Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Transfer, Auto Berhasil!

Pastikan saldo DANA cukup

DANA merupakan salah satu dompet digital (e-wallet) indonesia yang memiliki 90 juta pengguna aktif. Aplikasi dompet digital ini menyediakan layanan transaksi finansial secara non-tunai dan non-kartu baik online maupun offline.

Jenis keanggotaan DANA dibedakan menjadi dua, yaitu DANA basic dan DANA Premium. Bedanya, fitur transaksi DANA Premium lebih lengkap dan keamanan bertransaksi lebih terjaga.

Seperti halnya aplikasi keuangan pada umumnya, tak jarang DANA melakukan pembaruan (update) sistem yang berimbas pada beberapa atau seluruh pengguna OS versi tertentu. Kendala yang biasa terjadi adalah gagal melakukan transfer atau tarik saldo.

Selain update, kegagalan transfer juga disebabkan oleh akun DANA mencapai limit (batas saldo), koneksi internet terganggu, kesalahan memasukkan nomor penerima, dan faktor lainnya.

Lantas bagaimana cara mengatasi akun DANA tidak bisa transfer? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Daftar Promo Terbaru First Media di 2022

1. Cek koneksi internet

5 Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Transfer, Auto Berhasil!Cara mengatasi akun DANA tidak bisa transfer dengan mengecek koneksi internet (canva.com)

Faktor lain yang menyebabkan aplikasi DANA mengalami gagal transfer adalah koneksi internet buruk atau bahkan terputus. Karena berbasis internet, aplikasi DANA tentunya membutuhkan koneksi internet yang stabil agar bisa diakses.

Meningkatkan kualitas internet menjadi cara mengatasi akun DANA tidak bisa transfer. Koneksi internet yang lambat bisa diatasi dengan tiga cara, seperti mengganti opsi koneksi menggunakan WiFi atau hotspot portable, me-restart data, serta mematikan kemudian menghidupkan data seluler atau WiFi.

2. Pastikan nomor penerima benar

5 Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Transfer, Auto Berhasil!Cara mengatasi akun DANA tidak bisa transfer memastikan nomor penerima benar (canva.com)

Tak jarang kegagalan transfer dipicu oleh kesalahan pada pengetikan nomor penerima. Sistem melakukan verifikasi pada akun yang akan dilakukan pengiriman. Alhasil, nomor penerima yang tidak terdaftar tentunya tidak dapat diproses atau gagal. Cara mengatasi akun DANA tidak bisa transfer ini adalah dengan memastikan kembali nomor penerima benar.

Baca Juga: 8 Cara Bayar Netflix Pakai Gopay, Gak Pake Ribet!

3. Tingkatkan jenis keanggotaan

5 Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Transfer, Auto Berhasil!Fitur DANA Bisnis (sc: DANA)

Kegagalan transfer saldo yang disebabkan oleh akun mencapai limit dapat diatasi dengan melakukan upgrade ke akun DANA Premium. Khusus akun DANA berstatus basic, fitur transfer saldo hanya terbatas ke sesama pengguna DANA.

Adapun jenis keanggotaan basic bisa menyimpan saldo maksimal sebesar Rp2 juta. Sementara saldo akun Premium mampu mencapai Rp10 juta.

Dengan cara mengatasi akun DANA tidak bisa transfer ini, kamu bisa mengakses lebih banyak fitur DANA dan mendapat lebih banyak keuntungan, khususnya limit transfer saldo ke sesama pengguna DANA maupun rekening bank.

Dengan meningkatkan status keanggotaan DANA, semakin banyak benefit yang akan kamu dapatkan khususnya dalam limit transfer saldo ke akun lain maupun ke rekening bank.

Baca Juga: 10 Cara Bayar IndiHome lewat m-Banking BCA, Jangan Telat Bayar!

4. Reopen aplikasi

5 Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Transfer, Auto Berhasil!Cara mengatasi akun DANA tidak bisa transfer dengan reopen aplikasi (canva.com)

Bila aplikasi DANA mengalami kendala gagal transfer karena eror atau bug, ada baiknya kamu segera melakukan reopen aplikasi. Cara mengatasi akun DANA tidak bisa transfer ini dapat diterapkan dengan menghapus aplikasi dari daftar recent apps, kemudian mengakses kembali aplikasi untuk melakukan transfer.

Alternatif lain yang bisa kamu coba adalah menyegarkan laman aplikasi. Caranya, tarik layar dari atas ke bawah hingga tampilan refresh muncul.

Jika aplikasi DANA tetap tidak bisa diakses usai melakukan reopen atau refresh aplikasi, sebaiknya kamu menghapus aplikasi DANA, lalu mengunduhnya kembali.

5. Transfer pada jam layanan umum

5 Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Bisa Transfer, Auto Berhasil!Cara mengatasi akun DANA tidak bisa transfer dengan transfer pada jam layanan umum (canva.com)

Cara mengatasi akun DANA tidak bisa transfer berikutnya adalah menyelesaikan transaksi di jam layanan umum. Meski DANA beroperasi selama 24 jam, ada baiknya kamu memilih jam-jam tertentu untuk melakukan transfer saldo baik ke sesama pengguna maupun ke rekening bank.

Demi kelancaran proses transfer, ada dua jam layanan yang bisa kamu pilih, yaitu pukul 04.00-10.00 WIB dan pukul 13.00-22.00 WIB.  Kecil kemungkinan terjadi perbaikan sistem atau server DANA di jam-jam sibuk di atas.

Secara umum, itulah lima cara mengatasi akun DANA tidak bisa transfer yang bisa kamu terapkan. Bila tetap mengalami kegagalan walau sudah mencoba tips di atas, segera hubungi customer service (CS) DANA via telepon di 1500 445  dan email di help@dana.id.

Baca Juga: 2 Cara Ganti Pin GoPay dengan Mudah, Internet Harus Lancar!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya