Comscore Tracker

Kunjungi Pasar Tomang Barat, Zulhas Klaim Jadi Menterinya Ibu-Ibu

Zulhas belikan ibu-ibu bahan pokok

Jakarta, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas mengunjungi Pasar Tomang Barat di Jakarta Barat pada Kamis (18/8/2022) pagi. Pada kunjungan tersebut, Zulhas mentraktir ibu-ibu yang tengah berbelanja di Pasar Tomang Barat.

Zulhas terpantau membeli sejumlah bahan pokok seperti bawang merah, cabai merah, tomat, dan daging.

Bahan-bahan pokok itu dibeli Zulhas untuk kemudian diberikan kepada ibu-ibu di pasar tersebut. Nita menjadi salah seorang konsumen yang ditraktir oleh Zulhas.

Zulhas membeli satu kilogram bawang merah, cabai merah, dan tomat untuk diberikan kepada Nita.

"Mendag, menterinya ibu-ibu," ucap Zulhas seraya memberikan bahan pokok tersebut ke Nita.

Selain itu, Zulhas juga membeli dua kilogram daging sapi yang juga kemudian dibagikan kepada ibu-ibu di Pasar Tomang Barat.

Baca Juga: Cerita Zulhas Sempat Kepedean PAN Dapat Kursi Menteri ATR, Ternyata Mendag

1. Digitalisasi pasar

Kunjungi Pasar Tomang Barat, Zulhas Klaim Jadi Menterinya Ibu-IbuMenteri Perdagangan, Zulkifli Hasan saat mengunjungi Pasar Tomang Barat, Kamis (18/8/2022). (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Adapun agenda utama Zulhas di Pasar Tomang Barat adalah untuk melihat perkembangan digitalisasi yang ada di sana

Diketahui, beberapa pedagang di Pasar Tomang Barat sudah melakukan digitalisasi pada jualannya bekerja sama dengan Grab lewat program GrabMart Pasar.

Beberapa pedagang sayur, daging, dan bumbu di Pasar Tomang Barat mengaku kepada Zulhas bahwa mereka terbantu dengan GrabMart Pasar terutama dalam hal peningkatan omzet jualannya.

"Hari ini saya dengan Grab, Grab ini kita lihat banyak sekali (pedagang). Ada yang tadi setengah bulan sudah 90 juta ini melalui Grab saja, belum yang datang langsung, jadi lebih ya omzetnya. Yang tadi kita temui itu Agung sayur subur, satu lagi Rizal bumbu subur juga, jadi artinya gak bermasalah, bahagia banyak untung," tutur Zulhas.

Baca Juga: Zulhas Mau Alfamart hingga Indomaret Tembus ke Luar Negeri

2. Targetkan 1.000 pasar terdigitalisasi

Kunjungi Pasar Tomang Barat, Zulhas Klaim Jadi Menterinya Ibu-IbuGrabMart Pasar (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Zulhas kemudian menyampaikan targetnya untuk mendigitalisasi 1.000 pasar di Tanah Air. Untuk itu, dia berterima kasih kepada Grab yang telah membantu pemerintah dalam upaya digitalisasi pasar.

"Grab ini kita terima kasih sudah ratusan pasar lebih, mungkin sekitar 300-an pasar yang kerja sama dan kita juga targetnya memang seribuan pasar yang begini dengan lebih dari satu juta (pedagang) yang kerja sama dengan digital platform ini," ucap dia.

3. Digitalisasi pasar untungkan penjual dan pembeli

Kunjungi Pasar Tomang Barat, Zulhas Klaim Jadi Menterinya Ibu-IbuMenteri Perdagangan, Zulkifli Hasan saat mengunjungi Pasar Tomang Barat, Kamis (18/8/2022). (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Platform digital sendiri, sambung Zulhas, bisa menguntungkan penjual dan pembeli. Melalui digitalisasi, penjual akan lebih mudah menjual barangnya kepada konsumen dan pembeli akan lebih mudah mendapatkan barang dari penjual.

"Digital platform itu penting untuk mempertemukan penjual dan pembeli, lebih mudah dan lebih efisien misalnya pasar. Pasar kalau sudah berkembang di kota besar, orang kadang-kadang kan malas ya ke pasar. Kalau sudah begitu rugi (penjual) karena tidak ada yang datang, jadi sepi. Ada solusinya yaitu melalui platform digital," ucap eks Ketua MPR tersebut.

Baca Juga: Cek ke Pasar Gayamsari, Zulhas Kaget Ada Minyak Goreng Curah Kemasan Botol

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya