Comscore Tracker

Garuda Tambah Frekuensi Penerbangan Rute Domestik, Ini Daftarnya

Frekuensi penerbangan yang ditambah rute berkinerja positif

Jakarta, IDN Times - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) menambah frekuensi penerbangan pada rute-rute domestik dengan capaian kinerja yang positif.

Penambahan frekuensi rute penerbangan domestik tersebut dilakukan selama periode September-Oktober.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, hal itu dilakukan sejalan dengan upaya pihaknya dalam mengoptimalkan peran sebagai national flag carrier dan juga sesuai dengan langkah pemulihan kinerja perseroan.

"Hal ini sejalan dengan upaya berkelanjutan perusahaan dalam memaksimalkan ketersediaan layanan penerbangan khususnya di tengah momentum pemulihan industri pariwisata saat ini serta memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional," ucap Irfan, dalam pernyataan resmi yang dikutip IDN Times, Senin (10/10/2022).

Baca Juga: Garuda Kembali Layani Rute Jakarta-Melbourne, Segini Harga Tiketnya 

1. Rute penerbangan yang ditambah frekuensinya oleh Garuda

Garuda Tambah Frekuensi Penerbangan Rute Domestik, Ini DaftarnyaArmada Garuda Indonesia yang menerbangkan bantuan kemanusiaan dari Indonesia ke Afghanistan. (dok. Garuda Indonesia)

Adapun penambahan frekuensi tersebut telah dan akan dilaksanakan pada beberapa rute penerbangan domestik yang dilayani dari Jakarta, di antaranya:

  • Jakarta–Tanjung Pinang yang mulai 2 Oktober 2022 akan dilayani sebanyak 5 kali setiap minggunya (dari sebelumnya 2 kali per minggu)
  • Jakarta–Malang, yang mulai 17 Oktober 2022 akan dilayani sebanyak 3 kali setiap minggunya (dari sebelumnya 2 kali per minggu)
  • Jakarta–Bengkulu, yang mulai 2 Oktober 2022 akan dilayani sebanyak 5 kali setiap minggunya (dari sebelumnya 3 kali per minggu)
  • Jakarta–Palangkaraya, yang mulai 14 Oktober 2022 akan dilayani sebanyak 4 kali setiap minggunya (dari sebelumnya 3 kali per minggu)
  • Jakarta–Lampung, yang mulai 24 September 2022 dilayani setiap hari (dari sebelumnya 6 kali per minggu).

Baca Juga: Garuda Indonesia Prediksi Kinerja Usaha Tumbuh Positif di Kuartal IV

2. Penambahan frekuensi penerbangan disesuaikan dengan ketersediaan armada

Garuda Tambah Frekuensi Penerbangan Rute Domestik, Ini DaftarnyaPenumpang pesawat Garuda Indonesia. (IDN Times/Holy Kartika)

Irfan pun mengungkapkan, penambahan frekuensi tersebut dilaksanakan secara bertahap melalui serangkaian evaluasi. Adapun evaluasi dilakukan secara khusus terhadap rute-rute yang berkontribusi terhadap kinerja positif Garuda Indonesia.

Selain itu, penambahan frekuensi penerbangan juga diselaraskan dengan ketersediaan armada. Irfan menambahkan, ketersediaan armada tersebut akan terus dioptimalkan pihaknya melalui program restorasi armada.

"Penambahan frekuensi penerbangan ini menjadi bentuk komitmen kami sebagai national flag carrier untuk memastikan konektivitas udara bagi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik khususnya jelang periode peak season akhir tahun nanti," ucap Irfan.

Lebih dari itu, sambung Irfan, peningkatan frekuensi penerbangan juga turut menjadi proyeksi optimisme Garuda terhadap outlook kinerja positif mereka ke depannya.

"Kami akan terus mengakselerasi pertumbuhan kinerja kami melalui penyelarasan basis kapasitas alat produksi dengan demand pasar yang terus tumbuh secara konsisten di tengah berbagai langkah percepatan penanganan pandemi," kata Irfan.

3. Garuda operasikan kembali rute Makassar-Denpasar PP

Garuda Tambah Frekuensi Penerbangan Rute Domestik, Ini DaftarnyaIlustrasi pesawat Garuda Indonesia. (IDN Times/Uni Lubis)

Sebelumnya, Garuda Indonesia kembali melayani penerbangan Makassar-Denpasar pulang pergi (PP) per akhir pekan lalu atau Jumat (7/10/2022).

Pengoperasian rute Makassar-Denpasar PP jadi bagian dari upaya Garuda Indonesia memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap aksesibilitas transportasi udara yang menghubungkan dua hub penerbangan terbesar di wilayah Indonesia Timur dan Indonesia Tengah tersebut.

Irfan mengatakan, pengoperasian kembali rute Makassar-Denpasar PP jadi langkah perseroan mengoptimalkan peluang pangsa pasar domestik.

"Dibukanya rute penerbangan Makassar–Denpasar PP ini juga kami harapkan dapat turut memaksimalkan momentum pemulihan sektor pariwisata, dengan menghubungkan dua destinasi wisata unggulan nasional, yakni Makassar dan Denpasar, melalui layanan penerbangan langsung," tutur Irfan.

Baca Juga: Eks Anggota DPR Diduga Terlibat Korupsi PT Garuda Indonesia Rp100 M

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya