Comscore Tracker

Beli Rumah atau Mobil, Mana yang Harus Dipilih Duluan?

Membeli rumah atau mobil terlebih dulu kerap jadi persoalan

Jakarta, IDN Times - Membeli rumah atau mobil kerap menjadi dilema bagi beberapa orang. Di satu sisi, mereka ingin mempunyai rumah untuk dijadikan tempat tinggal, sedangkan di sisi lain mereka ingin mempunyai mobil untuk mempermudah mobilitas.

Namun, pada dasarnya hal tersebut bisa disikapi dengan mudah jika kamu tahu mana yang jadi prioritas dan mana merupakan kebutuhan paling mendesak. Selain itu, ada beberapa pertimbangan yang bisa kamu jadikan acuan jika kamu bingung memilih antara membeli rumah atau mobil terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa pertimbangan tersebut yang dilansir dari lifepal.co.id.

Baca Juga: 5 Cara Mempertahankan Bisnis di tengah Pandemik, Jangan Menyerah!

1. Kondisi keuangan

Beli Rumah atau Mobil, Mana yang Harus Dipilih Duluan?ilustrasi keuangan (IDN Times/Mela Hapsari)

Rumah atau mobil merupakan barang yang sama-sama memiliki harga mahal. Untuk itu, kamu perlu dengan bijak mempertimbangkan kondisi keuanganmu ketika memutuskan untuk membeli di antara kedua barang tersebut.

Sebagai contoh, mobil multipurpose low vehicle (MPV) saat ini memiliki rerata harga di atas Rp170 juta per unit. Harga tersebut bisa lebih mahal untuk mobil jenis sama dengan kapasitas 7 seat, yakni di atas Rp200 juta per unitnya.

Di sisi lain, harga rumah juga lumayan mahal apalagi jika lokasinya strategis seperti pusat kota yang bisa dibanderol hingga miliaran rupiah. Kamu bisa mendapatkan rumah dengan harga terjangkau di daerah-daerah yang memang masih dikembangkan infrastrukturnya.

Maka dari itu, pertimbangkan kondisi keuanganmu sebelum memilih untuk membeli rumah atau mobil dan pastikan kamu tetap memiliki dana darurat dan atau tabungan setelah membeli barang tersebut.

2. Temukan yang menjadi kebutuhan

Beli Rumah atau Mobil, Mana yang Harus Dipilih Duluan?Ilustrasi Investasi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Persoalan membeli rumah lebih dahulu atau mobil lebih dahulu bukanlah jawaban matematika yang ada salah dan benarnya.

Semua itu kembali lagi pada kebutuhan kamu yang artinya, jika kamu tidak membeli salah satu di antara keduanya, hidup kamu masih bisa berjalan dengan baik dan tak ada dampak buruknya untukmu.

Jika kamu butuh mobil untuk menunjang pekerjaanmu, maka membeli mobil adalah kebutuhan yang mesti kamu penuhi.

Namun, jika kamu butuh rumah untuk tinggal bersama keluarga, maka membeli rumah adalah kebutuhan yang harus kamu penuhi agar kehidupan berkeluargamu bisa semakin baik ke depannya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Menabung dari Sekarang, agar Bisa Senang-senang!

3. Pastikan nilai manfaat untuk jangka panjang

Beli Rumah atau Mobil, Mana yang Harus Dipilih Duluan?ilustrasi investasi dan keuangan (IDN Times/Sukma Shakti)

Hal berikutnya yang harus kamu pikirkan sebelum memutuskan membeli rumah atau mobil adalah nilai manfaatnya. Usahakan pilihanmu tersebut adalah yang paling memberikan manfaat secara jangka panjang.

Misalnya, jika kamu sudah berkeluarga dan berencana memiliki anak atau bahkan sudah memiliki anak, tetapi masih tinggal di rumah orang tua, tentu kamu membutuhkan rumah terlebih dahulu ketimbang mobil.

4. Kenaikan harga di masa depan

Beli Rumah atau Mobil, Mana yang Harus Dipilih Duluan?Ilustrasi Kenaikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Baik mobil atau rumah sama-sama memiliki nilai investasi di masa depan. Namun, keduanya memiliki potensi nilai yang bisa naik atau turun seiring dengan berjalannya waktu.

Dalam hal ini, rumah merupakan jenis harta yang memiliki nilai inevstasi lebih baik daripada kendaraan, terutama untuk jangka panjang.

Harga rumah di masa depan cenderung terus naik daripada harga mobil. Namun, mobil lebih mudah dijual ketimbang rumah jika nantinya kamu membutuhkan dana atau uang dari kedua jenis harta tersebut.

Nah, itu dia empat pertimbangan yang bisa kamu gunakan sebelum memutuskan membeli rumah atau mobil terlebih dahulu. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Belanja Online dengan COD Kurang Praktis

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya