Comscore Tracker

Nasabah Jenius Keluhkan Session Expired, Begini Penjelasan BTPN

Ini penjelasan soal session expired dan unlink device Jenius

Jakarta, IDN Times - Manajemen Jenius BTPN angkat suara terkait banyaknya nasabah di media sosial yang mengeluhkan permasalahan 'session has expired' dan 'unlink device.'

Communications and Daya Head BTPN, Andrie Darusman mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan langkah Jenius BTPN untuk mengamankan rekening milik nasabah dari kemungkinan tindak kejahatan yang bisa terjadi.

"Keamanan nasabah adalah prioritas utama kami. Untuk itu, kami senantiasa menambah aspek keamanan secara berkala menggunakan sistem teknologi keamanan berlapis, antara lain dengan penerapan One Device Policy atau kebijakan satu perangkat," kata Andrie, kepada IDN Times, Kamis (26/8/2021).

Kebijakan satu perangkat tersebut berarti pemilik akun Jenius hanya bisa mengakses dan bertransaksi menggunakan aplikasi Jenius hanya lewat satu perangkat saja.

Baca Juga: Nasabah Jenius Ramai-Ramai Keluhkan Permasalahan 'Session Expired'

1. Kebijakan satu perangkat berlaku sejak awal Juni 2021

Nasabah Jenius Keluhkan Session Expired, Begini Penjelasan BTPNKeterangan 'session expired' di aplikasi Jenius - (Dok. Ridwan Aji Pitoko/IDN Times)

Andrie menambahkan, kebijakan satu perangkat ini berlaku secara efektif sejak 11 Juni 2021. Dengan demikian, nasabah Jenius yang sudah terverifikasi pada satu perangkat tidak bisa menambahkan perangkat lainnya untuk mengakses aplikasi Jenius.

Kebijakan lain yang diberlakukan manajemen Jenius BTPN adalah dengan menonaktifkan akses Jenius melalui website. "Sehingga, untuk kebutuhan perbankan hanya dapat diakses melalui aplikasi," kata Andrie.

2. Penjelasan soal session expired

Nasabah Jenius Keluhkan Session Expired, Begini Penjelasan BTPNNasabah Jenius mengeluhkan permasalahan 'session expired' di kolom komentar Play Store aplikasi Jenius - (Dok. Ridwan Aji Pitoko/IDN Times)

Andrie kemudian menjelaskan permasalah session expired yang banyak dialami oleh nasabah Jenius. Hal itu dapat terjadi ketika nasabah hendak memasang ulang aplikasi Jenius di perangkat mereka.

Session expired juga terjadi ketika nasabah ingin menghubungkan aplikasi Jenius ke perangkat baru sehingga dibutuhkan otorisasi ulang pada perangkat yang digunakan.

"Agar dapat melakukan otorisasi ulang pada perangkat yang digunakan, maka nasabah perlu melakukan unlink device terlebih dahulu," ucap Andrie.

Baca Juga: Lagi, Uang Ratusan Juta Milik Nasabah Jenius BTPN Raib Akibat Penipuan

3. Cara melakukan unlink device

Nasabah Jenius Keluhkan Session Expired, Begini Penjelasan BTPNIDN Times/Jenius

Dalam hal melakukan unlink device, nasabah Jenius bisa melakukan lewat satu-satunya cara yang diatur oleh Jenius BTPN. Cara tersebut adalah dengan mengontak langsung nomor telepon layanan konsumen Jenius Help di nomor 1500365.

"Saat ini, proses tersebut dapat dilakukan melalui Jenius Help dengan menghubungi nomor telepon 1500365, di mana untuk kebutuhan tersebut memerlukan proses verifikasi terlebih dahulu agar akun Jenius nasabah tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," tutur Andrie.

Andrie pun memastikan bahwa itu merupakan satu-satunya cara untuk melakukan unlink device Jenius. Cara lainnya melalui website https://2secure.jenius.co.id/#/authentication/login dipastikan Andrie sudah tidak berlaku.

Baca Juga: Saldo Deposito Nasabah Jenius Raib Puluhan Juta, Ini Tanggapan BTPN

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya