Comscore Tracker

Federal Reserve Bank: Pengertian, Asal Usul dan Sejarahnya

Penjelasan Apa itu Federal Reserve Bank

Istilah Federal Reserve Bank bukan merupakan istilah yang cukup umum dan banyak didengar oleh masyarakat awam kebanyakan. Namun biasanya ini merupakan istilah yang mengacu pada suatu terminasi secara khusus sehingga bukan hal yang diketahui oleh masyarakat umum secara mudah.

Hal ini karena Federal Reserve Bank sendiri mengacu pada suatu institusi yang tidak berlokasi di Indonesia atau tanah air. Melainkan hal ini dapat ditemukan di Amerika Serikat, dengan penjelasan detil mengenai apa itu Federal Reverse Bank seperti yang tertera berikut di bawah ini.

1. Mengenal Federal Reserve Bank

Federal Reserve Bank: Pengertian, Asal Usul dan SejarahnyaKeterampilanmu berhitung berguna saat kerja nanti

Hal pertama yang mungkin ingin diketahui yaitu mengenai apa itu Federal Reserve Bank dan seperti apa mekanisme serta detil dari hal tersebut secara aktual. Maklum saja hal ini hanya sebatas informasi yang diterima namun tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengetahuinya secara langsung begitu saja.

Federal Reserve Bank ini sebenarnya sebuah institusi yang berada di Amerika Serikat dan khusus ditujukan untuk memenuhi fungsi dan kebutuhan bank sentral yang ada di negara tersebut. Maka dari itu bank yang satu ini berperan penting dalam berbagai macam kebijakan terkait dengan perbankan yang ada di wilayah Amerika Serikat secara keseluruhan.

2. Sejarah Federal Reserve Bank

Federal Reserve Bank: Pengertian, Asal Usul dan SejarahnyaPexels.com/AndreaPiacquadio

Tentu saja pendirian Federal Reserve Bank ini memiliki sejarah yang perlu diketahui oleh banyak pihak, termasuk latar belakang pendiriannya. Sebelum adanya institusi ini Amerika Serikat telah mencatatkan sejumlah institusi lainnya yang memiliki tugas senada dan cukup mirip dengan lembaga bank tersebut.

Beberapa lembaga pendahulunya yang tercatat resmi antara lain yaitu Bank Amerika Serikat yang pertama maupun kedua, departemen keuangan independen Amerika Serikat, hingga sistem perbankan nasional Amerika Serikat. Seluruhnya memiliki keterkaitan yang kemudian memimpin pada perlunya didirikan Federal Reserve Bank.

3. Asal usul Federal Reserve Bank

Federal Reserve Bank: Pengertian, Asal Usul dan Sejarahnyagoogle

Berawal dari institusi-institusi sebelumnya yang telah dijelaskan di atas, maka tercipta sejarah pendirian serta asal usul dari Federal Reserve Bank tersebut. Secara garis besar munculnya bank sentral ini didasari adanya keperluan kebijakan dan pengaturan yang terpusat untuk seluruh bank maupun lembaga keuangan di Amerika Serikat.

Maka dari itu didirikan institusi ini dengan harapan dapat mengatur kebijakan terkait berbagai macam bank yang ada di Amerika Serikat. Yang mana nantinya lembaga tersebut dapat mengatur berbagai macam kebijakan penting terkait ekonomi, finansial hingga peredaran mata uang.

4. Badan Hukum Federal Reserve Bank

Federal Reserve Bank: Pengertian, Asal Usul dan Sejarahnya

Seperti halnya seluruh institusi dan lembaga keuangan resmi lainnya di dunia, maka Federal Reserve Bank tentu saja juga memiliki badan hukum dan landasan yang jelas. Pendirian dari institusi ini didasari oleh perundangan tentang perbankan yang berlaku di negara paman sam ini.

Oleh sebab itu tentu saja tidak perlu dipertanyakan keabsahan pendirian institusi tersebut hingga manajemen operasional yang terkait. 

5. Fungsi Federal Reserve Bank

Federal Reserve Bank: Pengertian, Asal Usul dan SejarahnyaBerbagai sumber

Adapun melalui pembentukan institusi bank sentral ini, pastinya ada beberapa fungsi yang dapat diraih oleh berbagai pihak perbankan di Amerika Serikat pada khususnya. Mulai dari sebagai pembayaran antar bank hingga berlaku sebagai deposan untuk bank yang ada di negara tersebut.

Fungsi lain juga meliputi lelang untuk utang federal. Demikian juga adanya fungsi untuk mengeluarkan dan mengedarkan mata uang ke seluruh penjuru negara.

6. Manfaat Federal Reserve Bank

Federal Reserve Bank: Pengertian, Asal Usul dan SejarahnyaBerbagai sumber

Federal Reserve Bank juga dapat memberikan manfaat yang positif pada pergerakan perbankan Amerika Serikat. Di antaranya yaitu untuk mendukung cadangan deposito dengan besaran sesuai dengan undang-undang yang ditetapkan pemerintah Amerika Serikat sendiri.

Selain itu berkat adanya institusi bank sentral, maka tentu lebih mudah mengeluarkan kebijakan terpusat terkait sektor perbankan di negara tersebut. Sehingga dapat mencapai tujuan awal dari pendirian bank sentral yang satu ini.

7. Operasional Federal Reserve Bank

Federal Reserve Bank: Pengertian, Asal Usul dan SejarahnyaBerbagai sumber

Tentu saja jika berbicara tentang operasional yang dilakukan oleh pihak Federal Reserve Bank, maka ada beberapa hal penting yang terkait dengan sistem operasional tersebut. Secara umum pastinya sistem operasional ini tertuang dalam prosedur yang dikeluarkan oleh pihak bank terkait ini.

Maka dari itu untuk memahami alur operasional Federal Reserve Bank sehari-harinya akan mengacu pada standar prosedur yang telah dikeluarkan oleh bank sentral yang satu ini. Supaya pada pelaksanaannya tidak terjadi kesalahan yang fatal dan dapat bersifat merugikan.

Demikian informasi mengenai Federal Reserve Bank serta berbagai informasi penting terkait dengan hal tersebut. Tentunya cukup menarik untuk mengetahui adanya institusi ini di Amerika Serikat yang berperan sebagai salah satu lembaga bank yang bersifat sentral.

Meskipun di Indonesia sendiri bisa jadi memiliki mekanisme yang tidak sama persis untuk bank sentral yang ada, namun sedikit banyak dapat mempelajari dan memahami dari pengertian apa itu Federal Reserve Bank tadi. Sehingga mampu memberikan sekilas informasi tentang institusi bank yang ada di Amerika Serikat ini.

Topic:

  • Rinda Faradilla

Berita Terkini Lainnya