Comscore Tracker

Keren! Mari Elka Pangestu Terpilih Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia

Mari melanjutkan jejak Sri Mulyani di Bank Dunia

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Perdagangan dan Pariwisata, Mari Elka Pangestu terpilih menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Informasi itu disampaikan melalui keterangan tertulis Bank Dunia pada Kamis (9/1). 

Dalam keterangan itu disebut Presiden Bank Dunia David Malpass mempercayakan posisi Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk diemban oleh Mari. Pengangkatan itu akan efektif pada Maret 2020. 

"Kami sangat bahagia menyambut Mari ke Bank Dunia dengan posisi baru yang penting bagi institusi ini," demikian keterangan tertulis Malpass di situs resmi Bank Dunia. 

Salah satu alasan Malpass menunjuk Mari lantaran perempuan berusia 63 tahun itu memiliki pengalaman sebagai seorang menteri senior dan memiliki kredibilitas sebagai peneliti serta seorang ekonom. 

"Ia juga memiliki pengalaman kepemimpinan dan kerap tampil untuk memberikan masukan di forum-forum internasional mengenai isu pembangunan," kata dia lagi. 

Lalu, apa tanggapan Mari usai tahu dirinya dipercaya sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia? 

1. Mari mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi

Keren! Mari Elka Pangestu Terpilih Jadi Direktur Pelaksana Bank Duniainstagram.com/maripangestu

Dalam cuitan di akun media sosialnya pada hari ini, Mari mengucapkan terima kasih kepada Presiden Bank Dunia, David Malpass atas penunjukannya sebagai Direktur Pelaksana. Mari juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

"Semoga pengalaman saya di Indonesia bisa berkontribusi bagi pengembangan ekonomi di negara berkembang lainnya," kata Mari pagi ini. 

Baca Juga: Ekonom Mari Elka Pangestu Ungkap 6 Alasan Energi Terbarukan Berkembang

2. Mari Elka Pangestu meneruskan jejak Sri Mulyani di Bank Dunia

Keren! Mari Elka Pangestu Terpilih Jadi Direktur Pelaksana Bank DuniaIDN Times/Uni Lubis

Terpilihnya Mari sebagai Direktur Pelaksana merupakan kelanjutan dari jejak orang Indonesia di Bank Dunia. Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani juga pernah menempati posisi itu selama enam tahun. Ani merupakan orang Indonesia pertama yang duduk di posisi sebagai pejabat tinggi Bank Dunia. 

Sementara, dalam cuitan lainnya, Mari mengatakan siap bergabung bersama Bank Dunia dan bergabung dengan tim yang kuat di sana. 

"Saya menanti kesempatan untuk bisa bekerja sama dalam menghadapi tantangan penting bagi para anggotanya," kata dia di akun media sosialnya. 

3. Ini bidang pekerjaan yang akan dikerjakan oleh Mari Elka Pangestu

Keren! Mari Elka Pangestu Terpilih Jadi Direktur Pelaksana Bank DuniaIDN Times/Indiana Malia

Mari sendiri diketahui sudah aktif sebagai penasihat global untuk isu-isu global Geopolitik Transformasi Energi Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA) di Abu Dhabi. Ia juga telah berpengalaman mengenai layanan dewan dan gugus tugas meliputi Dewan Pimpinan dari Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDSN), ketua bersama kelompok pakar untuk Tingkat Tinggi Panel untuk Ekonomi Kelautan Berkelanjutan, hingga panel dari inisiatif kesehatan WHO. 

Mengenai peran barunya, Mari akan menghadirkan kepemimpinan dan mengawasi program kerja Kelompok Praktik Global Bank Dunia. Selain itu, ia juga akan mengawasi kelompok penelitian dan data Bank Dunia (DEC) serta fungsi Hubungan Eksternal dan Korporasi.

Baca Juga: Mari Elka Pangestu: PSI Harus Konsisten Anti Korupsi dan Anti Intoleransi

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya