Comscore Tracker

BTS Tetap Konser, Big Hit Raup Hasil Penjualan Rp3,6 T dalam 6 Bulan

Penjualan album dan konser online BTS sukses besar

Jakarta, IDN Times - Big Hit Entertainment, agensi sekaligus label yang menaungi super grup K-pop BTS, mengumumkan bahwa hasil pendapatan dari penjualan selama enam bulan pertama tahun 2020 diestimasi mencapai Rp3,6 triliun. 

Melalui corporate briefing yang berlangsung pada Kamis 13 Agustus 2020 dan ditayangkan lewat YouTube, Chairman dan CEO Big Hit, Bang Si-hyuk mengungkap raihan tersebut berkat penjualan album dan konser online berbayar yang sukses besar selama pandemik COVID-19.

1. Pandemik sepertinya tidak memengaruhi sisi keuangan Big Hit

BTS Tetap Konser, Big Hit Raup Hasil Penjualan Rp3,6 T dalam 6 BulanBang Si-hyuk, Chairman dan CEO Big Hit Entertainment, saat presentasi pada 13 Agustus 2020. YouTube/Big Hit

Bang juga mengatakan bahwa sejak Januari hingga Juni, diperkirakan keuntungan operasional Big Hit menyentuh angka Rp622 miliar. Melansir Yonhap, jumlah tersebut bergantung kepada audit sebelum dikonfirmasi.

Meski begitu, Big Hit disebut sukses walau pandemik ini memaksa BTS membatalkan semua tur dunia dan segala aktivitas mereka. Bang menyebut pihaknya tetap mampu mencapai penjualan yang sukses dari album fisik dan digital, serta konser berbayar secara online pada Juni lalu.

Baca Juga: Selain Microsoft, Twitter Ternyata Juga Tertarik Beli TikTok

2. Big Hit berencana go public pada paruh kedua tahun 2020

BTS Tetap Konser, Big Hit Raup Hasil Penjualan Rp3,6 T dalam 6 BulanBang Si-hyuk, Chairman dan CEO Big Hit Entertainment, saat presentasi pada 13 Agustus 2020. YouTube/Big Hit

Presentasi Bang sendiri berlangsung seminggu setelah bursa saham Korea Selatan (KRX) melakukan peninjauan awal terhadap Big Hit. Agensi yang beralamat di Seoul itu berniat untuk memasuki pasar saham pada tahun ini. Mengutip KoreaBoo, analis pasar dari SK Securities Lee So-joong mengatakan sekarang adalah waktu yang tepat bagi Big Hit untuk melakukannya.

"Dari perspektif perusahaan, akan menguntungkan bagi mereka untuk go public pada tahun ini saat likuiditas pasar sedang berlimpah," ujar Lee. "Big Hit paham ini dan mereka sudah menentukan tujuan untuk terdaftar pada paruh kedua tahun ini."

"Di tengah kesulitan-kesulitan yang kami hadapi, Big Hit memberi penekanan lebih besar pada apa yang kami anggap hal-hal penting paling mendasar: konten dan fans," kata Bang. Ia mengaku bersyukur atas adanya "ekosistem Big Hit" yang menjadi kekuatan pendorong di balik keberhasilan perusahaan.

3. Big Hit mengakuisisi agensi musik lain untuk memperkuat kesuksesan

BTS Tetap Konser, Big Hit Raup Hasil Penjualan Rp3,6 T dalam 6 BulanBTS saat tampil pada Malam Tahun Baru di Times Square kawasan Manhattan, New York, Amerika Serikat, pada 31 Desember 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Jeenah Moon

Ambisi Bang untuk semakin membesarkan perusahaan tampak dari keputusan untuk mengakuisisi dua agensi K-pop lain yaitu Pledis dan Source Music. Berdasarkan data Gaon, sekitar 40 persen dari semua album yang terjual selama enam bulan pertama 2020 berasal dari artis-artis Big Hit.

Ini tak hanya BTS, tapi juga GFriend yang sebelumnya bernaung di Souce Music. Kemudian, nama-nama grup lain seperti NU'EST, Seventeen, TXT juga menyumbangkan pencapaian masing-masing yang layak diperhitungkan.

Misalnya, penjualan album BTS yang berjudul Map of the Soul:7 dan Heng:garae oleh Seventeen mencapai 53 persen dari 10 penjualan top tahun ini. Masing-masing album terjual 4,26 juta dan 1,2 juta sejak Januari hingga Juni.

Bang mengatakan konser online BTS adalah sebuah inovasi dalam ekosistem Big Hit di mana para fans garis keras bisa tetap menyaksikan idola mereka dari rumah masing-masing. Ini untuk mengobati kekecewaan karena tak jadi menononton konser mereka secara langsung.

Saking suksesnya, konser itu tercatat di Guinness World sebagai livestream konser musik dengan penonton paling banyak yaitu sebanyak 756.000 orang di 107 negara. Selain itu, lisensi merek dan enjualan merchandise BTS juga berkontribusi terhadap keuntungan perusahaan.

Baca Juga: Ini 9 Potret Foto Teaser Pertama Single Terbaru BTS 'Dynamite'

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya