Comscore Tracker

Mau Tahu Berapa Biaya Rata-rata buat Kamu Sarapan hingga Makan Malam?

Rerata uang makan malam lebih besar dibandingkan sarapan

Jakarta, IDN Times - Pernah gak sih kamu penasaran berapa rata-rata uang yang dikeluarkan seseorang untuk sarapan, makan siang, dan makan malam? Nah, laporan dari perusahaan unicorn Grab, bekerja sama dengan NielsenIQ bisa menjawab rasa penasaran kamu itu.

Secara garis besar, laporan bertajuk "Tren Kuliner" itu menampilkan tren lanskap kuliner online dan insight bisnis untuk membantu para pelaku bisnis UMKM dalam memahami kebutuhan konsumen yang terus berubah dan mengalami peningkatan.

Dalam laporan tersebut, Grab dan NielsenIQ menampilkan data terkait berapa banyak uang yang dikeluarkan seseorang untuk sarapan, makan siang, dan makan malam beserta jenis menu makanan yang dibeli atau dipesan.

"Penting bagi bisnis F&B memahami bagaimana perilaku konsumen pada waktu yang berbeda setiap harinya untuk menerapkan strategi yang tepat untuk menarik konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada," tulis Grab dalam laporan "Tren Kuliner", seperti dikutip IDN Times, Sabtu (7/8/2021).

Berikut hasil penelitian yang terangkum dalam laporan "Tren Kuliner" Grab dan NielsenIQ.

Baca Juga: 9 Alasan Pentingnya Perencanaan Keuangan, Kamu Harus Tahu

1. Sarapan

Mau Tahu Berapa Biaya Rata-rata buat Kamu Sarapan hingga Makan Malam?Ilustrasi English Breakfast di London, Inggris (IDN Times/Anata)

Menurut data Grab yang diambil dari pemesanan lewat Grabfood, rata-rata anggaran yang dikeluarkan konsumen untuk sarapan adalah antara Rp25 ribu hingga Rp27 ribu. Anggaran tersebut biasanya digunakan pengguna Grabfood untuk memesan makanan yang cepat disiapkan dan mudah dimakan.

Beberapa menu yang paling banyak dipesan melalui Grabfood untuk sarapan adalah bubur ayam, perkedel, brownies, sate usus, mie ayam, bakwan, soto ayam, dan tempe. Sementara untuk minuman, es teh, kopi susu, dan es jeruk jadi yang paling banyak dipesan untuk sarapan.

"Pemesanan kopi dan teh saat sarapan tumbuh 20 persen pada tahun 2020," tulis Grab.

2. Makan siang

Mau Tahu Berapa Biaya Rata-rata buat Kamu Sarapan hingga Makan Malam?IDN Times/Reza Iqbal

Sementara itu, rata-rata anggaran yang dikeluarkan pengguna Grabfood untuk makan siang jauh lebih tinggi dibandingkan saat sarapan, yakni antara Rp34 ribu hingga Rp36 ribu.

Kesibukan membuat banyak orang Indonesia memilih pengiriman makanan saat makan siang agar tetap nyaman dan kenyang tanpa harus repot keluar dari kantor.

Ada beberapa makanan dan minuman yang menjadi favorit para pengguna Grabfood untuk dijadikan menu makan siang. Untuk makanan, menu favoritnya adalah mie goreng pedas, ayam geprek, perkedel, nasi rendang, nasi ayam bakar, ayam goreng, udang rambutan, dan siomay.

"Pada 2020, orang Indonesia memesan lebih dari 42 juta hidangan berbahan dasar ayam saat makan siang," bunyi laporan "Tren Kuliber" Grab.

Adapun untuk minuman, yang jadi menu favorit sebagai teman makan siang adalah kopi susu, kopi susu gula aren, es teh, teh susu cokelat hazelnut, dan jus jeruk.

Baca Juga: Cara Siasati Kebutuhan Darurat yang Bikin Runyam Perencanaan Keuangan

3. Makan malam

Mau Tahu Berapa Biaya Rata-rata buat Kamu Sarapan hingga Makan Malam?Ilustrasi Delivery Order (IDN Times/Sukma Shakti)

Anggaran lebih besar pun tercatat untuk makan malam. Rata-rata, pengguna Grabfood mengeluarkan uang sebesar Rp37 ribu hingga Rp39 ribu untuk membeli makan malam. Anggaran lebih besar nyatanya tidak digunakan untuk membeli menu makanan untuk satu orang, melainkan untuk lebih banyak orang.

"Makan malam biasanya dinikmati bersama-sama. Rata-rata 4-5 orang dan hanya 1 dari 10 orang yang memesan makan malam untuk dirinya sendiri," tulis Grab.

Dalam laporan tersebut juga dituliskan bahwa orang Indonesia memesaan lebih banyak menu untuk makan malam dengan lauk favorit seperti sate ayam, lontong, dan udang goreng.

Adapun menu makanan yang paling banyak dipesan di Grabfood untuk makan malam yaitu mie goreng pedas, nasi goreng ayam, sate ayam, nasi goreng, lontong, udang rambutan, ayam goreng pedas, dan ayam geprek.

"Rata-rata, ada 4 pesanan sate ayam yang dibuat setiap menitnya selama jam makan malam di tahun 2020," tulis Grab. Sementara untuk minuman, menu yang paling banyak dipesan untuk makan malam adalah es teh, es jeruk, dan kopi susu.

Baca Juga: 5 Alasan yang Membuat Seseorang Sulit Sekali untuk Menabung, Apa Saja?

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya