Comscore Tracker

Mau Bisnis Restoranmu Laku? Pakai 4 Cara Promosi Ini!

Strategi promosi yang tepat membuat bisnismu laku berat!

Jakarta, IDN Times - Dalam berbisnis restoran atau rumah makan, produk dengan kualitas bagus tidak selamanya menjamin kesuksesan. Produk berkualitas bagus bukan menjadi faktor satu-satunya yang bisa membuat bisnis restoranmu berhasil.

Salah faktor yang dapat mendukung restoranmu jadi sukses adalah strategi promosi. Jika strategi promosi yang kamu jalankan tepat maka kesuksesan bisnis restoranmu hanya tinggal menunggu waktu.

Nah, berikut ini beberapa cara efektif dalam mempromosikan bisnis restoranmu seperti dikutip dari gobiz.co.id.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Omzet bagi Usaha Kecil, Pelaku UMKM mesti Nyimak!

1. Ajak teman dan keluarga untuk ikut unggah foto produkmu

Mau Bisnis Restoranmu Laku? Pakai 4 Cara Promosi Ini!pexels.com/cottonbro

Cara pertama yang menjadi kunci efektif dalam promosi bisnis restoranmu adalah dengan mengajak teman dan keluarga untuk mengunggah foto produkmu di media sosial mereka.

Cara ini bisa jadi alternatif promosi yang tidak membutuhkan banyak biaya. Kamu bisa mengirimkan materi konten bisnismu untuk diunggah ke media sosial mereka.

Sebagai pilihan lain, kamu juga bisa memuat berbagai testimoni dari mereka yang telah mencoba produkmu di akun media sosial bisnismu.

Mungkin cara ini terlihat sederhana, tetapi sebenarnya kamu bisa membuat banyak orang penasaran karena telah mendengar langsung testimoni dari orang yang mereka kenal.

Baca Juga: 3 Tips Sukses Bisnis Lewat Aplikasi Digital

2. Menggunakan jasa KOL

Mau Bisnis Restoranmu Laku? Pakai 4 Cara Promosi Ini!ilustrasi influencer (pinterest.com)

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan jasa key opinion leader (KOL) alias influencer. KOL sendiri merupakan orang-orang yang pada platform media sosialnya memiliki jumlah pengikut cukup banyak.

Kamu bisa menggunakan jasa KOL untuk melakukan review terhadap produk yang kamu jual. Pilihan lain yang bisa kamu lakukan dalam promosi adalah dengan berkolaborasi bersama KOL untuk kampanye restoranmu.

Kendati membutuhkan biaya yang tidak murah, cara ini bisa berdampak cukup besar terhadap penjualan restoranmu. Dengan demikian, pastikan kamu memilih profil KOL yang tepat dan sesuai dengan target restoranmu ya!

3. Promosi di akun khusus F&B

Mau Bisnis Restoranmu Laku? Pakai 4 Cara Promosi Ini!iIlustrasi media sosial (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Saat ini banyak akun media sosial yang menyediakan promosi khusus produk makanan dan minuman (food and beverages). Hal ini bisa menjadi salah satu cara promosi yang menguntungkan karena biasanya akun tersebut sudah memiliki pengikut dengan profil penyuka makanan dan minuman.

Oleh karena itu, promosi yang kamu lakukan bisa memiliki peluang lebih tinggi untuk menjaring banyak calon pembeli atau konsumen.

4. Pasang iklan di media sosial

Mau Bisnis Restoranmu Laku? Pakai 4 Cara Promosi Ini!Ilustrasi orang sedang berselancar di media sosial (pexels.com/Kaboompics.com)

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mendongkrak penjualan di restoranmu adalah dengan memasang iklan di media sosial.

Kamu pun bisa memanfaatkan fitur iklan tersebut untuk menjaring lebih banyak calon pembeli.

Oleh karena itu, pastikan bahwa pengaturan iklan yang kamu gunakan sudah sesuai dengan karakteristik dan sasaran pelanggan restoranmu. Dengan begitu, produk restoranmu akan bisa lebih disadari oleh banyak calon pembeli.

Baca Juga: 8 Tips dan Strategi Promosi Bisnis di TikTok agar Produkmu Bisa Viral

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya