, termasuk jika harus 'menghentikan' laju KA Argo Parahyangan untuk KCJB.

"Mengenai hal tersebut, kami akan terus berkoordinasi dengan seluruh stakeholders. Adapun jika nantinya diputuskan pemerintah seperti itu, KAI sebagai operator tentunya akan patuh terhadap kebijakan dan peraturan pemerintah," ucap VP Public Relations KAI, Joni Martinus kepada IDN Times.

KAI, sambung Joni, berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

3. KAI masih mengoperasikan Argo Parahyangan

Ada Kereta Cepat, Pemerintah Mau Argo Parahyangan Jadi Kereta LogistikIDN Times/Galih Persiana

Joni menambahkan, KAI sampai saat ini masih mengoperasikan Argo Parahyangan untuk melayani masyarakat yang hendak bepergian dari Jakarta menuju Bandung.

"Hingga saat ini KAI masih tetap mengoperasikan KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung pp) seperti biasa," ujar dia.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya