Comscore Tracker

Jangan Salah Kaprah! Ini Perbedaan Utang dengan Piutang

Utang dan piutang memiliki arti yang berbeda

Jakarta, IDN Times - Utang dan piutang menjadi dua istilah yang kerap dianggap sama oleh masyarakat. Padahal, kedua kata tersebut memiliki makna berbeda satu sama lain.

Masyarakat pun sering mengucapkan dua kata tersebut secara beriringan. Hal itu terjadi lantaran masih banyak dari mereka ataupun kamu yang masih belum mengetahui definisi dan juga perbedaan antara utang dan piutang.

Simak yuk penjelasan berikut ini biar gak salah kaprah.

1. Definisi utang dan piutang

Jangan Salah Kaprah! Ini Perbedaan Utang dengan PiutangIDN Times/Arief Rahmat

Sebelum memahami perbedaan utang dan piutang, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu definisi dari kedua kata tersebut.

Sekadar informasi, utang merupakan kata baku yang terdaftar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bukan hutang. Di dalam KBBI, utang diartikan sebagai uang yang dipinjam dari orang lain.

Selain itu, definisi lain dari utang menurut KBBI adalah kewajiban membayar kembali apa yang sudah diterima.

Selain berupa uang, utang juga bisa dalam bentuk aset dan atau jasa.

Dalam konteks berbisnis, utang bisa berarti sebuah pinjaman aset yang diberikan oleh kreditur atau si peminjam kepada debitur atau yang menerima pinjaman dan memiliki jatuh tempo pembayaran yang sudah disepakati bersama.

Sementara itu, piutang dapat dikatakan kebalikan dari utang. Di KBBI, piutang memiliki dua arti.

Pertama adalah uang yang dipinjamkan dan dapat ditagih dari seseorang. Kedua, tagihan uang perusahaan kepada para pelanggan yang diharapkan akan dilunasi dalam waktu paling lama setahun sejak tanggal keluarnya tagihan.

Dalam konteks berbisnis dan di perusahaan, piutang merupakan sebuah aset atau harta milik perusahaan, tetapi sedang dipinjam oleh pihak yang disebut sebagai debitur.

Baca Juga: Tunda Bayar Utang Padahal Mampu, Haram dan Dosa Besar

2. Jenis-jenis utang

Jangan Salah Kaprah! Ini Perbedaan Utang dengan PiutangIlustrasi Utang (IDN Times/Arief Rahmat)

Setelah mengetahui apa itu utang, hal berikutnya yang perlu kamu tahu untuk memahami perbedaan utang dan piutang adalah jenis-jenis utang.

Secara garis besar, ada dua jenis utang, yakni utang lancar dan utang tidak lancar.

Utang lancar merupakan jenis pinjaman dengan jangka waktu paling lambat setahun untuk dilunasi oleh debitur sejak transaksi dibuat.

Dalam laporan keuangan perusahaan, utang lancar biasanya diperuntukkan bagi utang dagang, pembayaran di awal, bagi hasil keuntungan saham, dan gaji karyawan.

Kemudian utang tidak lancar diartikan sebagai jenis pinjaman yang harus dilunasi dalam jangka waktu lebih dari 10 tahun.

Utang tidak lancar biasanya digunakan perusahaan untuk pembelian atau pembangunan gedung baru, ekspansi usaha, dan pembelian mesin produksi.

3. Jenis-jenis piutang

Jangan Salah Kaprah! Ini Perbedaan Utang dengan PiutangIlustrasi neraca perdagangan. (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain jenis-jenis utang, kamu pun perlu memahami segala jenis piutang. Ada dua jenis piutang yang bisa kamu pahami, yakni piutang usaha atau dagang dan piutang wesel.

Piutang usaha atau piutang dagang merupakan jenis piutang yang terjadi ketika transaksi jual beli yang membuat pihak pembeli belum melakukan pembayaran.

Hal ini biasanya terjadi ketika sebuah kamu yang bekerja di sebuah perusahaan harus membeli sesuatu dari vendor atau perusahaan lain untuk kebutuhan kantormu dalam jumlah besar.

Atas perjanjian tertentu, kamu bisa membayarkan pembelian tersebut di kemudian hari secara tuntas.

Jenis piutang berikutnya adalah piutang wesel atau wesel tagih. Piutang wesel adalah piutang yang muncul sebagai tindak lanjut dari sebuah perjanjian pembayaran dari produk yang sudah dibeli oleh kreditur.

Bisa dibilang, piutang wesel merupakan kelanjutan proses transaksi dari piutang usaha atau dagang.

Adapun, perbedaannya ada pada formalitas dokumen. Dalam piutang wesel, penagihan pembayaran dilakukan oleh kreditur dengan mengirimkan sebuah surat sehingga prosesnya menjadi lebih formal.

Nah, itu dia definisi dan jenis-jenis utang serta piutang yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi perbedaan utang dan piutang. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: Penting! Ini Bedanya Utang Baik dan Utang Buruk

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya