Comscore Tracker

Kustomfest 2022, Upaya Pegadaian Bantu UMKM Indonesia

Pegadaian ingin memasyarakatkan investasi di UMKM

Jakarta, IDN Times - Dukungan terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus datang dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Salah satunya melalui PT Pegadaian yang hadir dalam Kustom Kulture Fest (KustomFest) 2022 pada 1-2 Oktober tahun ini di Yogyakarta.

Dalam gelaran festival tersebut, Pegadaian memberikan dukungan langsung terhadap UMKM yang bergerak di sektor otomotif.

"Pegadaian selalu ambil bagian di event KustomFest yang rutin digelar di Yogyakarta, karena memiliki semangat yang sama untuk membangun dan mengembangkan kreativitas para builder lokal," kata Sekretaris Perusahaan Pegadaian, Yudi Sadono, dalam keterangan resmi yang diperoleh IDN Times, Jumat (30/9/2022).

1. KustomFest jadi ajang membangkitkan kesadaran investasi masyarakat

Kustomfest 2022, Upaya Pegadaian Bantu UMKM IndonesiaIlustrasi Investasi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Yudi menambahkan, KustomFest memberikan inspirasi bahwa hobi dan kreativitas bisa membangun masa depan. Pegadaian, kata Yudi, ingin agar UMKM bisa menata masa depan dengan berinvestasi.

Selain itu, Pegadaian juga ingin menjadi solusi pembiayaan untuk mengembangkan kreativitas para builder lokal melalui ragam produk yang dimiliki Pegadaian.

"Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum tersentuh layanan keuangan formal. Pada saat yang bersamaan di Bulan Inklusi Keuangan (BIK), semua industri jasa keuangan secara serentak melaksanakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan literasi keuangan. Melalui event ini, Pegadaian hadir membantu masyarakat, terutama kaum muda penggemar motor custom untuk bisa mengakses produk dan layanan Pegadaian demi mewujudkan rencana mereka ke depan," tutur Yudi.

Baca Juga: 1,8 Kg Emas Hilang, Eks Kacab Pegadaian Syariah Ditetapkan Tersangka

2. Pegadaian tawarkan diskon dan promosi

Kustomfest 2022, Upaya Pegadaian Bantu UMKM IndonesiaIlustrasi Diskon (IDN Times/Aditya Pratama)

Adapun melalui KustomFest 2022, Pegadaian menawarkan beragam diskon dan promosi yang di antaranya diskon emas sampai dengan Rp1 juta, diskon 20 persen untuk buka tabungan emas, diskon hingga Rp50 ribu untuk top-up tabungan emas, dan diskon Rp1 juta untuk cicil emas serta pembiayaan motor langsung dapat emas batangan satu gram.

Pegadaian juga menawarkan ‘pengalaman emas’ dengan fitur voucher emas Pegadaian, yang bisa didapatkan di lokasi acara KustomFest 2022.

3. Manfaat menabung emas

Kustomfest 2022, Upaya Pegadaian Bantu UMKM IndonesiaIlustrasi Emas (IDN Times/Aditya Pratama)

Investasi dengan menabung emas sejatinya memiliki banyak manfaat, baik bagi individu maupun UMKM.

Manfaat pertama, kamu dapat mencicil pembelian mulai dari 0,01 gram untuk memiliki emas. Harganya pun menjadi lebih terjangkau dan tidak membutuhkan nominal uang yang besar.

Manfaat kedua adalah terkait keamanan. Setelah membuka tabungan, kamu akan mendapat saldo emas dalam satuan gram. Hal ini akan mencegah emas kamu dicuri atau hilang.

Selanjutnya, manfaat yang ketiga adalah saldo emas dapat dijual kembali (buyback) atau digadaikan, jika sedang membutuhkan dana tunai. Namun, kamu perlu memperhatikan risiko fluktuasi harga ketika menjual emas agar tidak mengalami kerugian.

Baca Juga: Step by Step Mengajukan Kredit Motor di PT Pegadaian

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya