Comscore Tracker

[BREAKING] Sesuai Prediksi Jokowi, Ekonomi RI Tumbuh 7,07 Persen

"Ini positif, ini menambah optimisme kita."

Jakarta, IDN Times - Prediksi Presiden Joko "Jokowi" Widodo terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2021 tidak meleset. Badan Pusat Statistik (BPS) resmi merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2021 berhasil melesat 7,07 persen year on year (yoy).

"Dibandingkan pada triwulan II-2020, perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 7,07 persen," kata Kepala BPS, Margo Yuwono, dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Kamis (5/8/2021).

Jokowi sendiri menyampaikan optimismenya terkait pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 lebih dari 7 persen pada Mei lalu. Kala itu, Jokowi yakin karena adanya kenaikan peredaran uang kartal selama periode Idul Fitri 2021.

"Tadi pagi saya mendapatkan laporan periode Idul Fitri ada peredaran uang kartal itu Rp154,5 triliun. Dibandingkan Idul Fitri 2020 ada kenaikan 41,5 persen. Ini positif, ini menambah optimisme kita," ujar Jokowi saat memberikan arahan kepada kepala daerah, yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/5/2021).

Jokowi merasa target pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II-2021 lebih dari 7 persen adalah hal yang sulit. Hal itu berkaca dari capaian pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021 yang terkontraksi minus 0,74 persen.

Namun, Jokowi tetap meyakini target tersebut bisa dicapai jika semuanya, termasuk seluruh kepala daerah baik itu gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh Indonesia, bekerja bersama-sama.

Sebab, pertumbuhan ekonomi nasional diperoleh dari agregat pertumbuhan ekonomi yang terjadi di provinsi, kabupaten, dan kota.

"Target kita di kuartal kedua, saya sudah memberikan target, kurang lebih harus di atas 7 persen. Bayangkan, dari minus 0,74 persen saya minta di atas 7 persen, tetapi indikasi ke arah sana ada, tergantung kerja keras kita bersama," kata Jokowi.

Baca Juga: [BREAKING] Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal II-2021 Naik 7,07 Persen

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya